Siapa Von Edison Alouisci, Akun Medsos Anti-Wahabi Ekstrim dan Misterius?

  • 1.3K
  •  
  •  
  •  
    1.3K
    Shares

Dibaca: 15476

Waktu Baca5 Menit, 7 Detik

DatDut.Com – Kalau Abu Janda al-Boliwudi tergolong sosok misterius bagi kebanyakan pengguna FB, beda lagi dengan akun bernama Von Edison Aloisci ini. Ia masih menunjukkan identitas diri, meski mungkin tetap dianggap sebagai akun kurang jelas.

Kalau Abu Janda melabeli akunnya dengan kata Ustad, nama Von Edison justru terkesan aneh dan kebaratan. Kalau Abu Janda adalah sosok yang tak jelas alamat rumah dan kontak resmi serta nama aslinya sehingga difitnah simpang siur oleh situs-situs radikal, maka Von Edison lebih berani. Ia memasang pin BBM dan Line Id di akun Facebook dan FP yang ia kelola.

Postingan-postingan Von Edison lebih tertuju khusus bagi aliran Wahabi yang akhir-akhir ini membuat resah umat Islam Indonesia karena kekakuan cara beragama mereka. Keresahan juga dipicu dari sifat mereka yang selalu merasa paling benar dalam mendakwahi orang lain yang dianggapnya selalu salah dan ahli bidah. Lebih dalam mengenal sosok akun Edison, berikut beberapa hal terkait akun Von Edison Alouisci:

[nextpage title=”1. Akun FB, Fans Page, Blog yang Dikelola Von Edison”]

1. Akun FB, Fans Page, Blog yang Dikelola Von Edison

Von Edison sedikitnya memiliki 2 akun FB dan mengelola 1 fans page aktif dengan nama sama. Namun tak menutup kemungkinan adanya akun lain yang bertujuan untuk menjatuhkan dan memfitnah dirinya. Ini tak lepas dari sepak terjangnya yang aktif memposting tanggapan-tanggapan keras terhadap aliran radikal.

Dari kedua akun Von Edison aAlouisci, akun dengan url https://www.facebook.com/von.edison.al adalah yang paling aktif. Meskipun demikian, akun lain dan FP-nya masih sering update dan memiliki banyak follower.

Selain akun medsos FB, Von Edison juga mengelola beberapa blog yang juga berisi berbagai tulisan tentang aliran keras dalam Islam yang saat ini terus menunjukkan gerakan masifnya. Blog yang ia kelola antara lain tercantum di akun Fb tersebut yaitu: http://vonedison.wordpress.com, http://v-e-alouisci.blogspot.com, dan http://vonedison.blogspot.com.

[nextpage title=”2. Postingan yang Unik dan Menyentil”]

2. Postingan yang Unik dan Menyentil

Berbeda dengan Abu Janda yang aktif memposting berbagai tanggapan dan tulisan gaya satir terkait berbagai isu nasional khususnya kasus terorisme dan banyak merambah isu politik, Von Edison lebih sering menyanggah segala statemen yang umum muncul dari kalangan Wahabi.

Kebanyakan lebih mirip orang mengomel. Namun omelannya itu bila dipikir seksama bukanlah tanpa dasar dan realita. Hanya saja ia tak mau berlelah-lelah menghadirkan tulisan ilmiah di akun FB nya. Tulisan-tulisan berbobot ilmiah banyak diunggah di blog yang ia kelola.

Baca juga:  Ini 10 Meme tentang Mudik dan Lebaran yang Wajib Kamu Share

Sentilan, ocehan dan umpatan yang ditulisnya tentu saja menyulut kemarahan orang/golongan yang dituju. Maka tak heran, salah satu pengguna media google + menebar kabar bahwa Von Edison tak lain adalah mualaf yang bertujuan memecah belah umat Islam. Seperti biasa, stempel tumpang tindih juga dialamatkan kepada sosok von Edison.

Contoh postingan menohok akun Von Edison misalnya soal simpang siurnya penamaan Wahabi. Seperti ini tulisannya…

WAHABISIANA WAHABINGUNG.

Anda mungkin tahu kalo byk ustadz ustadz wahabi berceloteh simpang siur penamaan WAHABI. Di satu waktu wahabi mengatakan bahwa penamaan wahabi berasal dari syiah. Di waktu lain wahabi memvonis bahwa panggilan wahabi berasal dari dunia barat yang benci islam. Di waktu lain lagi wahabi mengatakan panggilan wahabi berasal dari Abdul Rustum. Kadang-kadang wahabi bangga dibilang wahabi karna itu merupakan nisbat ke pengikut dakwah Muhammad bin Abdul Wahab. Pernah juga mereka mengklaim bahwa Rasulullah adalah wahabi. Bahkan Ulama salaf,tabiin,tabiun,ulama madzab mereka klaim wahabi padahal mereka mana tahu adanya wahabi krn wahabi baru muncul berabad abad jaraknya alias baru 200 tahunan lalu..era ibnu saud yahudi yg menjajah dinasti khalifah arab… dan mengubahnya jd kerajaan arab saudi.(kerajaan bidah) nah dgn macam macam klaim nama wahabi ini…Akhirnya, antar wahabi kebingungan mengenai identitasnya sendiri.sesama wahabi saja lain lain cerita.

Contoh:

ZAKIR NAIK Bilang penamaaan wahabi dari syiah. FIRANDA CS bilang itu WAHABI RUSTUM. BIN BAZZ bilang WAHABI nama golongan Muhammad bin abdul wahab. BERAPA USTADZNYA ada yg bilang itu nama dr NAMA ALLAH. Macam macamlah dongengan para ustadz wahabiyun ini…mentara pengekornya cuma MEMBEO..NURUT SAJA dari ustadz mana yang ia denger dan baca..mentara ama ustad lain yg lain lagi ceritanya MENEKETEHE …,”

Nah, silakan Anda pikirkan kebenaran omelan tersebut. Adakah di antaranya fitnah tanpa fakta? Anda bisa teliti kebenaran tulisan itu dengan membandingkan berbagai tulisan terkait asal-usul penamaan Wahabi. Ujung-ujungnya akan Anda temukan kebenaran omelan itu.

[nextpage title=”3. Blak-blakan dengan Kontak Diri”]

3. Blak-blakan dengan Kontak Diri

Benar atau tidak benar data yang disuguhkan, namun Von Edison termasuk blak-blakan soal jati diri. Meskipun belum ada ulasan yang valid dan meyakinkan tentang dirinya, namun kontak yang ditampilkannya di berbagai akun medsos menunjukkan dirinya tidak bersembunyi. Contohnya, Pin BBM yang ia tampilkan di FB nya adalah 54CB428E, Line ID: 114.6666.

Baca juga:  Jangan Keterlaluan Kalau Mau Cocokologi

[nextpage title=”4. Sedikit Informasi Jati Diri Von Edison”]

4. Sedikit Informasi Jati Diri Von Edison

Sedikit data yang menguak rasa penasaran terhadap sosok Von Edison adalah profil yang dimuat di situs santri.net. Dalam website rintisan santri itu, Von Edison termasuk dalam jajaran kontributor yang telah menulis beberapa artikel.

Dalam keterangan profil, dikatakan bahwa Von Edison Alouisci berasal dari Palembang. Meski namanya terdengar asing dan aneh bagi lidah Indonesia, ia adaah seorang muslim. Kegiatan yang ditekuninya antara lain sebagai peneliti dan penulis aliran Ahlusunnah wal jamaah, sebagai senior bidang Teknik Elektro di salah satu perusahaan besar BUMN, Anggota ORARI (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia) di bawah lisensi Kominfo. Disebutkan juga bahwa Von Edison cukup menguasai IT dan merupakan alumni al-Quds University, Gaza, Palestina.

Dalam salah satu komentarnya di FB, Von Edison menyebutkan bahwa istrinya adalah warga Palestina.

[nextpage title=”5. Tuduhan Khas Buat Von Edison”]

5. Tuduhan Khas Buat Von Edison

Salah satu akun pengguna Google + bernama Wardah Jamilah menulis tuduhan khas buat orang-orang yang mengusik keasyikan kelompok Wahabi. Menurutnya, Von Edison Alouici tidak lain hanyalah salah satu orang dari kalangan Syiah yang memecah belah umat Islam. Sebuah tuduhan yang selalu jadi senjata andalan untuk melawan orang-orang yang berani melawan ulah Wahabi.

Namun Von Edison menjawab tulisan itu di kolom komentar. Karena Wardah Jamilah membicarakan profil pribadinya, maka Von meninggalkan jejak berupa url merujuk situs santri.net yang menjelaskan profil dirinya.

Demikian beberapa hal yang bisa disuguhkan terkait akun Von Edison Alouisci.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Nasrudin
  • 1.3K
    Shares

2 thoughts on “Siapa Von Edison Alouisci, Akun Medsos Anti-Wahabi Ekstrim dan Misterius?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *