23 Film Motivasi yang Bisa Membuatmu Lebih Mensyukuri Hidup

Wisatarumahjiwa.com — Motivasi dan inspirasi untuk membuat hidup lebih baik bisa datang dari mana saja, termasuk dari aktivitas menonton film. Nah, kali ini kita akan membahas film-film dengan cerita yang tidak hanya bisa jadi sumber inspirasi, melainkan mampu memotivasi diri.

Siap tahu, kamu atau orang yang kamu kenal sedang butuh motivasi. Tonton saja film ini untuk kembali menemukan semangat hidup yang hilang.

Film Inspirasi Terbaik

1. The Greatest Showman (2017)

Film ini diangkat dari kisah nyata Barnum, pengusaha dan sosok yang membesarkan sirkus Barnum. Dikisahkan, Barnum bukan berasal dari keluarga yang berada, dia harus berjuang dengan keras agar dapat hidup.

Perjalanan hidupnya pun tidak pernah lepas dari berbagai masalah. Bahkan saat dia berada di puncak karirnya. Sebuah kejadian bahkan membuatnya hampir kehilangan semuanya, bahkan istrinya.

Saat itulah baru ia sadari yang selama ini ia perjuangkan hanyalah ego nya. Saat Barnum sadar, ia mulai bangkit kembali dan meraih masa kejayaannya bersama sang istri.

2. The Social Network (2010)

The Social Network diangkat dari kisah nyata pendiri facebook, kisah ini mengenai Mark Zuckerberg yang menghadapi berbagai permasalahan hidup sebelum mendirikan facebook. Tidak hanya masalah ekonomi, masalah percintaan pun harus dihadapinya.

Dalam masa-masa yang berat tersebut, Mark kehilangan berbagai hal dalam hidupnya, ia harus mengorbankan sesuatu agar dapat meraih tujuannya saat ini.

Kamu akan merasa termotivasi untuk mengejar keberhasilan dan mimpi-mimpi setelah menyaksikan film ini.

3. Imperfect (2019)

FIlm satu ini sempat booming tidak lama setelah awal perilisannya. Disutradarai oleh Ernest Prakasa, film ini berkisah tentang Rara, seorang wanita muda yang setiap harinya harus berjuang menutup telinga dari ocehan orang-orang mengenai dirinya.

Tidak jarang ia harus dibandingkan dengan ibu dan kakaknya karena tampak berbeda. Film ini menunjukkan bagaimana Rara berjuang, tidak hanya untuk membuktikan eksistensi dirinya, namun ia berhasil mencintai dirinya sendiri apa adanya.

4. Pursuit of Happyness (2006)

Film motivasi terbaik pertama kita adalah Pursuit of Happyness. Film ini bercerita tentang Chris Gardner, seorang salesman alat kesehatan yang mengalami kebangkrutan.

Karena tidak punya uang dan kesulitan membiayai kebutuhan rumah tangganya, Chris dan anaknya bahkan ditinggalkan oleh sang istri.

Dalam keadaan putus asa, Chris mencoba peruntungan dengan berkarier sebagai pialang saham.

Dia menerima tawaran magang tanpa dibayar di sebuah perusahaan pialang milik kenalannya.

Namun, Kemiskinan semakin membuat Chris terpuruk. Dia dan anaknya bahkan terusir dari rumah yang disewanya, dan harus tinggal di toilet sebuah stasiun kereta api bawah tanah.

Meski demikian, Chris tidak patah semangat. Demi anaknya, dia justru terdorong untuk bekerja lebih keras agar mendapatkan pekerjaan layak.

Lambat laun Chris pun mulai menemukan jalan kesuksesan. Dia bahkan berhasil mendirikan perusahaan pialang saham miliknya sendiri.

Baca Juga : Kolesterol Tinggi: Ini 10 Gejala yang Serius untuk Diperhatikan

5. The Billionaire (2011)

The Billionaire adalah film motivasi yang bercerita tentang perjuangan pemuda Thailand berusia 26 tahun, Aithipat “Top Ittipat” Kulapongvanich.

Dalam perjalanan hidupnya sebagai pengusaha, Aithipat banyak mendapatkan rintangan. Dia dipandang sebelah mata, bahkan berusaha disingkirkan oleh banyak orang.

Namun, perjuangan kerasnya untuk mewujudkan mimpi menjadi pengusaha akhirnya tercapai.

Dia pun berhasil menjadi pengusaha snack rumput laut terlaris di Thailand dengan penghasilan senilai Rp 2,4 Triliun per tahun dan 2.000 karyawan.

Film ini sangat inspiratif dan penuh dengan kata-kata motivasi yang hebat tentang perjuangan tidak kenal menyerah.

6. The Aviator (2004)

23 Film Motivasi yang Bisa Membuatmu Lebih Mensyukuri Hidup

Film motivasi terbaik berikutnya bercerita tentang kehidupan awal penerbang dan sutradara Hollywood, Howard Hughes.

