Satu Universitas di Satu Fakultas

  • 122
  •  
  •  
  •  
    122
    Shares

DatDut.Com – Semua dalam satu. Ya, mungkin kalimat itulah yang pas untuk menggambarkan salah satu fakultas yang ada di UIN Jakarta. Fakultas Dirasat Islamiyah atau FDI tepatnya.

Semua dalam satu, maksudnya hampir setiap fakultas yang ada di UIN Jakarta punya perwakilan mata kuliah yang diajarkan di FDI.

UIN Jakarta sendiri memiliki 12 fakultas yang dibagi menjadi 4 wilayah atau kampus (sekarang sudah 5 kampus) di tempat yang berbeda-beda.

Dimulai dari  kampus satu. Fakultas Sains dan Tekhnologi. Di FDI kita akan bertemu dengan mata kuliah IIP (Islam dan Ilmu Pengetahuan).

Salah satu pembahasannya adalah al-Islam wa at-Taqniyah (Islam dan Teknologi). Pembahasan tentang sudut pandang Islam terhadap perkembangan teknologi.

Kemudian bergeser sedikit ke Fakultas Syariah dan Hukum. Karena sama-sama membahas tentang agama, FDI menyiapkan kurang lebih 4 mata kuliah yang membahas tentang syariah dan hukum.

Di antara mata kuliah terkait syariah dan hukum adalah Tarikh at-Tasyri’ (Sejarah Pensyariatan dalam Islam), Fiqh Madzhabi (Fikih Mazhab Syafii), Fiqh Muqaran (Fikih Perbandingan Mazhab), serta al-Ahwal as-Syakhsyiah (Hukum Keluarga).

Demikian halnya dengan Fakultas Ushuluddin. Karena sama-sama bermotif fakultas agama, mata kuliah yang diajarkan juga banyak yang sama, seperti Ulum al-Quran, Ulum al-Hadist, dan sebagainya.

Baca juga:  Dr. Syairozi Dimyati, Dekan Berkarisma dan Inspiratif

Di samping Fakultas Ushuluddin ada Fakultas Dakwah dan Komunikasi, fakultas yang fokusnya di bidang penyiaran Islam.

Di FDI sendiri memiliki mata kuliah tentang bagaimana cara ber-syiar yang baik yaitu mata kuliah Manahij ad-Da’wah (Metode Berdakwah).

Setelah Fakultas Dakwah, kita berjalan ke Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan.

Tak mau kalah, FDI juga mengajarkan mata kuliah Ilmu Tarbiyah (Ilmu Pengajaran), membahas tentang metode pembelajaran yang baik dan efektif.

Selanjutnya kita pindah ke kampus dua. Di sana ada Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, FDI menawarkan mata kuliah peminatan tentang politik yaitu as-Siyasah asy-Syari’yah (Politik Islam).

Sedangkan untuk Fakultas Psikologi, FDI punya mata kuliah Ilmu Nafs Tarbawi (Psikologi Pendidikan).

Tak jauh dari Fakultas Psikologi, ada Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Di FDI juga membahas masalah sudut pandang Islam terhadap kedokteran dan ilmu kesehatan pada mata kuliah IIP dengan pembahasan Islam wa at-Tib (Islam dan Kedokteran) dan Islam wa al-Ulum as-Shihhiyah (Islam dan Ilmu Kesehatan)

Baca juga:  Ini 5 Bacaan Wajib Jurusan Sastra Arab Universitas Sorbonne

Melangkah sedikit jauh dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, kita ke kampus tiga tepatnya Fakultas Adab Dan Humaniora. Salah satu jurusan  yang ada di Fakultas Adab yaitu Bahasa dan Sastra Arab.

Di FDI kita akan bertemu dengan sastra dan kritik sastra arab pada mata kuliah Adab wa Naqd (Kritik dan Kritik Sastra), Adab Mua’shir (Sastra Kontemporer), Manahij Naqd (Metode Kritik Sastra).

Jadi, belajar di FDI sudah seperti belajar di semua fakultas yang ada di UIN Jakarta, baik itu fakultas umum terlebih lagi fakultas agama karena hampir semua mata kuliahnya mewakili setiap fakultas.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Muhammad Sholahudin Al-Ayyubi

Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Muhammad Sholahudin Al-Ayyubi

Latest posts by Muhammad Sholahudin Al-Ayyubi (see all)

  •  
    122
    Shares
  • 122
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close