Ini 5 Surat Terbuka Paling Fenomenal

  •  
  •  
  •  
  •  

Datdut.Com – Kebebasan pers di Indonesia dijamin dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers pasal 4 ayat 1. Media-media cetak maupun elektronik dapat kita temukan dengan mudah di dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut mempermudah kita untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya.

Selain itu, kita juga dapat bebas bersuara pada pihak-pihak tertentu yang dianggap merugikan masyarakat pada umumnya. Sarana tersebut biasanya dapat kita tuliskan dalam bentuk surat terbuka.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyebutkan bahwa surat terbuka adalah surat yang dimuat dalam surat kabar. Berikut 5 Surat Terbuka Paling Fenomenal:

1. Imam Besar Masjid New York

Imam Shamsi Ali merupakan salah orang Indonesia yang sukses berdakwah hingga ke Amerika. Saat ini, ia menjabat Imam Besar Masjid al-Hikmah, New York, Amerika.

Awalnya, ia menuliskan kritikannya di Facebook terkait lawatan beberapa anggota DPR RI yang mengunjungi salah satu kandidat Presiden Amerika, Donald Trump. Pasalnya, Donald Trump merupakan orang yang anti terhadap Islam, alias rasis.

Fadli Zon, sebagai Wakil DPR, tentu marah besar dan mengancam akan mensomasi Shamsi Ali. Hal tersebut membuat Shamsi Ali semakin tidak takut dan justru membeberkan isi pesan Fadli Zon melalu WhatsApp tersebut di laman Facebooknya. Akhirnya, para wartawan pun mempublikasikan curhatan-nya di media.

Baca juga:  Masih Numpang di Rumah Mertua? Anda Harus Perhatikan 5 Hal Ini agar Lebih Harmonis

2. Surat Terbuka tentang Asap

Beberapa bulan terakhir ini, musibah asap yang menimpa sebagian masyarakat Indonesia di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Papua, membuat kesengsaraan warga Indonesia bertambah berat. Hal tersebut memaksa sebagian warga di Palembang dan Riau menulis surat terbuka untuk Presiden Jokowi.

3. Surat Terbuka untuk Rossi dan Marquez

Bagi penggemar MotoGP tentu mengetahui betul tragedi balapan di Sepang, Malaysia, beberapa waktu lalu. Pasalnya, Rossi mendapat hukuman gara-gara dianggap sengaja menjatuhkan Marquez di laga balapan tersebut. Rossi mengklaim bahwa Marquez yang sengaja berbuat ulah. Namun, hukuman tetap menimpa Rossi yang dianggap sengaja menjatuhkan Marquez. Pada laga balapan berikutnya, Rossi start dari posisi paling belakang di Valencia.

Hal tersebut membuat pebalap legendaries Spanyol, Angel Nieto, menuliskan surat terbuka untuk keduanya, sebagaimana dikutip dari laman detik.com. Nieto berharap agar keduanya segera melupakan insiden di Sepang dan sportif pada laga di Valencia nanti.

4. Surat Terbuka untuk Bima Arya

Beberapa waktu lalu, Bima Arya, Walikota Bogor, mengambil sikap melarang kegiatan Asyura yang dilakukan kelompok Syiah. Sikap ini tentu mendapatkan kritikan keras dari berbagai kalangan Syiah dan kelompok JIL. Mereka membuat surat terbuka untuk Bima Arya.

Baca juga:  Ini 5 Negara dengan Hutan Terluas yang Terancam

5. Surat Terbuka Dina Y. Sulaeman

Dina Y. Sulaeman pernah menuliskan surat terbuka untuk Arifin Ilham. Ia menulis surat terbuka tersebut di website pribadinya. Waktu itu, Masjid Az-zikra milik Arifin Ilham diserang segerombolan orang yang tidak dikenal. Pihak Arifin Ilham mengklaim bahwa mereka adalah Syiah.

Arifin Ilham pun terpancing emosi gara-gara penyerangan tersebut. Padahal, beliau ustad yang dikenal sebagai ahli zikir dan kalem. Inilah salah satu alasan yang membuat Dina Y. Sulaeman menulis surat terbuka untuknya.

(Editor : Neng Irin)

harisPenulis : Ibnu Harish (Penikmat Soto Grombyang dan Empal Gentong)

Fb : Ibnu Harish

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga.
Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close