Mau Sukses Studi? Amalkan 5 Tip Ini

  •  
  •  
  •  
  •  

Datdut.Com  Kesuksesan dan keberhasilan adalah harapan semua insan. Demikian halnya bagi para pelajar atau mahasiswa, tentunya sukses studi menjadi harapan dan cita-cita terbesarnya. Nah, kamu ingin sukses dalam studi? Amalkan 5 tip kunci sukses  (five keys of success) berikut ini:

1. Niat 

Hal pertama yang wajib kamu miliki adalah niat. Sebab niat adalah modal awal yang utama dalam meniti dan melakukan segala sesuatu. Ingatlah niat yang lurus dan benar dapat memberikan dorongan yang kuat dan motivasi yang besar untuk menghantarkan seseorang pada tujuan dan cita-citanya. Niatkan semua yang kamu lakukan untuk kebaikanmu dan orang-orang yang ada di sekelilingmu.

Niat bisa diartikan sebagai suatu pandangan kita terhadap sesuatu. Orang Barat menyebutnya dengan mindset atau paradigma. Apabila kamu berpikir layaknya orang sukses, maka jalan kesuksesan akan terbuka lebar di hadapanmu. Jika kamu berpikir ‘bisa’, pasti kamu bisa atau mampu melakukannya dan melaluinya. Jika kamu menargetkan memperoleh nilai yang baik, Insyallah kamu akan memperoleh sesuai apa yang diniatkan. Begitupun sebaliknya, jika kamu berpikir bahwa kamu tidak bisa merampungkan dengan segera studimu, maka itulah yang akan terjadi. Ingat, niat baik dan positifmu akan mempengaruhi proses dan hasil kerja atau studimu.

2. Disiplin

Disiplin adalah syarat mutlak yang harus kamu miliki untuk mengejar impian dan cita-citamu. Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, kamu harus disiplin dalam waktu belajar. Misalnya, kamu belajar hanya 1-2 jam sehari tapi kalau dilakukan setiap hari, pasti akan lebih baik daripada belajar dalam waktu yang sangat lama pada waktu tertentu saja. Disiplin bisa banyak bentuknya, mulai dari disiplin waktu belajar, ibadah, membaca, masuk kuliah, mengerjakan PR atau tugas dan lain sebagainya. Ingat, kebiasaan buruk tidak membutuhkan disiplin, tetapi kebiasaan baik yang kamu inginkan selalu membutuhkan disiplin. Disiplin adalah kemampuan untuk melakukan apa yang benar bahkan saat kamu tidak ingin melakukannya.

Baca juga:  Ini 5 Sikap Positif agar Kamu Tak Gila Kerja dan Bikin Keluarga Terlantar

3.  Usaha

Kamu pasti pernah mendengar semboyan dan pepatah Arab yang berbunyi man jadda wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan memperoleh yang diinginkanya. Pepatah itu bukanlah pepatah yang tanpa makna, melainkan sudah banyak dipraktikkan oleh orang-orang besar dan berpengaruh baik di masa lalu maupun di masa kini. Sebagai contoh, Prof. Wahbah az-Zuhaili, penulis kitab al-Fiqh al-Islam wa Adillatuhu dan Tafsir al-Munir pernah ditanya, berapa jam beliau membaca dan menulis. Beliau menjawab, “Tidak kurang dari 16 jam sehari.” Belum lagi sosok Imam Nawawi penulis Kitab Riyadhush Shalihin, al-Majmu’, dan Syarah Shahih Muslim, disebutkan bahwa beliau setiap hari belajar 8 cabang ilmu dari subuh sampai larut malam.

Sementara itu, Thomas Alfa Edison melakukan eksperimen 1.000 kali sebelum berhasil menemukan bola lampu dan 1.000 paten terbanyak sepanjang masa. John Creasey ditolak 743 kali oleh penerbitnya, sebelum berhasil menerbitkan 560 judul buku, yang telah terjual lebih 60 juta kopi. Masih banyak lagi saksi dan bukti kegigihan, kerja keras, dan belajar secara cerdas yang pernah ditorehkan sepanjang sejarah manusia. Kerja keras dan Kegigihan adalah kuda pacuan yang menghantarkanmu menuju gerbang kesuksesan.

Baca juga:  Agar Tak Terlalu Sedih, Miliki 5 Sikap Ini Saat Kehilangan Sesuatu yang Dicintai

4. Evaluasi

Evaluasi adalah alarm pengingat bahwa ada beberapa hal yang harus kamu selesaikan, kamu lakukan dan kamu lalui. Evaluasi terus-menerus perjalanan atau perkembangan studimu, sehingga kamu bisa melakukan perbaikan atau peningkatan berkelanjutan (continous improvement). Muhasabah ini menjadi sangat penting karena kamu senantiasa dapat belajar dari pengalaman, belajar dari kenyataan, belajar dari orang lain, dan belajar dari diri sendiri.

5. Doa dan tawakal 

Hanya orang yang sombong yang tidak mau berdoa. Sehebat dan sepintar apa pun dirimu, juga sebesar apa pun usaha yang dilakukan, jika Tuhan mengizinkan kita untuk sukses, maka sukses tidak akan pernah datang. Doa adalah rahasia kesuksesan. Selain berdoa, tambahkan mental bertawakal kepada yang memberikan kesuksesan. Sebab tawakal sejatinya menyadarkan kepada diri kita akan keterbatasan kemampuan kita dalam berbuat dan berencana. Manusia hanya mampu berencana namun keputusan final tetap ada pada-Nya.

Foto 2Kontributor: Toni Pransiska | Pengamat pendidikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan pecinta gudeg

FB: Toni Pransiska | Linkedin: Toni Pransiska

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Toni Pransiska

Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Saat ini sedang menyelesaikan program doktor di kampus yang sama.
Toni Pransiska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close