Tahu Keistimewaan Tahajud tapi Sulit Bisa Bangun Malam, Kamu Perlu Coba Tip dari Para Ulama Ini!

  • 57
  •  
  •  
  •  
    57
    Shares

DatDut.Com – Bangun malam memiliki keistimewaan tersendiri. Banyak orang sukses yang mengakui kehebatan bangun malam. Bahkan, ada yang mengatakan kesuksesan kita di esok hari tergantung tahajud kita di malam hari. Ulama pun mengatakan, barang siapa yang ingin kemulian dan kesuksesan, maka bangunlah pada waktu malam untuk beribadah.

Begitu juga Rasulullah saw. bersabda bahwa tengah malam adalah waktu yang paling disenangi Allah swt.. Suatu hari beliau ditanya apa ada waktu yang paling Allah cintai. Rasulullah menjawab, “Iya, tengah malam yang paling tengah,” (HR. Ibnu Majah).

Rasulullah juga pernah ditanya doa yang seperti apa yang paling didengarkan oleh Allah Swt.? Rasululah menjawab, “Tengah malam yang paling akhir dan setelah salat maktubah,” (HR. Turmudzi).

Begitulah keutamaan bangun malam. Akan tetapi, bangun malam tidak segampang membalikkan telapak tangan. Apalagi bagi orang yang tidak terbiasa. Sangat sulit untuk bangun. Oleh karena itu, saya akan berbagi tips agar bisa bangun malam.

Pertama, keinginan. Jika kita ingin bangun malam, maka kita harus memiliki keinginan kuat untuk bangun. Sebab, segala sesuatu muncul dari keinginan. Lalu, bagaimana cara memiliki keinginan? Bisa membaca keutamaan-keutmaan bangun malam, meminta nasihat pada orang saleh, atau berkumpul dengan mereka.

Baca juga:  Gagal Move On, Ini 5 Nasihat Ahli Tasawuf

Kedua, jangan tidur terlalu malam. Tidur terlalu malam akan membuat kita sulit bangun malam. Sebab, kita akan merasa sangat ngantuk. Dan, ketika tertidur, kita akan tidur pulas. Ada bunyi apa saja tidak bisa bangun.

Ketiga, menyucikan diri dari hadas. Hal yang terpenting lagi adalah menyucikan diri dari hadas kecil maupun hadas besar. Maka sebelum tidur seyogayanya berwudu bagi orang yang tidak punya wudu dan mandi besar bagi orang yang junub.

Keempat, menyetel alarm. Penting bagi kita untuk menyetel bunyi alarm. Sebab, bunyi alarm sangat membantu kita untuk bangun malam. Bunyi alarm jangan yang mendayu, tapi yang menjengkelkan, seperti bunyi kruyuk ayam. Atau bunyi-bunyi yang membuat kita semangat untuk sukses, seperti puisi tentang ibu. Bukankah kita ingin sukses di antaranya karena ingin membahagiakan orangtua? Selain alarm, kita juga bisa meminta bantuan kepada teman, saudara, atau orangtua. Meminta mereka agar membangunkan kita.

Kelima, membaca doa sebelum tidur. Sebelum mata benar-benar terpejam, kita usahakan membaca doa sebelum tidur. Juga ditambah dengan doa-doa yang lain, seperti ayat kursi atau yang lainnya. Lagi, berdoa agar bisa bangun malam.

Keenam, saat terbanung langsung membaca doa setelah tidur. Tak kalah pentingnya adalah ketika terbangun dari tidur, harus lagsung ‘menyadarkan’ diri. Caranya, dengan membaca doa setelah tidur. Setelah itu, kita langsung bangkit. Beranjak menuju tempat wudu. Jika setelah terbanun tidak langsung beranjak, besar kemungkinan keinginan kita akan tertidur lagi. Bangunnya, ketika subuh berkumandang. Bahkan, bisa ketika pagi menjelang.

Baca juga:  Pilihlah Pesantren untuk Anak Anda Berdasarkan 5 Kriteria Ini

O iya, agar tidurnya dapat pahala, jangan lupa niati yang baik. Misalnya agar semangat beraktivitas di esok hari. Lagi, jika ingin cepat terlelap, jangan lupa sambil berzikir atau baca salawat. Kita pasti cepat berlayar di alam mimpi. Sebab, setan tidak rela kita banyak pahala. Hehehe…

Semoga bermenfaat..!

 

 

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

A Saifuddin Syadiri
  •  
    57
    Shares
  • 57
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close