Tak Ada Kesetiakawanan di Medsos

  •  
  •  
  •  
  •  

Dibaca: 95

Waktu Baca1 Menit, 13 Detik

DatDut.Com – Setelah 11 tahun aktif medsos, saya berkesimpulan tak ada kesetiakawanan di medsos. Yang ada adalah kepentingan.

Hari ini bisa saja Anda disanjung setinggi langit karena postingan Anda sesuai dengan “nafsu” orang-orang yang menyanjung Anda. Kalau postingan Anda cocok dengan maunya, pasti dilike, dikomen, dan dishare dengan sukarela.

Tapi besok bisa jadi Anda akan dibully, bahkan dicaci maki, termasuk dijatuhkan martabat Anda. Tentu bila postingan Anda tak sesuai mau dan nafsunya.

Maka, jangan silau dengan apa pun yang terjadi di dunia maya. Apa pun bisa terjadi. Bahkan kalau ada urusan hukum, bukan kawan-kawan Anda di medsos yang akan membantu. Semua akan Anda hadapi sendiri. Belajarlah dari kasus Jonru.

Baca juga:  This or That, Antara Narsis atau Takut dibilang Kudet

Maka, kalau bikin postingan, dipikirkan betul maslahat dan madaratnya. Jangan segan mengedit berkali-kali, bahkan menghapus postingan kalau salah juga tak perlu gengsi. Tetap mawas diri karena sudah banyak yang jadi korban medsos.

Jangan takut memblock atau mengunfriend akun-akun yang selalu menyerang Anda. Jangan sampai Anda terpancing emosi. Jangan juga hanya gegara jaga image lalu Anda membiarkan orang lain seenaknya memperlakukan Anda.

Jangan membuat postingan demi menyenangkan orang lain. Buatlah postingan sesuai apa yang ingin Anda suarakan. Dan, pastikan itu betul-betul Anda ketahui. Jangan ikut-ikutan. Jangan asal share juga. Karena Anda sendiri yang akan bertanggung jawab atas postingan Anda.

Sekali lagi, tak ada kesetiakawanan abadi di media sosial. Percayailah orang yang Anda percayai di dunia nyata. Jangan percayai orang yang Anda temui di dunia maya bila Anda belum mengujinya.

Baca juga:  Memusuhi Radikalisme, Jangan Benci Arab Saudi
0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Moch. Syarif Hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *