Untuk Kamu yang Lagi Liburan, Ini 5 Tip Hemat Pengeluaran Saat Traveling

  • 10
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

DatDut.Com – Dalam suatu perjalanan, salah satu hal terpenting adalah merencanakan agenda perjalanan dengan menentukan batas pengeluaran. Bila ingin berhemat, libur panjang yang bertepatan dengan libur sekolah biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk bepergian.

Berkunjung ke sanak saudara maupun tempat wisata favorit keluarga. Maka dari itu, ada beberapa tip agar kita bisa lebih berhemat dan memaksimalkan pengeluaran uang selama liburan berlangsung. Berikut 5 tip berhemat saat liburan:

[nextpage title=”1. Rancang Anggaran per Hari saat Liburan”]

1. Rancang Anggaran per Hari saat Liburan

Liburan tanpa perencanaan anggaran justru akan menjadi masalah tersendiri di kemudian hari. Menentukan batas pengeluaran di awal sebagai hal terpenting dalam merencanakan agenda perjalanan. Bila ingin lebih hemat, bisa dengan membatasi pengeluaran per hari sepanjang liburan. Gunakan uang seperlunya dan kebutuhan saat itu.

[nextpage title=”2. Hunting Diskon dan Promo saat Membeli Tiket”]

2. Hunting Diskon dan Promo saat Membeli Tiket

Mempersiapkan rencana perjalanan jauh hari sebelumnya turut membantu menekan biaya perjalanan. Kali ini pembahasan liburan bila dilakukan melalui pembelian tiket. Saat terbaik untuk memesan tiket perjalanan saat musim liburan adalah sekitar beberapa pekan sebelum hari-H.

Baca juga:  Ini 5 Tip Mengolah Makanan Menu Diet

Membeli tiket secara mendadak atau menit terakhir bisa beresiko membuat biaya perjalanan makin tinggi. Ada keuntungan tersendiri bila memiliki kartu kredit atau keanggotaan dari maskapai tertentu.

[nextpage title=”3. Bawa Barang Secukupnya”]

3. Bawa Barang Secukupnya

Membawa barang bawaan sedikit mungkin, maka bisa menyisakan tempat atau bagasi lebih banyak untuk perjalanan kembali dan tidak mengalami kesulitan, juga mengurangi biaya bagasi bila terbang dengan maskapai dengan biaya murah.

Selain itu dengan hanya membawa satu tas ransel dengan ukuran tertentu untuk perjalanan beberapa hari, bisa lebih mudah berpindah tempat atau bepergian dengan transportasi umum.

[nextpage title=”4. Hemat Pengeluaran Makan dan Minum”]

4. Hemat Pengeluaran Makan dan Minum

Biaya makanan merupakan salah satu anggaran terbesar saat liburan. Salah satu cara terbaik untuk menghemat adalah dengan makanan asli Nusantara, yaitu menikmati menu lokal di warung atau rumah makan yang menyajikan menu lokal.

Baca juga:  Gaji Kecil Bukan Halangan untuk Menabung, Ini 5 Langkah Mengelola Keuangan Anda

[nextpage title=”5. Tepat Pilih Penginapan”]

5. Tepat Pilih Penginapan

Menentukan pilihan tempat menginap erat kaitannya dengan berapa besar anggaran dan jenis aktivitas yang akan dilakukan selama liburan. Bila lebih banyak aktivitas di luar, tak perlu memilih tempat yang terlampau mahal atau mewah karena hanya akan dibuat istirahat pada malam hari dan kembali keluar kamar pada esok paginya. Akan sangat mubazir jika hanya dirasakan sesaat.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Reza Arga Putra

Bekerja di CIDES (Center for Information and Development Studies). Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Reza Arga Putra
  •  
    10
    Shares
  • 10
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close