Ini Lho 5 Destinasi Wisata Manis di Paris

  •  
  •  
  •  
  •  

Datdut.Com – Bulan Januari 2015, alhamdulillah saya ditakdirkan mengunjungi kota yang konon katanya paling romantis di dunia. Ya, Anda benar! Kota Paris. Saat di kota eksotik ini, teman sekaligus guide saya merekomendasikan 5 destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh pelancong di Paris. Allez (yuk) kita simak apa saja!

1. Tour Eiffel

Menara ini dibangun di tepi sungai Seine oleh Gustave Eiffel. Mulai dibangun tahun 1887. Selesai pada 31 Maret 1889. Tingginya 325 M (1.063 Kaki) jika disamakan dengan bangunan biasa kira-kira 81 tingkat. Dasar, 125 meter persegi. Berat besinya 7.300 ton. Besi baja silangnya sebanyak 18.038. Pakunya sebanyak 2 juta 500.

Niat pembangunan menara ini untuk pameran dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis (14 Juli 1789). Awalnya pembangunannya mendapat kritik dari masyarakat Paris, kata mereka mengganggu mata. Koran-koran setempat banyak memuat kritikan dari komunitas seni. Tapi kini mereka justru bersyukur.

Untuk naik menara ini Anda harus datang pagi-pagi. Ngantri mulai jam 7 pagi. Loket buka jam 9 pagi-12 malam (15 juni-1 Sept), 9.30 pagi-11 malam (2 Sept-Juni). Hanya ada 2 lift yang mengantarkan Anda ke puncak menara. Menara ini terbagi menjadi 3 tingkat. Tingkat 1 dan 2 bisa diakses dengan lift atau naik tangga (Kurang lebih 300 anak tangga). Tingkat 3 hanya bisa diakses dengan lift. Meskipun ada anak tangganya tapi ditutup untuk umum. Anda bisa memilih naik sampai 1/3 menara atau sampai pucuk menara, harganya berbeda.

Tiket sampai puncak menara; Dewasa (25+) 14.50 Euro, Remaja (12-24) 13.00 Euro, Anak-anak dan disable (4-11) 10.00, anak-anak di bawah 4 tahun gratis.

Kalau Anda beruang dan ingin memanjakan istri, Anda bisa mampir di tingkat 1 di restauran Le 58 Tour Eiffel. Di tingkat 2 dapat nongkrong di restauran Le Jules Verne. Di ujung menara ada Bar a Champagne.

Di dasar tiang ada museum. Di atas menara ada yang menjual souvenir, seperti kartu pos. Dan di atas sana ada kotak pos, Anda bisa mengeposkannya dari sana. Istimewanya kartu posnya akan dicap Menara Eiffel.

Kalau Anda mengunjungi menara ini di malam hari, jangan lewatkan setiap jamnya sampai jam satu dini hari ada demonstrasi kerlap-kerlip 20.000 lampu sekitar 5 menit pada menara ini.

2. Arc de Triomphe

Arc de Triomphe artinya Gerbang Kemenangan. Dibangun oleh Napoleon Bonaparte (Baca: Bonapart) untuk mengenang jasa bala tentaranya yang gugur setelah Pertempuran Austerlitz atau Pertempuran Tiga Kaisar (2 Desember 1805) antara pasukan Prancis melawan pasukan koalisi Rusia-Austria.

Baca juga:  Bukan Cuma Satu, Ternyata di Indonesia Ada Lima Daerah yang Punya Patung Budha Tidur

Arsiteknya bernama Jean Chalgrin dilanjutkan oleh Jean-Nicolas Huyot. Selesai dibangun tahun 1836 yang telah direncanakan sejak tahun 1806. Tingginya 51 meter dan lebarnya 45 meter. Monumen ini meniru arsitektur gerbang kemenangan ala Kerajaan Romawi. Bisa ditemukan di Roma-Italia atau di reruntuhan istana Romawi di Volubilis-Meknes Maroko.

Kalau Anda mengunjungi monumen ini sempatkan juga mampir di jalan Champs-Élysées. Karena jalan ini terletak persis di timurnya Arc de Triomphe. Jalan ini merupakan jalan paling bergengsi di Paris. Di sini berjejer butik-butik pakaian, parfum, tas merek-merek dunia, showroom mobil, bioskop, restaurant dan kafe. Konon Syahrini pernah beli tas di sini. Di trotoarnya Anda akan mendapati kios-kios penjual koran, majalah, makanan ringan dll.

Ada beberapa butik yang menjual produknya tanpa bandrol harga, sifatnya limited edition dan hanya untuk orang-orang yang hobi shopping dan tidak memikirkan harga lagi. Suka, dicomot, langsung ke kasir, gesek, beres. Tentu harganya juga limited edition, Bro. So, kalau Anda shopping masih melihat harga, mikirin murah apa mahal, saya sarankan niatkan jalan-jalan saja di kawasan Champs-Élysées, jangan niat shopping, takut ngiler, bagai pungguk merindukan bulan.

Untuk menyewa butik seluas 1.000 kaki persegi (100 m²) di jalan bergengsi ini Anda harus merogoh kocek sebesar 1.25 juta USD per tahun karena Champs-Élysées merupakan kawasan termahal pertama se-Eropa dan termahal kedua di dunia setelah Fifth Avenue di New York, Amerika.

3. Sacré-Cœur

Sebuah Gereja berkubah laiknya masjid di bukit Montmartre 130 Meter. Sebenarnya kubah itu bukan warisan Islam sih, tapi peninggalan Romawi. Basilika ini dibangun untuk mengenang para prajurit Prancis 58 ribu yang gugur selama perang melawan Kerajaan Prusia (Jerman). Pembangunannya dimulai tahun 1870 dan selesai tahun 1923.

Arsiteknya adalah Paul Abadie. Tidak perlu bayar masuk ke sini. Di dalamnya Anda dapat menyaksikan gambar besar Yesus di atas langit-langit, patung-patung, lukisan-lukisan pendeta dan Bunda Maria, miniatur-miniatur Betlehem, Gereja dll.

4. Museum Louvre

Satu lagi yang jangan terlewatkan jika Anda ke Paris, mengunjungi Musium Louvre. Di Musium seni ini Anda akan dimanjakan dengan lukisan-lukisan yang indah-indah, yang berskala besar sekali, dan lukisan pelukis dunia seperti Picasso dan Leonardo da Vinci yang melukis Mona Lisa (1503-1506 M) . Ada sekitar 7.500 lukisan di museum ini. Di bawah gedung ini Anda bisa menikmati seni pahat atau patung-patung. Tidak kalah indahnya adalah ornamen gedung-gedungnya yang cantik, mewah dan menarik.

Baca juga:  Teror Paris Akibatkan 5 Penderitaan Ini Bagi Muslim

Untuk menikmati museum ini Anda harus membeli tiket, 9 Euro. Jika plus dengan audio guide ditambah 5 euro (bagi umur di bawah 18 tahun), total 14 Euro. Kalau Anda ke sana pada hari Rabu atau Jumat setalah jam 6 sore Anda hanya bayar € 6. Tetapi museum terbuka sampai  jam 9:45 malam. Pada Hari Bastille (14 Juli) dan hari Minggu pertama setiap bulan masuk ke sana gratis untuk semua orang, sepanjang hari. Pergilah kesana di pagi hari karena seharian tidak akan cukup menikmati keindahan Museum ini. Dan jangan lupa bawalah air mineral!

Pintu masuknya melalui tengah Piramid kaca (dibangun 1989), lalu naik escalator ke bawah untuk membeli tiket masuk. Ada 35 ribu benda prasejarah hingga abad 19 yang dipamerkan. Koleksi museum dibagi menjadi delapan Departemen kuratorial: Koleksi Mesir kuno, Benda purbakala dari Timur Dekat, Yunani, Etruskan, Romawi, Seni Islam, Patung, Seni dekoratif, Seni lukis, Cetakan dan Seni gambar.

Museum dibuka pertama kali pada 10 Agustus 1793. Awalnya Louvre adalah benteng yang dibangun abad 12. Lalu dijadikan istana. Kemudian mulai tidak ditinggali oleh Raja Louis XIV, karena dia lebih memilih Istana Versailles (Baca: Versei). Louvre lantas hanya menjadi tempat memajang karya seni dan barang antic Kerajaan. Pasca Revolusi Perancis Louvre ditetapkan sebagai Museum Nasional, 10 Agustus 1793.

5. Notre Dame Cathedral

Adalah sebuah gereja Katolik Romawi berarsitektur Gothic Perancis. Dari segi bahasa Notre Dame artinya Ibu Kita yang dimaksud adalah Bunda Maria. Dibangun tahun 1163 M, selesai tahun 1345 M. Panjangnya 128 M, lebar 48 M, tinggi 69 M. Di dalam gereja ini kita bisa menyaksikan lukisan-lukisan, miniatur-miniatur gereja, patung-patung, dan ornamen interior Katedral Notre Dame yang memukau.

alvianKontributor: Alvian Iqbal Zahasfan | Yang suka lan-jalan dan makan bakwan

FB: Alvian Iqbal Zahasfan

 

 

Komentar

Alvian Iqbal Zahasfan
Latest posts by Alvian Iqbal Zahasfan (see all)
Previous post Wah Ini 5 Kerajaan Besar di Maroko, Cocok untuk Wisata Sejarah
Next post Ini 5 Tip Mengolah Makanan Menu Diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *