Headlines Kampus

UIN Jakarta Tempati Universitas Terbaik di Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali menorehkan prestasi membanggakan. Setelah menjadi yang tertinggi di peringkat Webometrics di ingkungan Perguruan Tinggi Keaagamaan Islam Negeri (PTKIN), kini UIN Jakarta menempati rangking ke-13 setelah UGM, UI, dan ITB.

Seperti dilansir Sindonews.com, UIN Jakarta berhasil menempati ranking tertinggi dalam pemeringkatan UniRank atau sebelumnya dikenal 4 International Colleges & Universities (4ICU). Selain itu, UIN Jakarta juga berhasil duduk dalam urutan kompetitif di antara urutan berbagai perguruan tinggi nasional terkemuka yang diperingkat salah satu lembaga pemeringkat populer saat ini.

Dalam ranking perguruan tinggi yang dirilis http://www.4icu.org/id/ per Juli 2017, UniRank menempatkan UIN Jakarta pada posisi 13 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Posisi ini menempatkan UIN Jakarta sebagai PTKIN terbaik dari berbagai PTKIN yang baru masuk dalam perankingan di urutan 35 besar.

Baca juga:  Meragukan Komitmen Bernegara Umat Islam Indonesia Kini, Perlukah?

Selain itu, dengan menempati di urutan 13 besar, UIN Jakarta bersaing ketat dengan berbagai perguruan tinggi terkemuka nasional seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (15), Universitas Jenderal Soedirman (21), Universitas Andalas (26), dan Universitas Hasanuddin (29). Ranking UIN Jakarta hanya di bawah Institut Teknologi Bandung (7), Universitas Indonesia (2), dan Universitas Gadjah Mada (1).

Menurut laman resmi 4ICU, alasan dasar penempatan UIN Jakarta pada posisi 13 besar adalah tingginya tingkat minat pendaftaran masuk (enrollment rank) para calon mahasiswa. Dalam catatan 4ICU, tingkat enrollment rank UIN Jakarta mencapai kisaran 15.000-19.999 orang mahasiswa.

Diketahui, 4ICU merupakan salah satu direktori pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang me-review 13.000 perguruan tinggi (university dan college) terakreditasi di 200 negara dengan merujuk pada popularitas web mereka.

Baca juga:  Apa Pun Nama dan Alasannya, Selama Masih Ada Perploncoan dan Kegiatan Aneh-aneh, Tetap Saja Itu Ospek!
Redaksi

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga dan sudut pandang yang khas nan unik.
Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *