Kategori
Intisari

Ini 5 Pemikiran K.H. Said Aqil Siradj yang Dianggap Nyeleneh

Datdut.Com – Alhamdulillah, saya berkesempatan nyantri di salah satu pesantren terbesar di Cirebon, yaitu Pesantren Babakan Ciwaringin. Ada empat pesantren besar lainnya di Cirebon, yaitu Pesantren Kempek, Buntet, Gedongan, dan Benda Kerep.

Jadi, setahu saya ada lima pesantren besar di Cirebon yang menjadi basis ulama-ulama Ahli Sunah wal Jamaah. Nah, Said Aqil Siradj, lahir di Kempek dari pasangan K.H. Aqil Siradj dan Hj. Afifah. Konon, ayah dan ibu beliau masih keturunan Kanjeng Sunan Syarif Hidayatullah Gunung Jati.

Beberapa tahun terakhir ini, saya amati ada 5 pemikiran beliau yang dianggap nyeleneh oleh sebagian kelompok. Nih, saya tunjukin, ya!

1. Jenggot

Salah satu ciri khas ceramah Said Aqil Siradj itu ceplas-ceplos dan suka guyon. Saya menganggap hal tersebut biasa saja, karena saya sering mendengarkan pengajian-pengajian beliau ketika masih di Cirebon, dan mungkin karakter ceramah wong Cerbon ya begitu.

Baca juga:  Masih Ragu Hukum Tawasul? Baca 5 Penjelasan Ini

Bagi yang belum kenal, pasti langsung men-judge beliau itu sombong. Nah, beliau pernah menyatakan, “Orang yang berjenggot goblok, semakin panjang semakin goblok.” Kurang lebih seperti itu pernyataan beliau.

Benarkah begitu? Ternyata, ulama-ulama dulu juga pernah memberikan pernyataan seperti itu, kok. Nih, pernyataan Imam Syafii yang sama seperti Kang Said bilang.

Saya kutipkan dari akun facebook Muhammad Al-Faiz (kontributor DatDut.Com) yang dikutip dari kitab Al-Wâfi bil Wafâyât, كلما طالت اللحية تكوسج العقل. Namun, saya yakinkan pada Anda bahwa beliau itu cuma guyon. Jadi, jangan baper.

Redaksi

Oleh Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga.

28 tanggapan untuk “Ini 5 Pemikiran K.H. Said Aqil Siradj yang Dianggap Nyeleneh”

Ulama yang sangat dekat dengan penguasa. Ulama yang begitu suka pintu pintu istana dan memasukinya. Ulama yang fulusnya banyak bergaji 100.000.000/bulan dari pemberian penguasa.

“para ulama adalah orang-orang kepercayaan para nabi selama mereka tak bergaul dengan para penguasa dan tidak asyik dengan urusan harta dunia. Jika mereka bergaul dengan para penguasa dan sibuk berurusan dengan soal-soal duniawiah, maka jauhilah mereka”.

islam itu hanya satu.tidak ada islam radikal ,islam liberal.islam fundqamental.islam abangan.islam itu adalah islam yang berdasarkan AL QOR AN HADIS ROSULLULOH SAW.
Jadi kalo tidak berdasarkan pedoman ya bukan islam namanya.islam itu udah komplet plet.
mengatur semua kehidupan semua mahluk baik di bumi maupun di langit.
mahluk manusia sudah diatur sejak bangun tidur sampai tidur,lagi.

Haha ngaku ngaku nu lagi… semua sdh faham sejarah membuktikan benteng nkri terakhir ada di nu, nu sdh di coba dicabik dgn isu amaliah nya dibi’ah kan di syirik2kan trs diadu domba ulama2nya ada yg nu abal2 sengaja masuk ke nu untuk merobek2 rumah nu, saya yakin tdk akan mampu ingat nu sejati selalu tersambung dgn para pendiri2 nu walau beliau2 sdh tdk ada, nanti ujung2 nya insyaalloh nu nu lagi

Beliau sangat jauh dari kata ‘Ulama/’Alim dan tidak pantas dikatakan sebagai Ulama/Alim dan juga tidak pantas didengar fatwanya.. Kenapa? Seorang ulama itu adalah penerus nabi dalam artian penerus untuk menyampaikan tentang Islam. Sedangkan beliau sendiri adalah sosok yang mengolok-ngolok sunnah nabi shalallahu ‘alaihi wasallam. Contohnya adalah : ‘Jenggot semakin panjang semakin goblok’ dan itu sama saja nabi menyunnahkan memelihara jenggot dan beliau mengatakan goblok. Jadi berhati-hatilah saudaraku seiman terhadap fatwa yang beliau lontarkan. Kembalilah terhadap landasan Al-Qur’an dan Sunnah sesuai dengan pemahaman para sahabat. Karena Al-Quran turun di zaman para sahabat dan banyak ayat-ayat Al-Quran turun karena para sahabat.

Saya pun sma blm pinter,.
Tp kita hrus tau lawan, sperti kampak lawanya akar, golok lawanya kayu, kumis lawanya silet, ga ketemu dong kl kumis lawanya kampak,.
Dia orng berilmu msa ga liat ni umat msh bnyk yg bljar kl setare sma dia smwa ga msalah.
Maf sya msh belajar, kl slah jngn di marah ya.

Segila gilanya ulama tentu sholat 5 waktumah mual katinggalen Ari sia naon mang te pantes ngomong Kitu ka ulama sabab ulama mah lain ti jalema mang ti Allah yg jls ada ilmunya yg sia NU te di dele. Curhatan orang walaka

Saya prihatin dg keadaan ummat dizaman ini mudah2an Alloh SWT secepatnya membukakan siapa yg layak sebagai pemimpin ummat Islam dan Islam bersatu tak pandang apapun ormas Islam harus bersatu mempertahankan Islam berdiri tegak tak tergoyahkan oleh para pembenci islam.yg sekarang ini marak berbagai fitnah bermunculan dimna2 khususnya ormas2 Islam yg sedang berselisih Tabayyun lah wahai para syekh…kami merindukan Islam yg kokoh

Semoga kita semua di jauhkan dri kburukn jin dan manusia…
Semoga pndri NU KH hasyim asyari d tmpatkn d tmpt yg trbaik…
Klu blh koment ,gk pntas org ini jdi ketua NU gnti scpatnya…gnti yg pntas sperti akhlkny UAS

Jenggot kan Sunnah,.. Sunnah kok di cela… Ngaku cinta rosul tapi gak menghormati Sunnahnya

Nyeleneh, seperti Gusdur, tapi berhubung saat ini kaum radikal sedang naik daun, maka itu jadi senjata kaum khawarijs itu utk menjatuhkan beliau. Tapi dibanding ucapan nyeleneh said aqil saat berceramah, apa tidak lebih kurang ajar lagi ucapan para ustad idola kaum radikal seperti HRS dan UAS itu ?

KH agil berpendidikan dan berilmu tinggi, insyaAllah pengalaman spiritual rohani juga tinggi, kepahaman ttg sejarah jawa luar biasa,
sy orang awam dan kurang berilmu, yakin sekali beliau mencintai umat islam di jawa dan indonesia,
maaf sy memang guoblok….hehehe

Ujian berat buat yai said namun insy g akan lama sesuai prediksi gus dur yg katax org luar sono jg liberal…semoga diberi ketabahan…aamiiiin

SAYA NU!!!, Anggota Banser!! Santri, Pengurus ANSOR!!! mau apa kamu hah!!!
Gak usah Nyinyirin Omongan SAS!!! EMANG SUDAH DARI SONONYA SAS ITU NYINYIR… klo ngomong gak pake akhlaq, ilmu doang dalem tapi tanpa adab. MAKANYA SAYA KLUAR DARI BANSER, DARI ANSOR, gara2 sy lbh cinta habib rizieq!, yg jls mmbela agama, bukan ulama yg mnjilat pnguasa krn takut Kelaparan!
Tp sy ttp NU, santri, NU nya mbah hasyim…. Takbir!!

Allahuakbar….semoga Allah senantiasa memberikan rahmadNya kepada mu danselalu menunjukan jalan yg benar aamiin….

mau ngebela rupanya….
iyalah wong quraisy syihab itu sama kaya si aqil…
ulama yah ulama… tapi ulama ada 2 kan… harus bisa membedakan.
saya NU… tapi tidak terima dgn pernyataan2 aqil… terlalu rendah utk jadi Pimpinan NU.. KH Hasyim Asyari pasti tidak ridho NU dipimpin dgn org2 spt ini…. bahkan saat ini ada NU Garis lurus…. nah lantas ini? garis bengkok kali yah…
semoga dapat hidayah

Semoga kita semua termasuk orang2 yang selalu menjaga lisan dan mendekatkan diri kepada Allah Swt dan dijauhkan dari berkata-kata yang tidak berguna dan dibenci Allah Swt. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *