Saat Anak Tetangga Menelan Tutup Minyak Telon

  • 24
  •  
  •  
  •  
    24
    Shares

DatDut.Com – Sore ini tetiba lingkungan kami geger. Suami sepulang jalan-jalan bersama putri kami dikejutkan dengan kabar anak tetangga sebelah. Usianya kira-kira sekitar sebelas bulan, perempuan.

Saya yang sebenarnya juga mendengar tangisan dari dalam rumah pun tidak mengira akan hal itu. Pikir saya tangisan biasa, namanya juga anak-anak. Pasti ada saatnya menangis.

Setelah mendengar suami bincang-bincang di luar bersama tetangga-tetangga, saya pun saking penasarannya menyahut dari dalam.

“Ada apa, Mas?.”

“Fatimah menelan tutup botol.”

Mendengar itu sontak saya kaget dan keluar rumah.

“Lho, kok bisa. Gimana ceritanya?” Saya tidak habis pikir, bagaimana bisa kejadian. Seram juga, mengingat saya pun punya anak bayi.

“Abis mandi mau digantiin baju, Mbak. Gak tahu kalau tutup minyak telonnya ditelan Fatimah,” Mbak Ela tetangga depan ikut menyahut.

Sementara itu, ibu Fatimah sambil menggendong anaknya masih sibuk telepon suami yang belum pulang. Masih kerja. Doni kakaknya Fatimah juga turut menangis karena ketakutan dan mungkin kaget. Adiknya menelan tutup minyak telon.

“Udah, Mbak. Biar dianter sama suamiku ke rumah sakit ya.”

Karena darurat saya pun menawarkan suami untuk mengantarkan beliau ke rumah sakit terdekat. Tidak tega. Apalagi tutup minyak telon sudah terlanjur ketelan, tidak tahu betapa sakitnya untuk bocah bayi seusia itu.

Baca juga:  Jadi Wanita Tidak Mudah, Maka Ini 5 Alasan Jangan Pernah Remehkan Kaum Hawa!

Beliau setuju. Dengan mengendarai motor, suami pun pergi mengantar tetangga sebelah ke rumah sakit. Daripada menunggu suaminya pulang terlalu lama, sedang kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk berlama-lama menunggu. Lebih baik memang segera berangkat, dan mudah-mudahan tutup minyak telon bisa dikeluarkan segera.

Saya yang di rumah bersama Ittaqi, putri saya–masih deg-degan. Sebagai seorang ibu saya sadar, tidak boleh teledor sampai seperti itu.

Jangan sampai, memberi atau menaruh barang-barang berbahaya semacam tutup minyak telon yang ukurannya terbilang kecil didekat bayi. Sebisa mungkin kita sebagai orangtua, bapak atau ibu harus menjaga si buah hati dengan lebih berhati-hati. Sehingga hal-hal semacam ini tidak akan terjadi kepada anak-anak kita.

Beri anak-anak mainan yang aman. Ukuran jangan kecil-kecil. Dan selebihnya, kita pun memang harus lebih ekstra hati-hati menemani anak-anak, terlebih ketika bermain. Apalagi ketika anak sudah mulai mengerti barang-barang di sekitarnya, serta sudah waktunya guling-guling, merangkak atau masih dalam proses belajar berdiri dan jalan.

Baca juga:  Viral! Resep Tetap Bahagia Ngasuh Dua Bayi ala Mama Muda Ini

Mudah-mudahan sedikit tulisan ini bisa membuka mata kita, para orangtua. Untuk bersungguh-sungguh menjaga anak-anak, apalagi di jaman milenial ini. Gadget juga bisa menjadikan gagal fokus, antara bersama anak atau bersama orang-orang di dunia maya.

***

Sampai beberapa jam setelah saya menulis ini. Tetangga sebelah pulang. Saya yang masih memangku Ittaqi meminta suami untuk bertanya kabar Fatimah.

“Bagaimana, Mas?”

“Gpp, tutupnya udah ketemu di belakang pintu. Doni yang nemuin.”

“Lho. Kok nemu di belakang pintu?”

Saya merasa heran dengan jawaban suami. Ke rumah sakit kan untuk mengeluarkan tutup minyak telon, kok tutupnya ketemu di rumah.

“Ternyata Fatimah gak nelan tutupnya, Dik. Sampai rumah dicari-cari ketemu di belakang pintu.”

Saya yang mendengar penjelasan suami antara bersyukur dan ingin ketawa. Kepanikan seorang ibu bisa membuat tetangga berdebar-debar. Huft.

Komentar

Windarti

Ibu rumah tangga yang nyambi jadi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Terbuka.

Latest posts by Windarti (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *