Sebelum Dipesantrenkan, Sebaiknya Kenalkan Dulu Dunia Pesantren pada Anak Anda

DatDut.Com – Memondokkan anak di pesantren saat ini bukan lagi pilihan kedua, namun sudah banyak yang menjadikannya sebagai prioritas. Orangtua muslim yang sadar kian tak terkendalinya dunia luar, tentu memilih menitipkan anaknya di pesantren.

Sayangnya tak banyak yang tahu bahwa mondok itu tak sama dengan menyekolahkan anak. Tidak seperti menitipkan anak di kost-kostan. Yang jelas, mondok itu jauh beda dari sekedar boarding school yang saat ini digalakkan lembaga-lembaga pendidikan non-pesantren.

Oleh karena itu agar anak betah dan kerasan di pesantren sesuai harapan orangtua, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua.Berikut ini 5 tip agar anak cepat kerasan atau betah di pesantren:

Baca juga:  Diskriminasi terhadap Karyawati Berjilbab Ternyata Tak Hanya di Luar Negeri, Tapi Juga di Sini

Para orangtua atau wali santri sebaiknya lebih mengenal pesantren. Bukan hanya sebagai lembaga pendidikan islam, namun juga harus mengenal berbagai sisi dan tradisi pesantren.

Bagaimana hubungan santri ke kiai dan kiai ke wali santri. Ini agar orangtua memahami sistem dan tradisi memondokkan anak sangat jauh beda dengan menitipkan anak di tempat kost.

Bagi orangtua yang bukan berlatar belakang pesantren, sebaiknya banyak membaca dan bertanya langsung bagaimana sebenarnya suatu pesantren.

Orangtua juga harus memposisikan pesanten sebagai tempat belajar menimba banyak ilmu agama, dan bukan menjadikannya sebagai penjara hukuman anaknya yang nakal.

Banyak orangtua yang baru memondokkan anak ketika sudah parah terjerumus dalam kenakalan. Sehingga anak merasa pesantren adalah hukuman dan penjaranya.

Baca juga:  Jelang Nishfu Sya’ban, Ini 5 Tradisi Baik yang Biasa Dilakukan Umat Islam
Nasrudin