Film ini berkisah tentang perjuangannya untuk mencapai kesuksesan. Namun, perjuangannya tidak mudah karena Howard memiliki kelainan yaitu Obsessive-Compulsive Disorder (OCD).

Meski demikian, keterbatasan tersebut tidak menghalanginya. Dia justru termotivasi untuk menjadi sukses.

7. The Blind Side (2009)

Film ini merupakan kisah nyata kehidupan Michael Oher, seorang atlet American Football yang banyak menerima penghargaan. Film motivasi satu ini berkisah tentang perjalanan hidup Oher muda.

Sebelum sukses, Oher pernah hidup di tengah kemiskinan dan kekerasan. Hal itulah yang membuatnya kesulitan bersaing.

Meski sempat hidup di titik terendah dan menjadi tunawisma, Oher bisa bangkit dari keterpurukannya karena tidak pernah menyerah untuk menjadi lebih baik.

8. The Greatest Game Ever Played (2005)

Film ini berkisah tentang seorang pegolf muda bernama Francis Ouimet yang bekerja paruh waktu di sebuah klub golf sebagai Caddy. Lambat laun, Francis jatuh cinta pada olahraga ini.

Tapi situasi masyarakat saat itu tidak mendukung minatnya. Maklum, pada tahun 1913 golf masih dikategorikan sebagai olahraga para bangsawan dan terlarang bagi masyarakat kelas bawah.

Film ini mengajarkan pada kita untuk tidak menyerah menggapai mimpi meski tidak didukung oleh masyarakat bahkan keluarga.

9. Life is Beautiful (1997)

Life is beautiful adalah film motivasi tentang ketegaran seorang ayah dalam menghadapi hidup yang pahit di era kekuasaan Nazi Hitler. Meski hidup di sebuah kamp konsentrasi, sang ayah tetap berusaha menghibur putranya.

Bahkan, sang anak sampai tidak merasa sedang hidup dalam kondisi yang sulit. Film ini diawali dengan gambaran sebuah keluarga yahudi yang hidup tenang menjelang perang dunia kedua.

Keluarga tersebut terdiri dari seorang ayah bernama Guido dan anaknya. Namun perang dunia kedua membawa malapetaka kepada kehidupan mereka.

10. Rush (2013)

Film ini diangkat dari kisah nyata persaingan dua juara dunia balap Formula 1, Niki Lauda dan James Hunt, pada tahun 1970-an.

Dalam sebuah lomba balap formula 3, James Hunt berhasil mengalahkan Niki Lauda. Niki bahkan harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit karena mengalami kecelakaan.

Namun tekadnya yang kuat untuk kembali berlaga dan mengalahkan James Hunt membuat Niki sembuh.

Tepat 42 hari usai kecelakaan, tiba-tiba Niki Lauda kembali ke arena balap dan mengagetkan banyak orang.

Dengan separuh wajahnya yang cacat akibat dioperasi, Niki ternyata mampu mengalahkan James Hunt.

11. The Pianist (2002)

The Pianist menceritakan perjuangan seorang pianis, Wladyslaw Szpilman, bertahan hidup di tengah perang yang mengoyak negerinya.

Film ini menunjukkan bagaimana manusia bisa bertahan hidup bahkan di tengah-tengah keterbatasan hidup.

Untungnya, Wladyslaw Szpilman memiliki musik sebagai media untuk lari dari sulitnya kehidupan. Film ini sangat memotivasi kita untuk lebih bersyukur dengan keadaan hidup.

12. Life of Pi (2012)

Life of Pi menceritakan pengalaman hidup Piscine Molitor Patel atau Pi Patel. Dia adalah anak kedua dari pemilik kebun binatang di Pondicherry, India.

Suatu hari Pi Patel dan keluarganya pindah ke Kanada dengan membawa seluruh binatang peliharaan mereka.

Dalam perjalanan, badai tiba-tiba datang. Ombak bahkan membuatnya terjatuh ke sebuah sekoci bersama dengan zebra, orang utan dan seekor harimau bernama Richard Parker. Meski hidup dalam ancaman maut, Pi tak menyerah dan berusaha bertahan hidup.

13. A Beautiful Mind (2001)

Film motivasi ini menceritakan kisah perjuangan seorang ahli matematika genius bernama John Forbes Nash. Dia berhasil menciptakan konsep ekonomi yang menjadi dasar ekonomi kontemporer.

Selama perang dingin berlangsung, Nash mengidap schizophrenia yang membuatnya hidup dalam halusinasi dan ketakutan. Meski demikian dia terus berjuang untuk sembuh dan akhirnya berhasil meraih Nobel di tahun 1994.

14. Forrest Gump (1994)

Forrest Gump bercerita tentang seorang laki-laki yang hidup dengan keterbelakangan mental dan keterbatasan fisik.

Namun, dengan segala kekurangannya, Forrest justru berhasil menjalani berbagai profesi. Dia pernah menjadi tentara, nelayan bahkan seorang pelari.

15. Freedom Writers (2007)

Freedom Writers merupakan film yang diangkat dari kisah nyata tentang perjuangan seorang guru di wilayah New Port Beach, Amerika Serikat.

Alkisah, Erin Gruwell, seorang perempuan idealis berpendidikan tinggi, datang ke Woodrow Wilson High School sebagai guru Bahasa Inggris.

Dia mengajar untuk kelas khusus anak-anak korban perkelahian antar kelompok rasial. Misi Erin sangat mulia, ingin memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak bermasalah.

Meski menghadapi kendala, bahkan ancaman, Erin justru berhasil membawa anak-anak didiknya keluar dari lingkaran hidup yang kelam.

16. The Imitation Game (2014)

23 Film Motivasi yang Bisa Membuatmu Lebih Mensyukuri Hidup

Film yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita tentang kehidupan Alan Turing, seorang ilmuwan Inggris terkenal.

Setting film adalah perang dunia ke-2 di mana saat itu Alan ditugaskan memecahkan kode sandi tentara Nazi.

Sejak saat itulah Alan terobsesi untuk menemukan kunci dari mesin Enigma tersebut. Meski demikian, banyak orang yang meragukan bahkan memandang hina pada dirinya, Sebab dia adalah seorang homo seksual.

Namun, Alan tetap tidak menyerah dan berusaha menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Pada akhirnya, kode tersebut terpecahkan dan Alan banyak membantu tentara Amerika dalam peperangan dengan Jerman.

17. Merry Riana (2014)

Film ini bercerita tentang kehidupan seorang mahasiswa yang dilarikan keluarganya ke Singapura akibat krisis politik dan ekonomi di Indonesia.

Walaupun tak memiliki biaya, tekadnya tidak surut untuk lulus kuliah dari universitas ternama.

Akhirnya karena kegigihannya, Merry Riana berhasil menjadi pengusaha sukses dan seorang motivator terkenal.

18. Slumdog Millionaire (2008)

Slumdog Millionaire adalah film tentang keberuntungan seorang anak India bernama Jamal Malik.

Jamal yang berasal dari lingkungan kumuh, keras dan kelam menjadi anak jalanan setelah orang tuanya meninggal.

Nahasnya, di jalanan dia justru dieksploitasi oleh orang-orang tak bertanggungjawab. Lewat kehidupan Jamal Malik, kita diajarkan untuk selalu percaya pada diri sendiri dan tidak pernah menyerah meski hidup dalam keterbatasan.

19. The King’s Speech (2010)

The King’s Speech bercerita tentang seorang pangeran Inggris yang tidak bisa berbicara di depan umum. Padahal, dia adalah calon raja Inggris dengan gelar Raja George VI.

Segala macam perawatan sudah dicoba. Alih-alih berhasil, sang pangeran malah putus asa.

Akhirnya, dia bertemu Lionel Logue (Geoffrey Rush), terapis public speaking asal Australia yang mengajarkan sang pangeran untuk bersabar dan pantang menyerah untuk mengatasi keterbatasannya.

20. Rudy Habibie (2016)

Film ini berkisah tentang masa muda Habibie sebelum dia dikenal sebagai Presiden Indonesia ke 3.

Dengan menonton Rudy Habibie, kalian bisa belajar dari ketangguhan seorang Habibie yang tengah belajar di Jerman.

Meski selalu diremehkan banyak orang, Habibie berhasil membuktikan kemampuannya, Dia bahkan bisa menciptakan pesawat terbang pertama di Indonesia.

21. Silver Spoon (2014)

Film buatan Jepang ini bercerita tentang sekumpulan anak SMA yang kaya dan manja. Mereka pun harus pergi ke sebuah desa untuk kepentingan kegiatan praktik sekolahnya.

Akhirnya, mereka pun dipaksa untuk belajar hidup sederhana dan bersyukur di tengah keterbatasan hidup di sebuah desa.

Sebuah film motivasi yang cocok ditonton oleh mereka yang merasa tidak puas dengan kehidupannya.

22. Eat, Pray and Love (2010)

23 Film Motivasi yang Bisa Membuatmu Lebih Mensyukuri Hidup

Film ini bercerita tentang Elizabeth Gilbert, seorang perempuan yang gagal mempertahankan pernikahannya karena mandul.

Dengan kondisi stres, dia memutuskan untuk menyembuhkan mental dengan traveling ke beberapa negara.

Meski mengalami banyak kesulitan baik dalam karier dan percintaan, dia berhasil bangkit untuk memperbaiki masalah. Film yang dibuat di Indonesia ini mengajarkan kita untuk tidak meratapi hidup.

23. Miracle in Cell Number 7

Film ini tidak hanya bisa bikin penonton menangis, tapi akan mengajarkan kamu untuk jangan pernah menyerah menghadapi sulitnya kehidupan.

Miracle in Cell Number 7 bercerita tentang seorang dengan keterbelakangan mental, Lee Yong-Gu, yang menjadi tersangka pelecehan serta pembunuhan anak petinggi kepolisian Seoul.

Meski hidup dengan keterbatasan, Yong-Gu belajar membela diri di pengadilan agar terlepas dari tuduhan.