Ulama Kita Tidak Anti Kata Jihad

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Beberapa hari ini saya menyaksikan di timeline ada video dari seorang kiai yang berpendapat bahwa para kiai menghindari pembahasan jihad.

Lalu, video itu dialihwahanakan menjadi poster yang lalu juga hilir-mudik di timeline karena direplikasi oleh kelompok kepentingan.

Saya mencoba memahami apa yang disampaikan kiai tersebut dan insya Allah sedikit bisa memahami alur pikirnya.

Insya Allah maksudnya baik. Hanya memang saya tidak setuju sepenuhnya dengan pendapatnya.

Saya hanya khawatir kata jihad justru semakin dijauhi, padahal Islam hari ini buah dari jihad generasi-generasi sebelumnya. Dan, sebetulnya tidak ada masalah dengan kata ini. Pemaknaannya saja yang perlu dikontekstualisasi.

Baca juga:  Masa Tadarusan Saja Bidah! Belajarlah dari Diskusi di Universitas Umm Al-Qura Mekah Ini!

Lalu, betulkah para kiai dan ulama kita menghindari kata jihad? Nah, ini menarik. Ulama kita pernah menyerukan resolusi jihad.

Disertasi saya juga mengkaji khotbah jihad yang diserukan ulama Aceh saat Perang Aceh. Dan, model khotbah ini juga banyak ditemukan di berbagai daerah.

Tentu kata jihad dalam dua konteks ini, berkaitan dengan situasi perang. Namun, setidaknya itu menjadi bukti bahwa kata jihad dipergunakan oleh ulama kita sesuai konteksnya.

Sekali lagi singkatnya, tidak ada yang salah dengan kata jihad. Sebagai muslim, tak semestinya kita menjauhkan muslim lain dari kata ini.

Yang perlu kita lakukan adalah mengedukasi pemaknaan terhadap kata ini, bukan berupaya meminimkan apalagi berpretensi untuk menghilangkan kata ini.

Baca juga:  Surga Bukan Ditentukan karena Anda NU, Muhammadiyah, Salafi, Syiah, JIL atau ISIS!
%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Moch. Syarif Hidayatullah

Pendiri DatDut.Com. Pegiat dunia literasi dan penerjemahan. Pengkaji hadis, linguistik, naskah klasik, dan wacana media.
Moch. Syarif Hidayatullah

Latest posts by Moch. Syarif Hidayatullah (see all)

One thought on “Ulama Kita Tidak Anti Kata Jihad

  1. Imho, tulisan tentang menghindari membahas jihad itu berisi ajakan bagi setiap orang utk berhati hati membahas masalah jihad, maknai kata jihad dengan tepat. Oleh karena itu, segera difollow up tulisan ini dengan artikel yang membahas pemaknaan jihad sesuai dengan konteks kekinian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close