Jangan Lakukan 5 Hal Ini karena Bisa Merusak Puasa Ramadanmu!

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Saat berpuasa, ada beberapa kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh sebagian orang yang mungkin hanya berpuasa saat Ramadan saja. Nah, kalau puasa tak banyak memberi dampak pada kehidupan pribadi dan sosialnya, itu mungkin salah satunya karena kebiasaan buruk yang dilakukan selama berpuasa. Berikut 5 kebiasaan buruk itu:

[nextpage title=”1. Banyak Tidur”]

1. Banyak Tidur

Tidur memang penting, apalagi saat puasa. Hanya kalau kebanyakan tidur, ya puasanya jadi tidak banyak gunanya. Memang, ada informasi kalau tidur saat puasa nilainya setara ibadah. Tapi, untungnya informasi yang katanya berasal dari hadis Nabi, tidak sahih.

Jadi, sepertinya memang tidak baik kalau kebanyakan tidur selama puasa. Karena, inti puasa kan membentuk pribadi yang baru. Masa malah diisi dengan tidur.

[nextpage title=”2. Balas Dendam Waktu Buka”]

2. Balas Dendam Waktu Buka

Waktu berbuka kadang menjadi saat balas dendam. Semua makanan diembat. Perut sampai begah tak begitu dipedulikan. Nah, ujung-ujungnya jadi berat beribadah. Tarawih jadi malas. Kalau sudah begini, biasanya kegiatan lanjutannya kalau tidak tidur, ya PW (posisi wuenak) di depan TV atau sibuk dengan gadget.

Baca juga:  Ini 5 Keuntungan Belanja di Great Parfum

[nextpage title=”3. Ngabuburit”]

3. Ngabuburit

Menjelang waktu buka, banyak yang menghabiskan waktu dengan hangout di mal atau di tempat kuliner untuk sekadar ngerumpi, ngegosip, atau sekadar kumpul-kumpul teman. Tak jarang juga ngumpulnya di ruang terbuka dengan melakukan hal-hal yang tak bermanfaat dan bahkan cenderung membahayakan, seperti main petasan dan balapan motor.

Sebetulnya tidak ada yang salah dengan ngabuburit. Cuma ketika ngabuburit diisi dengan kegiatan yang tak bermanfaat, di situ justru mengurangi pahala puasa.

[nextpage title=”4. Asmara Subuh”]

4. Asmara Subuh

Istilah asmara subuh biasanya identik dengan jalan-jalan pagi di bulan puasa. Ini sebetulnya tidak beda dengan olahraga biasa di hari libur. Hanya pertemuan di ruang terbuka dengan lawan jenis yang berujung perkenalan dan jadian, inilah yang kemudian disebut asmara subuh.

Memang tak ada yang melarang cinta untuk datang dan menghampiri. Tapi, bila olahraga di pagi bulan puasa diniatkan untuk mencari pasangan, ini juga mengganggu pahala dan kualitas puasa.

Baca juga:  Permainan Anak Zaman Dulu Lebih Menantang, Menyehatkan, dan Membahagiakan!

[nextpage title=”5. Sibuk Nonton TV dan Medsos”]

5. Sibuk Nonton TV dan Medsos

Nonton TV merupakan kegiatan yang banyak dilakukan sebagian orang untuk menghabiskan waktu saat puasa. Godaannya memang stasiun TV selama bulan Ramadan memanjakan pemirsa dengan berbagai acara hiburan.

Media sosial juga menjadi godaan baru untuk menghabiskan waktu. Nah, menonton TV dan aktif di medsos bila berlebihan, terutama saat bulan puasa, akan mengganggu dan mengurangi pahala puasa.

Komentar

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *