Mau Gampang Menghafal Apa Pun? Ini 5 Caranya Versi Kitab Ta’limul Mutaalim

  • 1
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

DatDut.Com – Siapa sih di dunia ini yang nggak pengen gampang menghafal, apalagi pelajar atau mahasiswa. Bagi sebagian orang, menghafal mungkin menjadi sesuatu momok yang menakutkan. Tapi, kalau kita sudah tahu manfaat dari menghafal itu sendiri, tentu saja kita akan gemar menghafal. Lalu, ada nggak, sih, faktor-faktor yang memengaruhi mudah hafal. Nah, di bawah ini ada 5 faktor penyebab hafal versi kitab Ta’limul Mutaalim:

[nextpage title=”1. Sungguh-sungguh, Istikamah, Mengurangi Makan, dan Rajin Salat Malam”]

1. Sungguh-sungguh, Istikamah, Mengurangi Makan, dan Rajin Salat Malam

Man jadda wajada. Pepatah Arab ini beberapa tahun belakangan ini akrab di telinga kita. Bagaimanapun kesungguhan tetap menjadi kunci utama meraih sukses dalam segala hal. Tapi sungguh-sungguh itu harus dijalani dengan istikamah. Kayaknya, sungguh-sungguh dan istikamah itu menjadi satu paket, ya. Keistikamahan akan muncul ketika kita bersungguh-sungguh.

Kemudian sedikit makan. Kenapa menjadi penyebab mudah hafal, ya? Sepertinya kalau kita banyak makan akan berdampak pada rasa kenyang dan akhirnya rasa kantuk akan menyerang. Kalau sudah mengantuk, kita tak akan sanggup untuk menghafal.

Yang terakhir adalah salat malam. Allah sudah berjanji akan mengangkat derajat orang-orang yang melaksanakan salat malam. Nah, bagi para pelajar atau mahasiswa wajib mughalazah hukumnya melaksanakan salat malam. Semua itu tak lain ditujukan salah satunya agar mudah dalam mencapai semua yang dicita-citakan.

[nextpage title=”2. Perbanyak Baca Alquran”]

Baca juga:  Kosakata Unik dan Sisipan Pesan Moral dalam Kitab Tanwirul Qari, Syair Tajwid Berbahasa Jawa

2. Perbanyak Baca Alquran

Penyebab mudah hafal selanjutnya yaitu memperbanyak baca Alquran. Ada pepatah yang diungkapkan di dalam Kitab Ta’limul Mutaalim, yaitu “Tiada sesuatu yang lebih bisa menguatkan hafalan kecuali membaca Alquran dengan menyimak”.

Nah, mari kita sama-sama punya hobi baru, yaitu membaca Alquran, yang salah satu manfaatnya agar kita mudah dalam menghafal. Kalau sudah bagus hafalannya, sepertinya risiko menyontek di waktu ujian akan berkurang. Lumayan, kan, bisa mengurangi dosa, insya Allah.

[nextpage title=”3. Membaca Doa Ketika Mengambil Kitab atau Buku yang Hendak Dihafal”]

3. Membaca Doa Ketika Mengambil Kitab atau Buku yang Hendak Dihafal

Waah. . . ternyata kita dianjurkan membaca doa terlebih dahulu ketika mengambil kitab atau buku yang akan kita pelajari. Tentu dengan tujuan agar yang kita baca melekat di otak dan menempel kaya prangko sama amplop yang tak terpisahkan. Begini, nih, doanya:

Bismillahi wa subhanallahi wal hamdulillahi wa laa ilaha illallahu wallahu akbar wa la haula wa la quwwata illa billahiil ‘aliyyil ‘azhimil ‘azizi ‘alim ‘adada kulli harfin kutiba wa yuktabu abadal abidina wa dahrad dahirin.

[nextpage title=”4. Membaca Doa Setiap selesai Salat Fardu dan Memperbanyak Membaca Salawat Nabi”]

4. Membaca Doa Setiap selesai Salat Fardu dan Memperbanyak Membaca Salawat Nabi

Masih di dalam kitab Ta’lim Mutaalim, penyebab mudah hafal selanjutnya yaitu membaca doa setiap selepas salat fardu. Begini doanya:

Baca juga:  Ini 5 Fakta Seputar Mushaf Akbar Wonosobo

Amantu billahi al-wahidil ahadil haqq wahdahu la syarikalahu wa kafartu bima siwahu“.

Selain itu, kita juga dianjuran untuk memperbanyak membaca salawat Nabi, karena dengan begitu kita akan mendapatkan syafaat dari Sang Nabi Muhammad SAW. Insya Allah.

[nextpage title=”5. Bersiwak, Minum Madu, Memakan Kandar (Kemenyan Putih), dan Menelan Kismis Merah 21 Butir Setiap Hari”]

5. Bersiwak, Minum Madu, Memakan Kandar (Kemenyan Putih), dan Menelan Kismis Merah 21 Butir Setiap Hari

Kesemua yang tersebut di atas, dapat memperkuat hafalan. Seperti yang diketahui semua itu mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Kalau badan kita sehat, tentu kita semangat belajar. Nah, dengan rajin belajar kita akan mudah menghafal. Insya Allah.

Itu dia penyebab mudah hafal yang terdapat di dalam kitab Ta’limul Muta’alim. Semoga kita bisa mengamalkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kita agar selalu diberi kemudahan dalam belajar dan menghafal serta mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari Allah Swt.

 

Komentar

Maftukhatul Inayah

Mahasiswa Program Studi Tarjamah Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta asal Martapura. Aktif berorganisasi dan kegiatan tulis-menulis.
Maftukhatul Inayah

Latest posts by Maftukhatul Inayah (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *