Kategori
Intisari

Wah Ini 5 Kerajaan Besar di Maroko, Cocok untuk Wisata Sejarah

2. Al-Murobitun atau Al-Moravids (1061-1147 M)

Kerajaan yang satu ini berasal dari kabilah Lumtunah. Gerakannya dikomandoi oleh Abdullah bin Yasin. Dakwahnya bertolak dari Mauritania menuju daerah-daerah Sahara dan selatan Maroko seperti kota Marakes.

Dinasti ini dilanjutkan oleh Yusuf bin Tasyfin (1060-1106 M) dengan beberapa peperangan baik di Maroko maupun barat Al-Jazair. Dialah yang membangun kota Marakes tahun 1062 M. Beliau memperluas pengaruh dan kekuasaannya sampai Andalusia dengan memerangi orang-orang Nasrani di pertempuran Az-Zallaqoh sehingga kerajaan ini berjasa mempertahankan Islam di Andalusia selama empat abad. Kerajaan ini juga berjasa mengislamkan kawasan barat Afrika. Sedangkan pusat kerajaannya di Kota Marakes. Lalu kerajaan ini diruntuhkan oleh kerajaan Al-Muwahidun.

Baca juga:  Di Lampung Ada Air Terjun Kembar dan Bendungan Tembok China
Alvian Iqbal Zahasfan

Oleh Alvian Iqbal Zahasfan

Doktor pada Universitas Dar El hadith El Hassania, Rabat, Maroko. Pernah jadi santri di Ponpes Nurul Jadid Paiton-Probolinggo, Ponpes Al-Ghazali Karangrejo-Tulung Agung, PIQ Singosari-Malang, Al-Ma’had Darus-Sunnah Al-‘Dauli li Ulumil Hadis Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *