Napak Tilas Turki, Ini 5 Tempat Bersejarahnya

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Tahu film Elif? Atau, malah penggemar film impor ini? Kalau tahu film Elif, kamu jelas tahu dong asal dari film ini. Ya, film ini berasal dari Turki. Negara yang sudah menjadi republik sejak tahun 1923 ini mempunyai tempat-tempat bersejarah, lho. Nggak percaya? Mari kita simak 5 tempat bersejarah di bawah ini:

1. Istanbul

Ibu kota Turki ini mempunyai banyak nama, tergantung kebudayaan, bahasa, dan agama apa yang menguasai kota ini. Ada yang menyebut dengan Kontanstinopel, Istanbul, Bizantyum, Stamboul, dan Tsarigrad. Kalau jalan-jalan ke Turki jangan lupa mampir ke Masjid Agung Suleymaniye yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Sulaiman I. Mampir ke masjid ini yang pertama tentu saja untuk menunaikan ibadah salat bagi yang muslim. Selain itu juga, kita bisa menikmati seni bangunan dan arsitektur yang keren banget deh pokoknya. Masjid ini merupakan karya arsitektur Koca Sinan dan sangat memengaruhi perkembangan arsitektur, seni bangunan, dan pengaturan ruang di Eropa dan Asia.

2. Göreme dan Cappacodia

Ini nama lembah, ya. Bukan nama ikan, lho. Nanti dikira ikan gurame lagi. Hehehe. Lembah Göreme dan lingkungan di sekitar Cappacodia merupakan cagar alam bebatuan yang membuktikan seni Byzantium. Kalau datang kesini pasti takjub deh. Dijamin sampai terbengong-bengong pokoknya. Bagaimana tidak, ada sebuah lokasi yang bebatuannya itu menjulang tinggi dan hasil pahatan. Eits, tapi bukan pahatan manusia, loh ya. Tapi pahatan hasil erosi. Duhbagaimana tuh, ya bentuknya, mending langsung ke sana aja deh. Kalau sekedar mengobati rasa penasaran, ya saya kira cukup tanya ke mbah Google.

Baca juga:  Mau Coba Sensasi Rasa Durian Merah Banyuwangi? Ini 5 Fakta Menariknya

3. Kota Kuno Safranbolu

Selain kota Istanbul ada juga kota kuno yang bernama Safranbolu. Kalau lagi laper-laper gini baca Safranbolu jadi sarapan bolu. Wah, bisa salah fokus, nih. Kota Safranbolu adalah sebuah situs kafilah di rute perdagangan utama Timur Tengah. Kota ini masih menanamkan nilai-nilai tradisinya. Di kota ini tersebar monumen-monumen, situs-situs, kelompok bangunan, dan sebuah area perdagangan sejarah. Kota kuno ini sudah dihuni oleh manusia prasejarah. Wah, kuno banget dong. Jelas banyak yang unik, ya, di sana. Di sana juga ada sebuah lingkungan yang terdiri  dari rumah-rumah tradisional yang umurnya sudah ratusan tahun. Masih bertahan aja, ya, tuh rumah. Jadi, penasaran nih pengen ke sana.

4. Mata Air Panas Hierapolis-Pamukkale

Hierapolis-Pamukkale adalah lanskap alam yang spektakuler. Di Hierapolis terdapat pemandian air panas yang bernama Pamukkale yang berasal dari hutan-hutan mineral, air terjun bebatuan dan deretan kolam-kolam berteras. Pemandian di Hierapolis bukan muncul dengan sendirinya, ya, tetapi dibangun pada akhir abad ke-2 sebelum masehi semasa dinasti Attalid. Selain sumber air panas, reruntuhan bangunan romawi kuno, kastil dan monumen-monumen Yunani juga dapat ditemukan di situs ini.

Baca juga:  Ini 5 Pesona Wisata Green Canyon di Pangandaran

5. Situs Purbakala Hattusha

Situs ini masuk dalam warisan dunia pada tahun 1986. Situs purbakala Hattusa merupakan bekas ibukota kekaisaran Hittite yang terkenal dengan tata kota, konstruksi seperti kuil, tempat tinggal kerajaan, dan kubu pertahanan. Situs ini ditemukan pada tahun 1834, tetapi tidak semuanya digali hingga tahun 1906. Kalau berkunjung di situs ini, kita akan disambut dengan pemandangan reruntuhan kuil besar, yaitu kuil persembahan Dewa Badai dan Dewa Matahari, Arinna. Ya, yang namanya reruntuhan, ya, tidak ada bangunannya. Tapi tenang dijamin deh kalau teman-teman kesini nggak bakal nyesel kok.

Nah, itulah seklumit informasi tentang tempat bersejarah asal film Elif berasal. Kalau penasaran dengan tempat-tempatnya, mending langsung samperin aja tempatnya. OK.

inayahKontributor: Maftukhatul Inayah | Mahasiswa Jurusan Tarjamah UIN Jakarta, penikmat masakan berbahan tahu dan pendengar salawat Nabi

Twitter: @inayah_ainun12

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Maftukhatul Inayah

Latest posts by Maftukhatul Inayah (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close