Trik Cepat Selesai Tugas Akhir bagi Mahasiswa Semester Tua

  • 39
  •  
  •  
  •  
    39
    Shares

DatDut.Com – Menjadi mahasiswa baru ketika awal masuk perkuliahan tentu rasa semangat masih menggebu-gebu, keinginan agar cepat selesai kuliah, kemudian mendapatkan pekerjaan yang layak serta hidup bahagia.

Inilah yang sering dipikirkan oleh beberapa mahasiswa yang baru menduduki bangku kuliah yang berbeda dengan mahasiswa yang berada dipenghujung semester yang biasanya disibukkan dengan tugas akhirnya, baik itu skripsi, tesis atau bahkan disertasi.

Kebingungan mencari judul apa yang akan dianggkat dalam pembuatan tugas akhirnya, itu hal yang biasa yang dijumpai oleh beberapa mahasiswa disemester akhir.

Dalam tulisan ini sedikit akan dipaparkan beberapa tips menyelesaikan tugas akhir untuk para mahasiswa yang sering dan sedang bingung menghadapi dan menyelesaikan tugas akhirnya sekaligus sedikit meluruskan alur pikir dalam mengawali penyelesainya. Berikut beberapa tahapan yang menurut penulis perlu dilakukan:

1. Menentukan Fokus Penelitian

Kebiasaan buruk para mahasiswa yang terjadi adalah menentukan judul penelitian dalam upaya menyelesaikan tugasnya.

Seharusnya manakala akan membuat sebuah penelitian yang perlu dilakukan adalah menentukan fokus penelitian atau apa yang akan dibahas, bagian mana yang akan ditekuni hingga menjadi sebuah pembahasan yang menarik untuk dibahas.

2. Menemukan Permasalahan

Setelah pokok peneletian itu memiliki fokus, maka langkah selanjutnya adalah terus mempelajari apa yang menjadi fokus tersebut hingga pada saatnya dalam proses memahami yang menjadi fokus penelitian tersebut munculah sebuah pemasalahan.

Tentu inilah fungsinya sebuah penelitian perlu untuk dilakukan, tak lain adalah tujuanya menemukan sebuah solusi dari permasalahanya.

Namun tidak semua penelitian itu dilakukan berawal dari permasalahan, ada berbagai pembahasan yang juga memiliki potensi untuk dibahas. Artinya memiliki potensi.

Penelitian ini kebanyakan penelitian yang berbentuk kualitatif yang masalah-masalah itu muncul ketika berada dilapangan.

3. Merumuskan Judul Penelitian

Menentukan sebuah penelitian itu adalah hal yang sangat penting dalam sebuah penelitian. Tentu judul tersebut sesuai dengan masalah penelitian dan sesui dengan program studi yang diambil.

Baca juga:  Lima Hal yang Sering Dirasakan Mahasiswa Tingkat Akhir

Menggunakan bahasa yang jelas dan baku agar mudah dipahami oleh pembaca yang tentu sesui dengan kemampuan seorang peneliti itu sendiri.

4. Membuat Latar Belakang

Isi dari latar belakang secara singkat adalah mengapa penelitian itu dilakukan. Selain itu juga berisi gamabaran umum mengengai pokok permasalahan yang akan dibahas.

Menjelaskan ketidaksingkronan antara kondisi ideal dengan kondisi aktual. Mengkordinasikan ketidak sesuaian antara teori dengan aplikasi.

Kesenjangan inilah yang menjadi permasalahan sehingga perlunya ada sebuah penelitian dilakukan untuk mencari sebab dan solusi dari masalah yang terjadi.

5. Membuat Rumusan Masalah, Tujuan, dan Kegunaan Penelitian

Setelah membuat latar belakang masalah, maka akan terlihat masalah-masalah yang diungkapkan dalam penelitian. Dari sinilah dapat dibuat rumusan masalah yang sesui dengan judul dan masalah penelitian.

Salanjutnya adalah mengungkapkan tujuan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah dan mengemukakan kegunaan penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian yang akan dilakukan.

6. Membaca Hasil Penelitian Terdahulu

Membaca hasil penelitian yang telah dilakukan oleh orang-orang sebelum kita yang tentu sesuai dengan judul pembahasan yang dibahas sangatlah penting guna menghindari kesamanaan-kesamaan dengan penelitian orang lain atau jangan-jangan penelitian yang akan dilakukan ternyata sudah dilakukan oleh orang lain.

Walaupun terdapat kesamaan dengan pembahasan penelitian orang lain setidaknya memungkinkan masih terdapat ruang/fokus yang masih belom dibahas oleh peneliti terdahulu sehingga menjadi garapan penelitian kita.

Setelah jelas posisi tentang penelitian yang akan dilakuakan disinilah akan perlunya disusun teori-teori yang mendukung dengan pembahasan yang akan dilakukan serta akan muncul hopitesis-hipotesis terhadap penelitian yang dilakukan, setidaknya ada gambaran trawangan bagaimana hasil dari penelitian yang akan dilakukan.

Jadi, penyusunan hipotesis itu penting pada penelitian yang berjenis kuantitatif.

7. Menentukan Metodologi Penelitian

Manakala akan menentukan jenis dan pendekatan penelitian setidaknya relevan dengan tujuan penelitian dan manakala akan menentukan desain penelitian setidaknya relevan dengan pendekatan dan tujuan penelitian yang akan dilakukan.

8. Mulai Terjun Kelapangan

Jika dipandang teori dan metodologi telah sempurna maka tahapan selanjutnya adalah memulai melakukan penelitian dilapangan dengan terlebih dahulu menyelesaikan kewajiban administrtif, baik dari perizinan hingga persiapan dengan alat pengumpul data (APD). Sehingga memudahkan proses penelitian dilapangan.

Baca juga:  Pasti Ada Rahasia Tuhan Ketika Kau Diterima di Jurusan yang Sebetulnya Tak Kau Minati

Dari kedelapan di atas setidaknya dapat dipersiapkan bagi para mahasiswa ketika telah berada disemester akhir. Dengan mempersiapkan trik diatas setidaknya akan membantu dan mempercepat selesai dalam penyusunan tugas akhir yang akan dihadapi.

Namun tidak kalah penting mahasiswa harus memiliki kepedulian terhadap dosen pembimbing. Mahasiswa harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing.

Banyak di luar sana mahasiswa molor waktu bahkan tidak dapat selesai tugas akhir dan akhirnya berhenti gara-gara bermasalah dengan dosen pembimbing. Menghadapi tugas akhir memang harus dilakukan dengan benar-benar tulus, apalagi menemui dosen pembimbing yang sibuk untuk ditemui atau yang lainya.

Menghadapi tugas akhir memang harus benar-benar dipersiapkan dan tidak bisa hanya sekedar sampingan saja. Jadi manajemen waktu juga tak kalah pentingnya dalam proses penyelesaian tugas akhir.

Selalu besikap optimis. Mahasiswa harus memiliki keyakinan akan mampu dalam menyelesaikan. Karena bisa jadi sesuatu yang kita pikirkan itulah yang akan terjadi.

Dan yang terakhir adalah harus memiliki keyakinan penuh bahwa kemampuan manusia adalah terbatas jadi transendensi ilahy robby amat sangatlah penting. Terlebih dalam menulis, terkadang seseorang pandai berbicara akan tetapi menuangkan dalam bentuk tulisan memiliki kesulitan.

Oleh sebab itu bersandar kepada Allah akan lebih baik dalam setiap merangkai kata dalam penyelesaian tugas akhir.

 

Komentar

Supangat

Supangat

Guru di MTs Nurul Huda Sukaraja, Ketua Pembina Yayasan Nurul Mustaqim Bandar Jaya, dan Tenaga Pendidik dan Kependidikan di STKIP Nurul Huda Sukaraja.
Supangat
  •  
    39
    Shares
  • 39
  •  
  •  

One thought on “Trik Cepat Selesai Tugas Akhir bagi Mahasiswa Semester Tua”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *