Tip Hemat Uang Belanja bagi Mama Muda

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Mengatur keuangan tidaklah mudah bagi seorang istri. Terlebih dengan penghasilan suami yang masih pas-pasan. Hidup ngontrak. Punya anak lagi.

Nah! Untuk itu, saya ingin sekali berbagi tips menghemat uang belanja agar setiap kebutuhan keluarga tercukupi dan semakin disayang suami.

1. Buat Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Membuat catatan pemasukan dan pengaluaran ini membantu banget dari pengalaman saya sendiri. Karena kita jadi tahu berapa uang yang bisa kita kelola dan untuk apa saja nantinya.

Jadi, belanja tidak asal bawa uang berlebihan. Tapi dengan membawa uang dengan jumlah yang dibutuhkan. Sehingga habis sesuai kebutuhan.

2. Memasak Sendiri

Sebagai seorang ibu dan istri tentu memasak untuk keluarga merupakan suatu kebaikan. Selain dapat menambah cinta pada pasangan dan anak-anak.

Dengan memasak sendiri pun kandungan gizi menu makanan kita jadi tahu. Kebersihan selalu terjaga. Apalagi dapat menghemat uang belanja.

Karena jika tiap hari harus menghabiskan uang untuk beli lauk matang hanya akan mendekatkan kita pada pemborosan.

Makan sehari tiga kali misalnya. Satu orang lima ribu. Kalikan tiga. Jadi lima belas ribu. Kalikan lagi dengan penghuni rumah. Sudah berapa dalam sehari pengeluarannya?

Lebih baik masak sendiri bukan? Beli sawi dua ribu. Ditumis. Ikan bandeng setengah kilo sepuluh ribu. Habis dua belas ribu. Hemat banget. Makan sudah bisa sampai sehari.

Tapi jika memang sesekali ingin beli lauk matang juga tidak apa. Yang penting kita tetap cerdas dalam membelanjakan uang. Kasihan suami juga kan, kerja demi kita dan anak-anak. Tapi uang habis begitu saja.

Baca juga:  Ibu Rumah Tangga Bukan Pengangguran

3. Jangan Beli Air Kemasan/Galon

Bayangin juga nih. Selain beli lauk matang di luar. Terus beli lagi air kemasan. Sebulan sudah bisa dibayangkan bakal habis ratusan ribu. Sayang kan?

Saya pun masak air sendiri. Tetap menyehatkan meski bukan air kemasan/galon. Dengan memasak air sendiri pun dapat menghemat pengeluaran, lo. Karena orangtua jaman dulu pun melakukan hal ini.

4. Bawa Uang Belanja Sesuai Kebutuhan

Biasanya nih ya. Ibu-ibu paling suka belanja. Jika begitu, bawa uang berapapun kemungkinan bakalan habis banyak. Tidak sesuai dengan perkiraannya ketika di rumah.

Oleh karena itu, bawa uang belanja sesuai kebutuhan ini membantu juga agar ibu-ibu tidak kebablasan pas belanja.

5. Bawa Catatan Belanja

Selain bawa uang sesuai kebutuhan, menurut saya pun perlu membawa catatan belanja. Agar kita dapat belanja sesuai kebutuhan. Bukannya melenceng pada keinginan lainnya.

6. Manfaatkan Diskon tapi Jangan Tergiur

Macam mana ini? Manfaatkan diskon tapi jangan tergiur? Yup! Dari pengalaman pribadi, belanja bulanan jika kita cari yang diskonan benar-benar mengurangi pengeluaran.

Kebutuhan rumah yang tadinya dua puluh ribu pun bisa terpotong jadi tujuh belas ribu. Lumayan kan? Belum diskonan yang lain. Kalau dikumpulkan bisa mencapai sepuluh ribu penghematan kali.

Tapi jangan sampai dengan banyaknya barang diskon, kita jadi ngeborong barang yang bukan termasuk kebutuhan. Yang tadinya mau hemat jadi kebablasan belanja. Uang ludes deh.

Baca juga:  Dalam 4 Hal Ini, Kamu Nggak Bisa Ngalahin Emak-emak, Bukti Mereka Luar Biasa

7. Iseng Ikutan Kuis atau Lomba Berhadiah

Di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Kita pun bisa memanfaatkan berbagai macam media sosial sebagai ajang mencari rejeki, lo.

Salah satunya mengikuti kuis atau lomba berhadiah. Karena banyak perusahaan dan usaha online yang ingin dipromosikan produknya dengan cara mengadakan kuis atau lomba berhadiah.

Dengan rajin mengikuti ini pun pengeluaran bisa berkurang. Karena yang tadinya harus beli keperluan anak. Kali ini tidak, karena dapat hadiah.

Tidak ada salahnya kan? Toh kita tidak mencuri. Tidak perlu malu. Dari pengalaman pribadi nih, hampir tidak pernah saya beli perlengkapan toiletries anak seperti sabun, bedak, lotion, dan sebagainya.

Belum lagi jika dapat voucher belanja. Duh! Bahagianya.

Yuk, ah! Manfaatkan media sosial juga untuk menghemat uang belanja.

Kira-kira itu lah tips hemat uang belanja ala saya ini. Yang hidupnya masih ngontrak dan penuh perjuangan. Semoga bermanfaat.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Windarti

Ibu rumah tangga yang nyambi jadi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Terbuka.

One thought on “Tip Hemat Uang Belanja bagi Mama Muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close