Meski Bukan Orang Saleh, Cintailah Orang-orang Saleh

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Berbinar-binar membaca hadis riwayat Anas. Sahabat yang sempat mengabdi 10 tahun menjadi pelayan Nabi ini melaporkan.

Bahwa para sahabat senang sekali saat mendengar Nabi bersabda, “Seseorang nanti di Hari Kiamat akan bersama orang yang dicintainya.”

Lalu Anas berkata, “Aku mencintai Allah, Rasulullah, Abu Bakar, dan Umar. Aku berharap bisa bersama mereka, meskipun aku belum bisa berbuat dan beramal seperti mereka.” (HR Muslim).

Seseorang yang amalnya serba pas-pasan, bahkan cenderung kurang seperti hamba fakir ini, tak sepantasnya menggantungkan pada amal yang serba kurang dan belum tentu diterima.

Maka hadis tersebut jadi hiburan luar biasa. Berharap cinta yang mungkin tak seberapa ini kepada Allah, Rasulullah, sahabat, tabiin, ulama, auliya, dan orang-orang saleh, dapat menyelamatkan dari siksa dan menghantar meraih rida Ilahi.

Baca juga:  Ngaco Anggap Salawat Nariyah sebagai Pengikut Neraka! Baca Nih Bantahan dan Penjelasannya

Meskipun sadar amal jauh dari level mereka yang tersebut. Tapi itu di antara cara kita mengamalkan sabda Nabi yang memberi optimisme ini. Karena bagaimanapun juga kita tak bisa mengandalkan amal kita yang belum tentu diterima Allah.

Komentar

Moch. Syarif Hidayatullah
Baca juga:  Ini Kenangan-kenangan Masa SD yang Bikin Kamu Ketawa! Yang Mana Pengalamanmu?

Hits: 108

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *