• 102
  •  
  •  
  •  
    102
    Shares

DatDut.Com – Yayasan Pendidikan Islam Al Isti’aanah atau lebih dikenal dengan YAPA didirikan pada tanggal 23 September 1995 di desa Cileungsi Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Para pendirinya adalah Asep Saepudin, Lili Dahlia, M. Suma, Cahyar Komara Sugilar, dan Jamaludin.

Pada awalnya, yayasan ini hanya menyelenggarakan pendidikan nonformal yaitu Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) dan Taman Kanak Kanak Al Qur’an (TKA) yang berdiri di atas tanah wakaf dari Bapak Suma (Kakek) seluas 210 m2.

Seiring perkembangan zaman, saat ini Yayasan Pendidikan Islam Al -Isti’aanah telah menyelenggarakan pendidikan formal dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT), SDIT, SMP dan SMK YAPA.

YAPA juga mengadakan pendidikan non/informal, yaitu Ujian Kesetaraan Paket A,B, dan C dengan luas tanah lebih kurang 12.000 M2 dan luas bangunan kurang lebih 3.210 M2.

Saat ini Al Isti’aanah juga sedang mengembangkan pendirian pesantren terpadu di atas tanah wakaf seluas 3,7 Ha. yang berlokasi di Desa Tanjungrasa Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor.

Baca juga:  Pesantren Nurul Huda Sukaraja Lahirkan Alumni Berkualitas

Selain pesantren, YAPA juga mempunyai obsesi untuk mendirikan perguruan tinggi pertama di kawasan Cileungsi yang berbasis pesantren agar masyarakat di sekitar Cileungsi tak perlu jauh-jauh bila ingin berkuliah.

Banyak prestasi yang telah diukir oleh yayasan ini. Di antaranya adalah juara 1 lomba hadrah marawis tingkat anak anak yang diselenggarakan oleh Taman Wisata Mekarsari (2005).

Juara 1 Cerdas Cermat Agama Islam tingkat MDT Se Kabupaten Bogor, Juara 2 Adzan Tingkat MDT Se Kabupaten Bogor, Juara 1 Pencak silat Putri tingkat SMP se Kabupaten Bogor (Tahun 2014), Juara 1 LKBB tingkat SMK Se Kabupaten Bogor (2017), dan banyak lagi prestasi lainnya.

Saat ini YAPA telah memiliki 3 gedung berlantai dua dan tiga, lab. Komputer, ruang perpustakaan, studio musik, lapangan putsal, basket, volley, dan masjid.

 

Di samping bergerak di bidang pendidikan, Yayasan Al Isti’aanah juga mendirikan BMT (Baitul Mal Wattamwil), di mana salah satu programnya adalah menyediakan dana talangan haji, bekerjasama dengan Bank Syari’ah Mandiri dan Bank Permata Syari’ah.

Baca juga:  Ini 5 Kelebihan Pondok Pesantren Modern

YAPA juga memfasilitasi para pedagang kecil dengan menyewakan lahan untuk kegiatan pasar malam, dua kali dalam seminggu.

Adapun kegiatan sosial yang dilakukan oleh Yayasan Al Isti’aanah adalah dengan mendirikan rumah asuh (asrama) bagi murid murid yatim dan kurang mampu, serta membiayai pendidikan anak anak asuh di luar lingkungan asrama.

 

Komentar

Redaksi

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga dan sudut pandang yang khas nan unik.
Redaksi
  •  
    102
    Shares
  • 102
  •  
  •  

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.