Hindari Kejahatan di Angkutan Umum, Baca 5 Tip Ini

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Maraknya tindak kejahatan di angkutan umum mengharuskan kita agar lebih waspada. Biasanya, yang menjadi korban angkutan umum adalah kaum wanita. Kejahatan tersebut bisa jadi karena kelengahan dan ketidakhati-hatian dalam menaiki angkutan umum.

Hal ini diperparah lagi dengan minimnya pengawasan pihak kepolisian akan tindak kejahatan. Untuk menghindari kejahatan tersebut, berikut 5 tip yang harus Anda waspadai saat naik angkutan umum. Lima tip tersebut, disarikan dari salah satu grup Whatsapp.

1. Pilih Duduk yang Strategis untuk Menyelamatkan Diri

Saat Anda naik angkutan umum, berusahalah memilih tempat duduk yang terdekat dengan pintu angkutan tersebut. Apalagi jika angkutan yang Anda naiki sepi dari penumpang. Ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, Anda bisa menyelamatkan diri keluar serta teriak minta tolong.

Jadi, hindari duduk di tempat yang Anda tidak dapat beraksi. Selain itu, Anda juga jangan duduk dekat supir, karena Anda dapat diserang oleh pelaku dari belakang. Karenanya, pilihlah tempat duduk yang strategis agar Anda mudah menyelamatkan diri.

Baca juga:  Ini 5 Tip Menghindari Maling di Maroko

2. Jangan Naik Angkot yang Kacanya Gelap

Salah satu yang perlu diperhatikan saat naik angkutan umum adalah kaca mobil. Jika kaca mobil gelap, lebih baik Anda hindari naik angkutan tersebut, walaupun penumpangnya banyak.

Karena penjahat licik, bisa jadi penumpang-penumpang tersebut adalah teman sesama penjahat yang sedang mengincar mangsanya. Jika kaca angkutan yang dipilih itu gelap, Anda sulit untuk meminta tolong pada siapa pun di luar kendaraan umum yang sedang Anda naiki.

3. Lengkapi Senjata Sederhana

Keamanan yang tidak terjamin di Ibukota mengharuskan Anda selalu waspada. Bila Anda setiap hari beraktifitas menggunakan angkutan umum menuju kantor, ada baiknya membawa perlengkapan keamanan sederhana, seperti semprotan merica, semprotan karburator, pensil tajam dan lain sebagainya. Alat sederhana ini tentu sangat bermanfaat menjaga keamanan diri Anda sendiri.

4. Waspada Ketika Ada Tindakan Mencurigakan

Sekali lagi, Anda harus waspada ketika naik angkutan umum. Ada beberapa tindakan mencurigakan yang harus Anda waspadai. Misalnya, ketika ada penumpang laki-laki duduk di pintu keluar, padahal di dalam banyak bangku kosong.

Baca juga:  Ini 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Diet

Selain itu, Anda juga harus curiga ketika ada orang yang tiba-tiba menutup semua jendela yang posisinya jauh dari tempat dia duduk.

5. Tidak Mengambil Penumpang Lain dan Jalannya Cepat

Sopir angkutan umum yang menyetir mobilnya dengan kencang perlu Anda curigai. Apalagi dia tidak berhenti-berhenti. Padahal di luar ada calon penumpang yang melambaikan tangannya untuk memberhentikan angkutan tersebut.

Nah, anda harus cepat mengambil sikap saat gerak-gerik tersebut telah tercium. Bisa jadi supir angkutan umum yang Anda naiki adalah penjahat.

ibnu kharish1Penulis : Ibnu Kharish | Penulis Tetap Datdut.com

Fb : Ibnu Harish

Komentar

Redaksi
Previous post 5 Fakta Ini Pemikiran Syiah Emilia Renita Az yang Harus Anda Waspadai
Next post Ini Sejarah Singkat 5 Merek Produk Legendaris di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *