Sufi Wanita yang Dimintai Doa oleh Imam Ahmad bin Hanbal

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Tak banyak sufi wanita yang dicatat dalam tintas emas sejarah peradaban Islam. Sufi wanita yang populer tentu saja Rabiah al-Adawiyah. Padahal, sejatinya banyak sekali sufi wanita. Di antara sekian banyak sufi wanita itu, nama Aminah al-Ramilah patut diketahui oleh umat Islam.

Bagaimana tidak, sufi wanita ini punya keistimewaan yang jarang dimiliki ulama laki-laki sekalipun. Wanita istimewa ini dikenal mustajab doa-doanya. Inilah yang membuat ulama sekaliber Bisyr bin Al-Harits, bahkan Imam Ahmad bin Hanbal, meminta didoakan olehnya.

Dalam kitab al-Thabaqah al-Kubra karya Syekh Abdul Wahhab Al-Sya;rani dikisahkan bahwa Bisyr bin Al-Harits tercatat selalu mengunjungi wanita sufi yang satu ini.

Baca juga:  Ini 5 Argumen Wanita Haid Boleh Beraktifitas di Masjid

Suatu waktu Bisyr sakit. Aminah pun kemudian pergi dari Ramallah untuk menjenguk Bisyr. Pada saat Aminah sampai di rumah Bisyr, kebetulan ketika itu ada Imam Ahmad bin Hanbal yang juga datang untuk tujuan yang sama, menjenguk Bisyr.

Measha

Measha

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ibu rumah tangga yang menggemari film korea dan martabak manis juga pesmol gurame.
Measha

One thought on “Sufi Wanita yang Dimintai Doa oleh Imam Ahmad bin Hanbal”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *