Santri

Tingkah Polah Santri Ketika Dibangunkan Salat Subuh

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Santri memang unik. Bahkan kebiasaannya ketika dibangunkan untuk salat subuh pun berbeda-beda. Ada santri yang langsung bangun dan menuju kamar mandi untuk berwudu, ada juga santri yang bangun tetapi pindah tempat untuk tidur.

Banyak sekali tipe santri saat dibangunkan untuk salat subuh. Pertama adalah santri rajin. Santri tipe ini langsung bangun ketika ada bel atau suara pengurus yang membangunkan untuk salat subuh.

Malah ada santri yang sudah bangun sebelum dibangunkan oleh pengurus. Biasanya santri-santri tipe ini adalah santri yang rajin bangun pagi dan nggak mau ketinggalan untuk salat subuh berjamaah.

Kedua adalah santri yang ketika dibangunkan oleh pengurus dia langsung bangun. Biasanya juga langsung keluar dari kamar. Dengan setengah sadar santri ini berjalan, lalu pindah ke kamar atau ruangan lain untuk melanjutkan tidurnya.

Kalau santri tipe ini sedang tidur di musala atau ruang kelas, dia lebih memilih segera bangun ketika ada yang membangunkan. Bukan untuk ke kamar mandi, tapi masuk kamar dan tidur lagi. Hehe.

Baca juga:  Orangtua Juga Perlu Tahu 5 Pesan Kiai pada Santri Sebelum Liburan Lebaran Ini!

Ketiga adalah santri yang langsung ngantri. Eits, tapi tunggu dulu, ternyata ada santri yang memang langsung ngantri ke kamar mandi setelah dibangunkan oleh pengurus.

Tetapi ada juga santri yang nggak mau rugi. Santri ini memilih ngantri sambil melanjutkan tidur. Sambil jongkok dan garuk-garuk badan karena digigitin nyamuk. Seperti pepatah, sambil menyelam minum air. Asal jangan sampai kebablasan dan urutan antrinya disamber orang.

Keempat adalah tipe santri yang nggak mempan dengan suara azan yang menggelegar dan juga suara pengurus yang koar-koar untuk membangunkan. Santri tipe ini tetap saja merasa nyaman dan tentram tanpa takut jika paginya menerima takziran.

Kadang pengurus pun hampir menyerah dan meninggalkan dia tetap tertidur ketika iqamah sudah berkumandang. Ajaibnya kalau iqamah sudah berkumandang, biasanya santri ini langsung lari tunggang langgang ke kamar mandi.

Baca juga:  Wah, Ternyata Ini Toh 5 Pertanyaan yang Sering Mengharukan bagi Santri

Lalu berlari ke musala untuk salat berjamaah. Tapi tak apalah, yang penting salat berjamaah tetap terjaga agar hidup menjadi berkah dan terarah.

Nah, itu dia tipe-tipe santri saat dibangunkan di pagi hari. Kalau kalian termasuk yang mana?

 

Maftukhatul Inayah

Maftukhatul Inayah

Mahasiswa Program Studi Tarjamah Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta asal Martapura. Aktif berorganisasi dan kegiatan tulis-menulis.
Maftukhatul Inayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *