19 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Menyehatkan Bunda & Kandungan

Wisatarumahjiwa.com – Masa kehamilan merupakan periode ketika tubuh ibu sedang membutuhkan vitamin dan nutrisi yang banyak. Karena itu, semua gizi tersebut akan dibutuhkan oleh ibu dan bayi yang sedang tumbuh dan berkembang dalam kandungan.

Selama masa kehamilan, sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman yang tepat. Salah satu jenis makanan yang bermanfaat bagi ibu hamil, tentunya adalah buah-buahan.

Namun, tak semua buah bisa memberi manfaat baik untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Jenis buah yang bagus untuk ibu hamil biasanya kaya akan vitamin, sumber folat tinggi, hingga mengandung potasium yang cukup.

Agar memilih buah yang tepat selama masa kehamilan, simak daftar selengkapnya berikut ini

Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

1. Jeruk Bali

First things first, hindari mengkonsumsi buah ini jika kalian sedang mengkonsumsi obat, sebab dapat menyebabkan interaksi obat dan makanan.

Jeruk bali memiliki kandungan vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin selama kehamilan. Asam folat yang terkandung juga dapat mengurangi resiko cacat lahir pada janin.

Mual dan muntah yang kerap dialami ibu hamil pun dapat dikurangi kemungkinannya dengan mengonsumsi buah yang satu ini.

2. Melon Jingga (Cantaloupe)

Beta karoten vitamin A dan vitamin C yang terkandung di melon oranye memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan ibu dan janin, menjadikannya buah yang bagus untuk ibu hamil.

Sebab, beta karoten vitamin A baik untuk rambut dan mata janin. Mual yang kerap dialami ibu hamil juga dapat berkurang berkat vitamin B dalam melon oranye.

3. Sawo

Buah sawo merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil karena manfaatnya dalam mengurangi mual untuk ibu hamil. Di samping itu, buah sawo juga baik untuk kesehatan usus besar dan saluran cerna.

4. Kesemek

Buah kesemek memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas. Buah ini pun kaya akan kalsium, yang baik untuk pertumbuhan tulang janin.

Kunjungi juga : 10 Macam Kerajinan Tangan dari Barang Bekas, Bisa Jadi Peluang Bisnis

5. Pisang

Pisang sangat cocok sebagai buah untuk ibu hamil karena mengandung banyak potasium! Potasium penting karena membantu menjaga keseimbangan antara cairan dan elektrolit dalam tubuh. Inilah sebabnya pisang dapat membantu meringankan kram dan kelelahan.

6. Jeruk

19 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

Penuh dengan vitamin C, folat, dan serat, jeruk adalah pilihan buah untuk ibu hamil yang sangat bagus. Mereka menyegarkan dan juga penuh dengan cairan yang akan membantu kamu untuk tetap terhidrasi.

Karena vitamin C membantu menyerap zat besi, asupan buah dengan banyak vitamin C sangat penting.

7. Alpukat

Alpukat juga merupakan sumber folat yang bagus. Mengonsumsi folat setidaknya satu bulan sebelum konsepsi, serta selama kehamilan sangat dianjurkan. Ini membantu mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang.

8. Cherry

Selain mengandung vitamin C, cherry atau ceri juga merupakan buah yang bagus untuk dimakan selama kehamilan karena buah ceri membantu meningkatkan suplai darah ke plasenta dan bayi, serta membuat plasenta lebih efisien. Ia juga mengandung melatonin, yang merangsang pertumbuhan sel dan membantu tidur.

Karena beberapa ibu mengalami masalah dengan kecemasan dan tidak bisa tidur nyenyak, memakan buah ini benar-benar dapat membuat perbedaan.

9. Apel

Apel dikenal baik untuk sistem kekebalan tubuh karena mereka kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan zinc. Apel juga penuh dengan antioksidan, yang sangat penting agar bayi tumbuh dengan cepat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel dapat mengurangi risiko asma dan eksim yang mungkin memengaruhi anak di kemudian hari. Apel juga merupakan sumber serat yang bagus sehingga baik untuk sistem pencernaan.

10. Pir

Pir cocok sebagai buah untuk ibu hamil karena kaya akan folat! Selain folat, pir adalah sumber serat yang bagus. Serat sangat penting selama kehamilan karena membantu menjaga keseimbangan kesehatan tubuh. Meningkatkan asupan serat juga akan membantu kamu merasa kurang kembung.

Penting untuk diingat bahwa makan lebih banyak serat juga berarti bahwa kamu perlu minum lebih banyak air juga.

11. Semangka

Salah satu alasan utama semangka merupakan pilihan bagus buah untuk ibu hamil adalah fakta bahwa itu membuat tubuh terhidrasi. Karena kebutuhan air meningkat selama kehamilan, makan semangka adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi.

Semangka juga penuh dengan vitamin, magnesium, dan potasium. Juga dicatat bahwa memakan semangka dapat mengurangi kram otot.

12. Mangga

Mangga kaya akan zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, potasium, serta folat. Semua nutrisi penting untuk kehamilan.

Karena itu mangga merupakan pilihan baik sebagai buah untuk ibu hamil. Karena buah ini manis secara alami, buah ini cocok digunakan sebagai pengganti kue atau permen jika ibu hamil sedang ingin sesuatu yang manis.

Di sisi lain, beberapa wanita mengalami diabetes gestasional selama kehamilan. Dalam kasus ini, asupan buah yang kaya akan gula harus dikurangi.

13. Aprikot

19 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

Buah aprikot kaya akan vitamin, beta karoten, kalsium, zat besi dan potasium. Sehingga buah ini merupakan buah yang sangat baik untuk ibu hamil. Nutrisi yang terkandung di dalamnya membantu bayi untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Saat hamil, kebutuhan zat besi wanita meningkat hingga 50 persen dibanding saat keadaan normal. Untuk itu, mengonsumsi buah dengan kandungan seperti aprikot sangat direkomendasikan.

14. Anggur

Magnesium dalam anggur sangat baik dalam mengurangi kram di masa kehamilan. Efek positif lain yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi anggur, yaitu membantu sistem pencernaan untuk mencerna bahan makanan secara lebih baik.

Selain itu, anggur juga mengandung folat, fruktosa dan beberapa vitamin lain yang jika dikombinasikan sangat baik untuk metabolisme tubuh.

15. Lemon

Mengonsumsi air lemon atau meminum lemonade dapat membantu ibu hamil untuk mengatasi masalah nausea pada atau rasa ingin muntah atau mual yang membuat perut tidak nyaman.

Lemon juga membantu memperlancar sistem pencernaan dan menghindari konstipasi atau sembelit. Selain itu, lemon juga mampu menjaga enamel gigi dan membuatnya lebih sehat.

16. Beri

Buah beri seperti blackberry, blueberry, dan strawberry, mengandung karbohidrat, vitamin c, folat, hingga flavonoid. Buah-buahan ini memenuhi 50-60 persen kebutuhan kalori bagi ibu hamil, memberi energi yang cukup setiap hari, dan kandungan di dalamnya mampu dengan mudah melewati plasenta untuk memberi nutrisi pada bayi.

17. Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah tropis yang kaya akan nutrisi di dalamnya. Buah ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menstabilkan tekanan darah selama masa kehamilan.

Jambu biji mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, hingga polifenol. Kandungan tersebut mampu membuat tubuh lebih rileks, mengurangi konstipasi, dan memperlancar proses pencernaan.

18. Kiwi

Kiwi merupakan buah kaya nutrisi yang bisa dikonsumsi tak hanya daging buahnya saja, tapi juga kulitnya. Kiwi dikenal punya efek menyembuhkan sistem respirasi (sistem pertukaran gas), dan membuat tubuh lebih kebal terhadap cuaca dingin.

Buah ini juga mampu mencegah pembekuan darah dan kaya akan zat besi yang dibutuhkan ibu hamil.

19. Delima

Delima adalah buah yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil secara alami. Buah ini memberikan banyak energi, mengandung kalsium, folat, zat besi, protein dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh.

Jika kekurangan zat besi, delima adalah buah yang tepat untuk mengatasinya. Vitamin K yang terkandung di dalamnya sangat memiliki peran penting untuk pembentukan tulang si bayi dan juga memperkuat tulang sang ibu.

Itulah rekomendasi buah yang baik untuk ibu hamil agar tetap sehat selama masa kehamilan dan menjaga janin tumbuh serta berkembang dengan baik.

Saat hamil, ada baiknya mulai menerapkan pola makan sehat dengan memakan buah-buah yang di atas.

Semua vitamin dan nutrisi yang dikandung oleh buah-buah tersebut pastinya sangat dibutuhkan tubuhmu ketika hamil. Bahkan setelah melahirkan, buah-buahan tersebut masih sangat baik untuk dikonsumsi.