8 Tips Mengusir Sedih yang Efektif

Wisatarumahjiwa – Setiap orang pasti pernah merasa sedih. Untuk mengatasinya, ada beragam cara mengusir sedih yang dapat Anda coba lakukan. Meski umum terjadi, hal ini penting untuk diperhatikan, sebab rasa sedih yang dibiarkan berlarut-larut bisa memicu berbagai gangguan kesehatan.

Perasaan sedih biasanya bersifat sementara dan dapat hilang dengan sendirinya setelah hal yang memicu kesedihan berlalu. Namun, perasaan tersebut sering kali membuat seseorang menjadi lebih diam, tidak semangat beraktivitas, dan sulit konsentrasi.

Meski dapat dialami siapa saja dan muncul kapan saja, rasa sedih perlu dikelola dan dikendalikan agar aktivitas sehari-hari tidak terhambat dan kesehatan fisik maupun mental tidak terdampak.

Berbagai Cara Mengatasi Sedih

8 Tips Mengusir Sedih yang Efektif

Rasa sedih bisa muncul dalam situasi apa pun, baik saat seseorang mengalami kehilangan, kegagalan, kecewa, tidak berdaya, maupun putus asa.

Agar kesedihan yang dirasakan tidak berkepanjangan, ada beberapa cara mengusir sedih yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Pahami kesedihan yang dirasakan

Pahami bahwa sedih adalah perasaan yang wajar dirasakan oleh setiap orang dan perlu diluapkan. Dengan memahami sekaligus meresapi emosi yang mengalir dalam diri, hati pun akan jauh lebih lapang dan mampu menerima keadaan yang telah lewat.

Namun, Anda juga perlu memberikan batas waktu pada diri sendiri. Jangan sampai perasaan sedih mendalam justru membuat Anda semakin menyalahkan diri sendiri atau memikirkan hal-hal negatif.

2. Luapkan kesedihan dengan menangis

Sebagian orang terkadang memilih untuk menyembunyikan kesedihannya. Namun, ada baiknya untuk meluapkan kesedihan tersebut agar dapat segera hilang. Jika Anda ingin menangis, maka menangislah. Terkadang, menangis bisa membuat perasaan menjadi lebih baik dan lega.

3. Hadapi rasa sedih dengan bijak

Setelah menerima gejolak kesedihan dan meluapkannya, pikiran pun akan jauh lebih rileks. Dengan begitu, Anda dapat berpikir secara bijak dalam menghadapi kesedihan dan mencari solusi dari masalah yang dihadapi. Ingatlah, kesedihan yang sedang Anda alami akan berlalu dan pastinya ada hikmah di balik setiap peristiwa.

Klik juga : 7 Manfaat Push-up yang Sayang Dilewatkan

4. Hibur diri dengan tertawa

Saat merasa sedih, lakukan sesuatu yang bisa membuat Anda kembali tertawa. Salah satu hal sederhana yang dapat memicu gelak tawa adalah menonton film komedi atau video lucu di media sosial. Selain mengusir rasa sedih, manfaat tertawa juga baik untuk meredam stres dan bahkan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Lakukan hal-hal yang disenangi

Jangan hanya fokus dengan rasa sedih yang dialami dan cobalah lakukan hal-hal yang disenangi agar suasana hati menjadi lebih baik. Bila suka bepergian, pergilah ke tempat yang ingin dikunjungi sebagai ‘obat’ untuk menghilangkan kesedihan.

6. Ungkapkan keluh kesah

Jangan biarkan diri Anda terus terperangkap dalam kesedihan. Cobalah untuk berbagi cerita dengan orang yang Anda percaya, seperti orang tua, sahabat, atau pasangan.

Orang-orang yang peduli dengan Anda, tidak hanya akan mendengarkan atau mencoba memahami apa yang Anda rasakan, tetapi juga akan menghibur dan mengalihkan pikiran dari kesedihan yang dialami.

7. Ungkapkan dengan tulisan

Menulis bisa menjadi terapi untuk mengusir rasa sedih. Menurut penelitian, menumpahkan kesedihan atau kekecewaan ke dalam sebuah tulisan dapat meredakan stres dan mengusir perasaan negatif. Selain menulis, mewarnai juga bisa dilakukan untuk memperbaiki suasana hati agar lebih stabil.

8. Buatlah ‘jurnal’ kebaikan

Selain meluapkan emosi melalui tulisan, Anda juga bisa membuat daftar hal baik apa pun yang dapat Anda syukuri dari kejadian yang telah lewat. Misalnya, setelah mengakhiri hubungan toksik, tuliskan betapa hebatnya Anda dalam mengambil keputusan terbaik untuk diri sendiri.

Selama merenung, pikirkan langkah-langkah ke depan apa saja yang bisa membuat hidup menjadi lebih bahagia dan menyenangkan. Tak perlu hal besar, Anda bisa mulai dari langkah kecil yang mudah dilakukan sehari-hari, seperti berolahraga secara rutin atau mencukupi waktu tidur.

Meski terasa tidak menyenangkan, sebenarnya kesedihan bisa membuat Anda lebih menghargai sesuatu dan lebih peduli kepada orang lain yang sedang bersedih. Namun, jangan biarkan rasa sedih yang Anda alami terjadi berlarut-larut, sebab kesedihan berkepanjangan bisa berujung pada depresi.