7 Tempat Wisata Ikonis di Malaysia yang Terkenal

Malaysia salah satu negara di ASEAN yang menjadi tujuan wisata yang cukup digemari orang Indonesia. Negara tetangga Indonesia ini cukup memiliki berbagai tempat wisata menarik baik untuk keluarga maupun bersama kerabat.

Keragaman penduduknya yang terdiri dari Melayu, India, Cina, Arab, dan Eropa memberikan ragam nuansa wisata yang berbeda. Selain itu wisata alam di Malaysia juga menjadi daya tarik tersendiri yang bisa Anda coba jelajahi.

Meski situasi kini belum mendukung untuk Anda berlibur, namun tempat wisata di Malaysia yang terkenal berikut bisa jadi rekomendasi destinasi saat kondisi dan situasi telah memungkinkan untuk berlibur ke Malaysia.

1. Petronas Twin Towers (Kuala Lumpur)

Menara Kembar Petronas merupakan landmark dari Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia. Petronas juga pernah tercatat sebagai salah satu menara tertinggi di dunia pada 1998-2004.

Daya tarik lain dari Menara Kembar Petronas adalah jembatan yang menghubungkan kedua menara. Pada jam tertentu Anda bisa naik dan berkunjung ke jembatan tersebut untuk melihat pemandangan Kuala Lumpur dari ketinggian.

Baca Juga : 30 Tempat Wisata di Bali Terbaru yang Paling Hits Dikunjungi

2. Batu Caves (Selangor)

Batu Caves bisa jadi tempat kedua di Malaysia yang ramai dikunjungi wisatawan Indonesia dan mancanegara.

Batu Caves merupakan tempat wisata berupa kuil Hindu. Pada bagian bawah Anda akan menemui sebuah patung besar Dewa Murugan setinggi kurang lebih 40 meter.

Sementara untuk mencapai kuil Anda harus menaiki ratusan anak tangga. Di bagian atas atau dalam gua, akan terbagi menjadi 3 bagian.

Jika datang pada waktu tertentu, Anda bisa melihat festival Hindu Thaipusam. Tempat wisata ini tidak dipungut biaya dan bisa dicapai menggunakan kereta atau bus.

3. Gunung Mulu National Park (Sarawak)

Tempat wisata yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO ini terkenal akan keindahan dua gua besar yang salah satunya terdapat air terjun, puncak karst, dan ragam fauna dan flora.

Anda akan diajak menyelami gua dan melihat kehidupan satwa di habitat asli. Anda juga bisa dapat menyewa kapal untuk menelusuri sungai alami dan melihat keasrian hutan hujan.

4. Langkawi Sky Bridge (Langkawi)

Tempat wisata yang disebut juga sebagai Langkawi Cable Car ini berada di Pulau Langkawi dan di atas ketinggian.

Yang terkenal dari wisata Langkawi Sky Bridge adalah jembatan suspensi berkelok yang membentang panjang. Keindahan Pulau Langkawi dengan hutan tropisnya akan tersaji dengan memesona.

Terdapat empat jenis wahana yang bisa dicoba saat datang ke tempat ini yaitu Sky Bridge, Sky Glide, Sky Cab, dan Sky Dome.

 

5. Melaka History City (Malacca)

Merujuk Malacca, kota yang terdaftar sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada 2008 ini awalnya merupakan pusat pemerintahan Malaysia di masa lampau jauh sebelum Kuala Lumpur dibangun.

Di kota ini Anda disuguhkan tata letak kotak yang seperti Eropa dan dapat mengikuti atraksi sejarah. Sejumlah tempat bahkan menjadi landmark kota tersebut seperti Christ Church, A Famosa, Malacca River, Jonker Street Night Market, dll.

 

6. Legoland Malaysia (Johor Baru)

Wisata ini paling cocok dikunjungi bersama buah hati Anda juga wajib bagi Anda yang penggemar mainan Lego. Merujuk laman resminya, taman bermain Legoland memiliki dua wahana berbeda yakni, Legoland Theme Park dan Legoland Water Park.

Selain dua wahana itu, terdapat wahana akuarium dengan Lego sebagai hiasannya. Anda juga dapat merasakan pengalaman menginap di hotel Lego.

Berlokasi di Johor Baru yang dekat dengan Singapura, Anda bisa mendarat di Bandara Changi ataupun Senai untuk memangkas waktu. Sementara waktu yang dibutuhkan lebih lama jika Anda mendarat di Kuala Lumpur.

7. Genting Highland

 

Tempat wisata ini berada sekitar 40 – 50 km dari Kuala Lumpur. Di lokasi wisata ini Anda akan banyak menemui ragam hiburan seperti kasino, taman bermain, wisata alam, pusat perbelanjaan, wisata kuliner, dan lain sebagainya.

Salah satu wahana yang wajib Anda coba adalah wahana Awana SkyWay. Anda akan merasakan sensasi seperti melayang karena lantai gondola yang Anda naiki terbuat dari kaca tebal.