Kategori
Intisari

Ini 5 Destinasi Wisata Indah di Belanda

3. Leiden

Kota yang tidak asing di telinga mahasiswa Indonesia. Ya, di kota itu terdapat Universitas Leiden yang terkenal, yang perpustakaannya banyak menyimpan buku dan manuskrip dunia khususnya Nusantara. Ada 26.000 manuskrip. Untuk pinjam buku harus punya kartu Universitas Leiden.

Semua buku yang ada di Indonesia ada di sana, baik yang lama maupun yang baru terbit. Gus Dur sempat menyalurkan hobi “gilanya” di perpustakaan ini sewaktu beliau muda. Adapun sistem kampusnya laiknya Harvard dan Oxford. Yakni mengadopsi sistem Pesantren; Diasramakan. Malamnya ada mudzakaroh (diskusi).

Di kota ini kita juga bisa mengunjungi rumah yang pernah ditinggali orientalis besar Snouck Hurgronje (1857-1936 M) yang dulu pernah menyamar di Mekkah sebagai Syekh Abdul Jabbar, pernah berguru kepada Syekh Nawawi Al-Bantani (w. 1813-1897). Leiden merupakan kota yang tenang dan cocok untuk belajar bagi mahasiswa. Kanal-kanalnya mempercantik kota ini dan menyejukan pandangan. Siapa saja akan dibuat betah tinggal dan belajar di sana.

Baca juga:  Tere Liye Sindir Orang yang Sok-sokan Hormati Mereka yang Tidak Puasa
Alvian Iqbal Zahasfan

Oleh Alvian Iqbal Zahasfan

Doktor pada Universitas Dar El hadith El Hassania, Rabat, Maroko. Pernah jadi santri di Ponpes Nurul Jadid Paiton-Probolinggo, Ponpes Al-Ghazali Karangrejo-Tulung Agung, PIQ Singosari-Malang, Al-Ma’had Darus-Sunnah Al-‘Dauli li Ulumil Hadis Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *