Membela Kritikan Buya Yahya atas Lagu Aisyah Istri Rasulullah

  •  
  •  
  •  
  •  

Dibaca: 379

Waktu Baca1 Menit, 22 Detik

DatDut.Com-“Kulit putih bersih merah di pipimu.” Begitulah salah satu potongan lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah yang enggan dibacakan oleh Buya Yahya.

Menurut beliau kata-kata dalam lirik ini memiliki konotasi yang kurang elok. Sehingga ketika didengarkan bisa membawa pikiran entah ke mana arahnya.

Terlebih lagi lirik ini menggambarkan sosok mulia pendamping Rasulullah. Alangkah suul adabnya kita jika sampai menyebutkan fisik beliau dengan menggunakan kata-kata demikian.

Menurut saya, sih wajar-wajar saja Buya Yahya berstatement demikian. Kita analogikan saja dengan novel yang juga biasanya menggunakan kata-kata seperti itu ketika mendekskripsikan tokoh wanita.

Kebanyakan para pembaca –jika enggan berkata semua– pasti berespektasi dengan kata-kata yang disuguhkan bahkan tak jarang ada yang berimajinasi secara liar.

Baca juga:  Klarifikasi Konsultan IT KPU Terkait Berbagai Isu Seputar Peretasan Situs KPU

Itulah sebabnya, terkadang sebuah film yang diangkat dari novel membuat banyak penonton kecewa dengan pemeran yang dipilih sutradara. Hal itu dikarenakan pemeran yang ditampilkan tidak sesuai dengan ekspektasi mereka tentang tokoh tersebut.

Misalnya, tokoh Hulya di film Ayat-Ayat Cinta 2 yang diperankan oleh Tatjiana Saphira. Di antara teman saya yang telah menonton filmnya banyak yang kecewa karena tokoh Hulya tidak sesuai espektasi yang digambarkan novel.

Saya jadi berpikir, sosok secantik Tatjiana Saphira saja masih dianggap kurang cocok dengan deksripsi novel. Berarti memang benar imajinasi pembaca itu sangat liar dan ekspektasi mereka kadang melebihi batas.

Nah, mungkin hal ini yang dikhawatirkan oleh Buya Yahya. Beliau khawatir kalau nanti ada yang berekspektasi atau bahkan berimajinasi secara liar hanya karena lirik lagu tersebut menggunakan kata-kata yang memiliki konotasi vulgar atau kurang pas.

Baca juga:  Dua Merek Roti Ini Disangka Kamuflase Sari Roti, Ajakan Boikot Pun Disebarkan!

Maka dari itu beliau mengajak para musisi untuk menggubah kembali lirik dari lagu Aisyah Istri Rasulullah ini agar lebih baik dan tidak menimbulkan kesan yang negatif.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Muhammad Salahudin Al-Ayyubi

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *