Kartini Zaman Teknologi, Ini 5 Rektor Wanita di Kampus Bergengsi

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Saat ini tak terlalu sulit untuk mencari wanita-wanita istimewa yang mengungguli kaum pria. Ini bukan cuma bidang yang biasa digeluti kaum Hawa, tapi juga bidang yang sebelum-sebelumnya dikuasai kaum Adam.

Ini juga bukan cuma profesi, tapi posisi dan jabatan. Karena, yang perlu ditekankan, kemampuan seseorang tidak dijamin oleh jenis kelaminnya, tapi oleh kemauannya untuk selalu mengembangkan diri.

Pada tulisan ini akan disajikan 5 wanita tangguh yang terpilih menjadi rektor berkat segudang prestasi yang telah mereka capai. Banyak di antaranya yang dalam pemilihan mengalahkan kandidat-kandidat rektor dari kaum Adam. Dan, yang membanggakan, mereka berhasil membawa universitas yang dipimpinnya menjadi universitas bergengsi dan berprestasi. Siapa saja mereka? Yuk, simak!

1. Dwikorita Karnawati, Rektor Unversitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Dosen Universitas Gadjah Mada yang mendapatkan gelar doktornya dari department of Earth Sciences di Leeds University, Inggris, tahun 1996 ini, terpilih sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2014-2017, sebagaimana informasi yang tertulis di ugm.ac.id.

Baca juga:  Gus-gus Nyentrik, Unik, Kontroversial, Banyak Dipuja, tapi Juga Banyak Dikecam

Kemampuannya dalam bidang sains diakui di tingkat internasional. Salah satunya, beliau mendapatkan anugerah the International Award pada tahun 2011, dari the International Consortium.

Rektor wanita pertama sejak 65 tahun UGM berdiri ini, masuk dalam daftar 10 wanita paling menginspirasi versi Forbes Indonesia, sebagaimana tertulis pada laman forbesindonesia.com.

2. Tian Belawati, Rektor Universitas Terbuka, Jakarta

Sebagaimana informasi dari laman ut.ac.id, wanita kelahiran 1 April 1962 ini merupakan Alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB) yang  telah merintis karirnya di Universitas Terbuka Jakarta sejak tahun 1985.

Beliau terpilih menjadi rektor Universitas Terbuka untuk masa jabatan 2013-2017 untuk yang kedua kalinya, setelah dilantik oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga:  Ini 8 Manfaat dan Hikmah Mengapa Wanita Menstruasi Setiap Bulan

Prestasinya pun diakui pada tingkat internasional. Beliau wanita pertama yang terpilih sebagai Presiden International Council for Open and Distance Education (ICDE), setelah terpilih secara aklamasi di Norwegia Februari 2012.

3. Noverti, Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Noverti terpilih sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (USMB) untuk masa bakti 2015-2019. Hal tersebut sesuai Surat Keputusan Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Neneng Maghfiro

Neneng Maghfiro

Alumni Fakultas Dirasah Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan International Institute for Hadith Sciences Darus-Sunnah Jakarta.
Neneng Maghfiro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *