Ini 5 Rahasia Khasiat Bawang Putih

0 0
  •  
  •  
  •  
  •  

Dibaca: 126

Waktu Baca1 Menit, 55 Detik

Datdut.Com – Tanaman bawang putih diduga berasal dari Cina yang kemudian menyebar ke daerah Laut Tengah. Bawang putih sering digunakan untuk penyedap rasa dan penambah aroma makanan, hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang putih. Tapi selain untuk bumbu masakan, ternyata bawang putih sudah sejak beribu-ribu tahun yang lalu digunakan sebagai ramuan obat tradisional oleh nenek moyang kita, sebagaimana tertulis dalam Jurnal Media Kesehatan Departemen Kesehatan 2001.

Meskipun tidak semua orang menyukai rasa dan baunya, menurut Dr. Paavo Airola, seorang peneliti gizi dan pendiri The Internasional Academy of Biological Medicene, ternyata tradisi nenek moyang kita benar, bawang putih sangat berkhasiat untuk kecantikan kulit dan kesehatan tubuh. Nah, berikut ini adalah 5 khasiat bawang putih yang wajib kamu tahu.

1. Untuk Kecantikan Kulit

Dapat menghaluskan kulit serta membantu untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Hal itu karena bawang putih mengandung senyawa gurwithcrays atau radiasi mitogenetik yang dapat merangsang pertumbuhan sel tubuh dan mempunyai daya peremajaan pada semua fungsi tubuh.

Baca juga:  Permainan Anak Zaman Dulu Lebih Menantang, Menyehatkan, dan Membahagiakan!

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolestrol

Di samping berguna sebagai antibiotik alami yang meredakan panas dan batuk karena mengandung asam amino, ternyata mengkonsumsi bawang putih mentah dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebanyak 7% pada penderita hipertensi.

Selain itu, senyawa scordinin pada bawang putih dapat menekan kandungan kolestrol, serta membantu metabolisme tubuh dan menjaga stamina badan.

3. Melindungi Tanaman dari Hama

Karena mengandung senyawa allium sativum, bawang putih bisa dimanfaatkan juga sebagai pestisida alami untuk membasmi hama, loh. Caranya gampang campurkan ekstrak bawang putih dengan minyak mineral dan air, lalu semprotkan pada tanaman.

Pestisida organik ini berguna sebagai antisidan yang mencegah hama memakan tubuhan yang telah disemprot, serta merusak pertumbuhan larva dan pupa yang berasal dari hama.

4. Anti kanker

Di antara manfaat lainnya dari bawang putih yang sangat berguna bagi kesehatan, adalah kandungan germanium pada bawang putih, yang ternyata merupakan mineral anti kanker yang ampuh, yang dapat menghambat dan memusnahkan sel-sel kanker dalam tubuh.

Baca juga:  Ide Bisnis Memadukan Jual Pulsa Murah Online dan Offline

5. Mengobati Gatal Kaki

Menurut hasil penelitian di Jepang, alisin pada bawang putih dapat mengatasi infeksi jamur maupun bakteri. Kemampuan antibiotik dari alisil yang berasal dari bawang putih ternyata cukup baik, yaitu per-miligramnya sebanding dengan 15 unit penisilin.

Caranya mudah, rendam kakimu ke dalam air hangat yang diberi irisan daun putih selama beberapa menit. Agar cepat sembuh lakukan secara teratur, ya.

(Editor : Elok)

nenengPenulis : Neneng Maghfiro (Penikmat telor setengah mateng)

Twitter : @NengAirin

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Neneng Maghfiro

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *