Ini Dia 5 Wanita dengan Pesona Keulamaan yang Mengalahkan Pria

5. Rahmah El-Yunusiyah

Rahmah El-Yunusiyah merupakan sosok pembaharu pada abad ke 19 M. Wanita kelahiran Padang Panjang ini, anak dari seorang ulama besar di zamannya, Syekh Muhammad Yunus, seorang hakim sekaligus pemimpin Tarekat Naqsabandiyah al-Khalidiyah serta ahli ilmu falak dan hisab yang pernah menuntut ilmu di Mekah selama 4 tahun.

Berasal dari keluarga yang kental dengan tradisi akademis, ia tumbuh besar dengan pendidikan yang layak tak seperti perempuan umumnya pada zaman itu.

Ia menilai bahwa kaum perempuan juga perlu mendapatkan pendidikan, karena itu, ia mendirikan Sekolah Perempuan. Jadi bisa dibilang, dia merupakan penggagas Sekolah Perempuan pertama.

Ia resmi mendirikan lembaga pendidikan untuk perempuan pada 1 November 1923, sekolah itu diberi nama Madrasah Diniyah Lil Banat.

Baca juga:  Ini 5 Pandangan Teranyar M. Quraish Shihab tentang Teroris

Masyarakat banyak yang tertarik, dan pada masa penjajahan Jepang sekolah ini dipopulerkan dengan nama “Sekolah Diniyah Puteri”, sedangkan pada masa sekarang dikenal sebagai “Perguruan Diniyah Puteri”. Informasi ini seperti tertulis dalam Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga, Februari-Juli 2004.

 

Neneng Maghfiro
Latest posts by Neneng Maghfiro (see all)

One thought on “Ini Dia 5 Wanita dengan Pesona Keulamaan yang Mengalahkan Pria

  1. Alhamdulillah..Ikut bangga kepada beliau-2 sebagai bangsa Indonesia…dan menjadi mahasiswanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.