Soal Kesucian dalam Rumah, 5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Keluarga Muslim

Nasrudin

Nasrudin

Alumni Pesantren Darussalam Blokagung & Program Pasca Tahfidz VIII Pesantren Bayt Al-Qur'an Pusat Studi Al-Qur'an Jakarta. Menyukai bakso dan martabak. Penggemar kajian kitab klasik dan kehidupan santri. Saat ini tinggal di Lampung.
Nasrudin

DatDut.Com – Bicara tentang kebersihan dan kesucian, terkadang dalam beberapa kasus sering tidak sejalan. Soalnya yang sudah bersih ternyata belum tentu memenuhi kriteria suci dari najis.

Baca juga:  Ini 5 Paradigma Tahlil Modern Versi Muhammadiyah

Sebaliknya yang secara hukum fikih sudah suci dari najis, namun dari sisi kebersihan masih dianggap kotor.

Bagi muslim, selain selain harus menjaga kebersihan, tentunya harus mempertimbangkan kesucian. Karena sucinya lantai rumah, pakaian dan lainnya dari najis erat kaitannya dengan ibadah sehari-hari.

Dalam suatu hadis riwayat Muslim, Rasulullah bersabda, “Bersuci itu sebagian dari iman ….” Dalam hadis lain riwayat Tirmidzi, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah Swt. Itu Maha Baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu Maha bersih, Dia menyukai kebersihan…” Jadi sudah seharusnya seorang muslim memperhatikan kesucian dan kebersihan.

Terkait urusan kesucian, ternyata masih banyak orang Islam yang kurang memperhatikan beberapa hal. Setidaknya berdasarkan yang pernah dan sering ditemui penulis.

Baca juga:  Jelang Nishfu Sya’ban, Ini 5 Tradisi Baik yang Biasa Dilakukan Umat Islam

Bahkan beberapa hal berikut ini justru terjadi di kalangan mereka yang telah memiliki rumah berlantai keramik dan tergolong menengah ke atas. Seharusnya sisi kesucian halam 5 hal berikut ini harus diperhatikan umat Islam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *