Kategori
Intisari

Ini 5 Destinasi Wisata Indah di Belanda

4. The Hague (Den Haag)

Kota terbesar ketiga di Belanda setelah Amsterdam dan Rotterdam. Merupakan pusat pemerintahan dan ibukota provinsi Selatan Belanda. Di kota inilah dulunya Konferensi Meja Bundar (KMB: 23 Agustus-2 November 1949) diadakan antara Indonesia, Belanda dan BFO (Bijeenkomst voor Fereraal Overleg)/Perwakilan Negara-negara ciptaan Belanda di Kepulauan Indonesia.

Konferensi yang menitahkan Belanda menyerahkan kedaulatan Republik Indonesia Serikat. Sebelum KMB ada tiga Konferesensi yang terlebih dahulu diadakan antara Belanda dan Indonesia yaitu: Perjanjian Linggarjati (1947), Perjanjian Renville (1948 dan Perjanjian Roem-Royen (1949).

Setiap kota memiliki type dan ciri khas masing-masing. ciri khasnya kota Den Haag yakni Anda akan merasakan arsitektur bangunan abad 12-13 M dan sekaligus bangunan-bangunan Modern. Kota yang tenang, nyaman dan ramah lingkungan. Penduduknya kebanyakan menggunakan sepeda ontel. Kendaraan transportasinya ada Tram, Bus dan Taksi. Transportasi di sini terbilang mahal dibanding negara Eropa lainnya.

Baca juga:  Fenomena Habib Syekh, 5 Fakta Menarik tentang Pelantun Salawat Terpopuler Ini

Saya sangat menikmati kota ini. Menyusuri lekuk-lekuk lorongnya. Menikmati arsitekturnya. Membaca hiruk-pikuk penduduknya. Kafe-kafe yang berjejer di sepanjang jalan. Orang-orang bule yang berkerumun dan mondar-mandir di sepanjang jalan yang dulunya sewaktu kecil saya merasa aneh dan kegirangan saat melihat ada orang bule masuk kampungku.

Bagiku, gedung yang istimewa di DenHaag adalah gedung utama dimana diadakan KMB yakni gedung Ridderzaal. Gedung ini berada di kompleks banunan kuno parlemen Belanda yang disebut Binnenhof. Arsitektur benteng cita rasa Gotic. Di sampingnya ada danau Hofvijver, danau mungil yang ditingkahi angsa-angsa cantik yang mengambang.

Alvian Iqbal Zahasfan

Oleh Alvian Iqbal Zahasfan

Doktor pada Universitas Dar El hadith El Hassania, Rabat, Maroko. Pernah jadi santri di Ponpes Nurul Jadid Paiton-Probolinggo, Ponpes Al-Ghazali Karangrejo-Tulung Agung, PIQ Singosari-Malang, Al-Ma’had Darus-Sunnah Al-‘Dauli li Ulumil Hadis Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *