Kamu Harus Tahu Kelebihan dan Kekurangan 5 Antivirus Ini

  •  
  •  
  •  
  •  

Dibaca: 1393

DatDut.Com – Melindungi laptop dengan memasang software antivirus memang sangat perlu, wajib, dan harus. Guna melindungi komputer atau laptopmu dari serangan virus dan pencurian data yang kerap kali terjadi.

Tapi, jangan asal memasang antivirus tanpa tahu kelebihan dan kekurangannya, ya. Pilihlah antivirus yang bagus dan tahan banting melawan virus. Hehe.

Karena itu, kali ini pemilik jasa servis laptop di lapak.datdut.com, Sirojuddin, memberikan keterangan tentang macam-macam antivirus, lengkap dengan kelebihan dan kelemahannya. Yuk, simak.

1. Smadav

Selain buatan anak bangsa sendiri, antivirus ini dirasa sangat membantu terutama saat ada file-file yang hidden atau tersembunyi akibat terkena virus. Selain itu Smadav membantu memperbaiki registry yang berubah akibat virus.

Kelebihan lainnya, Smadav mampu memproteksi laptop dari penyebaran virus via USB flashdisk, bahkan membantu menghilangkan virus-virus yang menempel di USB flashdisk tersebut. Tapi kelemahannya, untuk men-scan harddisk antivirus ini butuh waktu terlalu lama.

2. Avast

Avast merupakan internet security yang akan langung menampilkan pemberitahuan peringatan bahaya, saat laptop menginstal program yang tidak jelas. Berfungsi menjaga laptop dari virus saat browsing juga sebagai proteksi agar tidak terjadi pencurian data saat kamu melakukan transaksi online. Jadi selain menjaga file, kamu juga akan lebih aman saat browsing.

Tidak seperti antivirus lainnya, Avast ahlinya deep scaning, yaitu melakukan scaning di balik layar alias aktivitasnya tidak terlihat, dan hanya keluar peringatan hanya saat benar-benar ada bahaya.

Baca juga:  Waspadai Ancaman dan Bahaya Musim Kemarau! Ini 5 Dampak Negatifnya

3. Avira

Avira adalah antivirus yang terlalu berisik, karena Avira sangat ketat melakukan scaning setiap waktu dan terlalu lama.

Kelemahannya, Avira kalau sudah kemasukan virus, atau kalah dengan virus malah akan membantu menyebarkan virus. Akhirnya akan merusak windows atau operation system laptop kamu.

4. Kaspersky

Sherina dan Jackie Chan merupakan bintang iklan antivirus ini, loh. Meski tidak seperti antivirus-antivirus sebelumnya yang menyediakan layanan tidak berbayar, tapi Kaspersky merupakan layanan antivirus berbayar dengan kualitas bagus.

Sama seperti antivirus yang telah disebutkan sebelumnya, Kaspersky membantu mengamankan komputer dan laptop kamu, serta melindungi perangkat lunak kamu dari virus dan juga bahaya software yang bisa menyebabkan pencurian data.

Baca juga:  Ini 5 Surat Terbuka Paling Fenomenal

Karena Kaspersky akan menguji dan menganalisanya lebih dulu, sehingga keamanan perangkat lunakmu akan lebih terjamin keamanannya.

5. Anti Virus yang Biasa-biasa Saja

Bukan karena kualitasnya buruk. Hanya saja, antivirus-antivirus tersebut kalah saing dengan antivirus lainnya. Baik dalam hal melindungi laptop dari virus atau memproteksi laptop dari pencurian data atau software yang membawa virus.

nenengNeneng Maghfiro | Penulis tetap Datdut.Com

Twitter : @NengAirin

Komentar

Neneng Maghfiro

One thought on “Kamu Harus Tahu Kelebihan dan Kekurangan 5 Antivirus Ini

  1. Meskipun avira memiliki kelemahan dari segi waktu scanning yang lama, tetapi saya tetap setia menggunakan avira. Sebab avira adalah antivirus pertama yang saya tahu sewaktu pertama kali menggunakan komputer. Selain itu ternyata avira mempunyai kelebihan yaitu bisa disandingkan dengan antivirus lokal seperti Smadav. saya memadukan keduanya untuk menghalau virus lokal dan internasional. Walhasil sampai sekarang komputer saya aman-aman saja… hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *