Kategori
Intisari

Kenali Ciri Ulama Ahli Waris Nabi Versi Kiai Ali Mustafa Yaqub

4. Akrab dengan Wong Cilik

Ulama ahli waris Nabi memiliki sikap egaliter yang tinggi. Tak pernah merasa lebih tinggi dari yang lain. Karenanya, ia selalu dapat akrab dengan rakyat kecil dan kaum lemah. Kaum kecil dibuatnya berjiwa besar dan yang lemah didorongnya untuk menjadi pribadi yang kuat.

Perhatian dan kedekatan dengan wong cilik ini sejatinya adalah sikap para Nabi. “Mereka tidak berorientasi ke langit untuk mengakrabi para bintang, tetapi berorientasi ke bawah untuk mengakrabi kelas rumput,” demikian kata Pak Kiai.

Sebelum masuk Islam, Abu Sufyan ditanya oleh Kaisar Heraklius perihal pengikut Nabi Muhammad. Abu Sufyan menjawab bahwa pengikut Nabi didominasi oleh rakyat jelata. Maka Kaisar Heraklius pun membenarkan kenabian Muhammad, karena ia tahu bahwa pengikut para Nabi terdahulu juga kalangan jelata.

Baca juga:  Banyak Kiai Jadi-jadian dan Ustad Abal-abal, Kenali Nih 5 Ciri Ulama Sejati

Bila demikian sikap Nabi terhadap rakyat kecil, maka ulama sebagai ahli warisnya harusnya juga dapat menyatu dengan rakyat kecil, kendati tidak ada fasilitas mewah dan pelayanan yang serba wah.

Muhammad Al-Faiz

Oleh Muhammad Al-Faiz

Mahasiswa Sekolah Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya. Alumni Fakultas Dirasah Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan International Institute for Hadith Sciences Darus-Sunnah Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *