Jihad Melawan Korona

  • 1
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Dibaca: 143

Waktu Baca1 Menit, 43 Detik

DatDut.Com – Secara umum kita dianjurkan untuk tetap #dirumahaja agar wabah ini tidak meluas, yang tidak hanya membahayakan diri kita, tapi juga orang lain. Itulah jihad terbesar kita saat ini.

Namun, untuk yang memang punya tugas, kewajiban, dan wewenang di luar rumah, lakukan itu dalam konteks membantu para korban atau yang terdampak, termasuk membantu memenuhi kebutuhan orang-orang yang #dirumahsaja. Dan, jangan lupa, pakai alat pelindung diri (APD). Itu juga jihad yang paling besar saat ini.

Petugas kesehatan berjuang untuk mengobati dan menangani para korban, itu adalah jihad terbesar saat ini.

Para pejabat berpikir taktis untuk memutuskan keputusan terbaik yang dampaknya lebih banyak manfaatnya daripada madaratnya. Itu juga yang tak kalah berarti.

Petugas keamanan bertugas untuk mengamankan lingkungan dan objek vital juga menertibkan orang-orang yang ngeyel dan ngotot, ini juga jihad terpenting saat ini.

Baca juga:  Belajarlah Makna Cinta Sejati dari 5 Sabda Nabi Ini

Para ulama, ustaz, dai, cendekiawan, dan cerdik pandai mengambil peran mengedukasi umat mengenai musibah ini dan pentingnya menjaga diri darinya. Itu juga jihad besar di tengah sebagian masyarakat yang acuh tak acuh.

Para pengusaha dan orang kaya berbuat untuk
menyumbangkan sebagian hartanya. Saatnya untuk membagi keuntungan yang didapat selama ini dari orang-orang yang saat ini mungkin terdampak wabah ini. Ini juga jihad.

Para influencer dan yang punya banyak follower, saatnyalah sekarang membantu orang-orang yang mungkin jadi followernya. Caranya bisa mengajak followernya berdonasi. Itu juga jihad.

Para aktivis yang selama ini dikenal vokal menyuarakan berbagai isu. Kini waktunya untuk juga ikut bersuara lantang tentang hal-hal positif yang menarik perhatian para pemangku kepentingan. Ini juga jihad.

Kita-kita yang mempunyai kelebihan rezeki, tenaga, pikiran, dan doa, untuk tak henti memberikan yang kita bisa. Ini waktunya kita peduli sesama agar kita dihindarkan dari bala dan marabahaya. Ini juga jihad yang bisa kita pilih.

Baca juga:  Ini 5 Cara yang Diajarkan Syekh Nawawi Banten untuk Menebus Hak Orang Lain

Intinya kita jangan diam saja tanpa usaha. Saat ini bukan saatnya tawakal tanpa usaha. Kita harus bahu membahu melawan virus ini. Bukan cuma update status dan pajang foto dengan dalih “posting positif”. Yang diperlukan saat ini: langkah nyata. Berbuat sebisanya.

So, tunggu apa lagi? Share ini ke teman-teman medsosmu agar tergerak melakukan sesuatu.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Moch. Syarif Hidayatullah
  • 1
    Share

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *