Biar Jadi Mahasiswa Berprestasi tapi Tetap Keren, Ini 5 Tipnya

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Menjadi anak kuliah yang berprestasi adalah harapan bagi setiap orang yang berkuliah, baik itu yang baru berkuliah, sedang kuliah sampai yang sudah mau lulus. Nah, bagaimana tip agar menjadi anak kuliah berprestasi?

1. Targetkan IPK dan TOEFL-mu Tinggi

IP adalah indeks prestasi, sedangkan TOEFL atau IELTS adalah nilai standar berbahasa Inggris. Sedari awal kuliah, targetkan IP dan TOEFl-mu mesti tinggi. Jangan tanggung-tanggung. Untuk IP, targetkan IP-mu di atas 3,5 atau  minimal 3,0.  Dengan IP yang tinggi setiap semester, maka kamu akan aman pada nilai akhir akumulasi semua semester, yakni IPK (Indeks Prestasi Kumulatif).

Selain IP, targetkan juga TOEFL-mu tinggi. Mengapa? Karena di mana-mana kini TOEFL atau IELTS adalah standar untuk melanjutkan pendidikan. Bahkan tak hanya itu, apabila ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri terkadang kamu harus memenuhi nilai standar bahasa asing negara yang kamu akan tuju.

Oleh karenanya, kejarlah semua itu sedini mungkin. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan membaca dan berlatih. Karena dengan membaca dan tekun berlatih, maka kita akan membuka cakrawala dunia. Kemudian apakah mendapatkan IP bisa hanya dengan membaca? Tentu tidak, banyak yang harus dilakukan salah satunya dengan menjadi mahasiswa yang aktif.

2. Aktif di Kelas dan Tidak Cuma Belajar Kebut Semalam

Aktif di dalam kelas adalah salah satu kunci menjadi anak yang berprestasi di kelas. Namun syaratnya jangan aktif asal nyeleneh tanpa teori yang pasti. Kalau cuma ngeyel dan asal nyeleneh, yang ada kamu akan dinilai sebagai mahasiswa aneh.

Baca juga:  Kualitas Pendidikan di Indonesia Masih Memprihatinkan

Biasakan juga jangan menjadi mahasiswa yang belajar dengan sistem kebut semalam (SKS) jika ada ujian. Karena dengan begitu membuat kamu cenderung pasif dalam kelas dan tak maksimal menjawab pertanyaan ujian. Nah lho! Apalagi jika itu UTS dan UAS yang sangat menentukan. Salah strategi, bisa-bisa kamu gagal dalam mata kuliah tersebut.

3. Berorganisasi yang Tak Terlalu Menyita Waktu

Berprestasi bisa didapat dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan berorganisasi. Karena dengan berorganisasi, kamu bisa mendapatkan banyak teman dan kenalan. Tak hanya itu, banyak pengalaman yang akan kamu dapat seperti leadership, manajemen organisasi, hingga mungkin berwirausaha.

Dengan berorganisasi, jendela kesuksesan itu seolah akan terbuka karena kamu akan terpacu dan banyak informasi tentang beasiswa, program kampus dan lain sebagainya sehingga kamu nggak kudet alias kurang update.

Banyak juga kisah orang-orang yang aktif berorganisasi yang akhirnya menjadi juara dan berprestasi baik skala nasional maupun internasional. Nah, tetapi ingat juga kalau kita berorganisasi jangan membuat kita mengenyampingkan kuliah. Kuliah tetap menjadi urusan pertama.

4. Buat Ide dan Inovasi Baru

Salah satu cara menjadi anak kuliahan berprestasi adalah juga dengan membuat ide dan  inovasi yang belum pernah dicetuskan orang lain.

Dengan ide dan inovasi tersebut kamu bisa berwirausaha, membuat organisasi, pelatihan dan lain sebagainya yang mampu mengasah kemampuan kamu dan juga bermanfaat untuk orang lain. Bisa jadi suatu saat idemu bisa dijual dan berkembang hingga menasional atau bahkan mendunia.

Baca juga:  Masih Menuduh UIN Sarang Liberal? Baca 5 Fakta Ini!

Tak hanya dengan contoh itu, misalnya, dengan kamu memiliki sebuah organisasi atau pelatihan, kamu bisa mengasah kemampuanmu, menciptakan karya seperti buku, dan lain sebagainya.

5. Berprestasi Sebanyak-banyaknya

Cara lain untuk menjadi anak kuliah yang berprestasi adalah dengan mengabdi atau berkarya di jurusan sendiri seperti aktif di himpunan mahasiswa jurusan, menjadi asisten dosen dan lain sebagainya.

Kemudian kamu juga bisa berprestasi di fakultas hingga universitas, misalnya dengan mengikuti kegiatan duta fakultas, kampus, BEM fakultas, dan lain sebagainya. Jangan ragu-ragu juga mengikuti lomba, seminar, atau ajang konferensi di tingkat dunia nasional hingga internasional. Semua itu akan menambah indah daftar di CV kamu. Lumayan, kan?

 

Komentar

Dewi Sri
Previous post Berziarahlah ke 5 Makam Islam Tertua di Indonesia Ini
Next post Surat untuk Imam Ghazali dan Ustaz Kemarin Sore yang Mengkritiknya

2 thoughts on “Biar Jadi Mahasiswa Berprestasi tapi Tetap Keren, Ini 5 Tipnya

  1. Menurut say nih mbak/mas admin, menjadi mahasiswa berprestasi itu wajib sekali yang namanya memiliki start awal yang baik. Memiliki start awal yang baik berarti sudah punya tekat, rencana dan niat mau ngapain selama jadi mahasiswa, apa targetnya dan apa yang inhin diraih. Doa juga penting apalagi doa restu ibu.
    Bagus banget aetikelnya. Secara kontent, sudah cukup menggambarkan langkah2 menjadi mahasiswa berprestasi. Pertahankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *