Nabi Sebut 5 Tumbuhan Ini Berkhasiat Tinggi Obati Penyakit

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Mayoritas kita tentu menginginkan kesehatan selalu. Pola makan dan tidur teratur dapat membantu menjaga stamina tubuh kita.

Namun, terkadang kondisi tertentu memaksa kita beraktifitas yang dapat menguras tenaga dan pikiran. Sehingga sakit pun tidak dapat kita hindari.

Setiap penyakit pasti ada obatnya. Itulah mengapa kita dianjurkan untuk berobat apabila sakit. Ada beberapa buah dan tumbuhan yang sering kita dengar, ternyata berkhasiat mengobati penyakit.

Nabi pun menganjurkan kita berobat dengan tumbuhan tersebut. Paling tidak, 5 tumbuhan ini berkhasiat tinggi untuk mengobati penyakit, sebagaimana disebutkan dalam At-Thibbun Nabawi karya Ibnu Qayim al-Jauziyah.

1. Minyak Zaitun

Sudah tidak asing lagi bukan mendengar kata minyak zaitun? Ya, minyak  yang satu ini memiliki banyak khasiat dalam mengobati berbagai penyakit.

Selain itu, khasiatnya juga dapat digunakan untuk mempercantik kulit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak Zaitun berkhasiat tinggi  untuk mengobati konstipasi (sembelit), diabetes mellitus (kencing manis), mengurangi reaksi inflamasi atau peradangan pada sendi dan tulang.

Hal yang tidak kalah menarik adalah khasiat yang banyak digandrungi kaum hawa yaitu khasiat dalam menjaga kelembutan kulit, mengurangi kerutan di wajah serta memberikan kelembaban yang alami sehingga dapet terhindar dari kulit pecah-pecah dan sejenisnya.

Caranya mudah, cukup oleskan saja minyak tersebut pada bagian yang sakit, atau pada bagian kulit yang berkerut atau kasar, kemudian diamkan kurang-lebih selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Untuk penyakit diabetes dan peradangan cukup diminum 2 sendok dipagi dan sore hari. Nabi bersabda, “Gunakanlah minyak Zaitun, karena minyak Zaitun terbuat dari pohon yang penuh berkah,” (H.R. Ibnu Majah).

Baca juga:  Mengapa Kopi Selalu Menang?

2. Delima

Delima memiliki bentuk buah yang sangat unik kecil berbiji seperti kristal berwarna kuning, merah muda hingga merah keunguan. Khasiat yang ditawarkan dari buah delima ini ada untuk mengobati sakit tenggorokan, sakit dada, dan melegakan batuk. Nabi tidak menyebutkan delima dalam hadisnya, namun ia disebutkan dalam Alquran surah ar-Rahman ayat 86.

3. Madu

Cairan kental berasa manis dan dihasilkan dari lebah ini memiliki khasiat yang cukup banyak dalam mengobati berbagai penyakit, seperti batuk. Tidak hanya delima yang dapat melegakan batuk, ternyata maudu pun memiliki khasiat yang tidak kalah untuk melegakan batuk. Cukup minum madu satu sendok makan atau campurkan madu ke dalam segelas air hangat lalu diminum selagi hangat.

Khasiatnya adalah dapat mengencerkan dahak sehingga tenggorokan terasa lega. Selain itu, madu juga bisa digunakan sebagai penawar racun pada saat terjadinya diare.

Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri bahwa ada seorang lelaki yang datang pada Nabi bertanya tentang obat untuk saudaranya yang perutnya melilit. Nabi bersabda, “Minumkan madu orang itu,” (H.R. Bukhari).

4. Kurma Ajwa

Buah dengan rasa manis dan menggoyang lidah ini berkhasiat untuk penyakit diabetes. Walaupun buah berwarna coklat muda hingga tua ini rasanya manis, namun justru khasiatnya dapat menurunkan gula darah dalam tubuh.

Baca juga:  Jangan Kaget Bila Ada yang Bunuh Diri! Ini 5 Penyebabnya

Pasien diabetes tidak perlu khawatir dalam mengkonsumsi kurma yang rasanya manis. Nabi bersabda, “Seseorang yang rutin mengonsumsi tujuh kurma ajwa setiap pagi, pada hari itu orang tersebut tidak terkena racun ataupun sihir,” (H.R. Bukhari dan Muslim)

5. Jintan hitam (Nigella Sativum)

Nabi bersabda, “Konsumsilah Jintan Hitam, karena dapat mengobati seluruh penyakit, kecuali kematian,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Khasiat Jintan Hitam sudah terbuksi secara ilmiah sebagai obat untuk segala macam penyakit seperti antikanker, antiinflamasi, antidiabetes, antihipertensi, antibakteri, dan lain sebagainya. Itulah beberapa manfaat tumbuh-tumbuhan yang bisa menjadi obat.

harisPenulis : Ibnu Harish | Penulis Tetap Datdut.com

Fb : Ibnu Harish

 

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga.
Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close