Ini 5 Pesona Wisata Green Canyon di Pangandaran

  •  
  •  
  •  
  •  

Datdut.Com – Tempat wisata yang sering disebut-sebut sebagai Green Canyon-nya Indonesia ini adalah salah satu destinasi wisata Pangandaran yang sayang sekali jika dilewatkan. Menurut warga setempat nama asli tempat ini sebenarnya Cukang Taneuh. Tapi karena sangat mirip dengan Green Canyon di Amerika, walhasil mereka mulai menyebutnya Green Canyon juga.

Green Canyon punya sejuta pesona yang menarik para wisatawan. Tapi, saya hanya akan menyebutkan 5 saja. Sisanya kamu bisa sebutin sendiri setelah datang ke sana, ya.

1. Menelusuri Green Canyon dengan Sampan

Sungai yang mempesona itu diapit dua bukit dengan bebatuan dan pepohonan rindang yang menyajikan pemandangan hijau menyegarkan. Sebenarnya tebing tersebut adalah sebuah ngarai yang terbentuk selama bertahun-tahun akibat erosi, lalu terbentuklah celah yang menembus gua dengan hamparan stalaktit yang mempesona.

Untuk sampai ke tempat rafting bisa dicapai dengan menaiki sampan. Bersampan sambil menikmati pemandangan, saat menyusuri sungai di antara pepohonan yang lebat di kanan kiri, benar-benar menyenangkan dan menantang.

2. Banyak Monyet Bergelantungan Sepanjang Sungai

Nah, saat menelusuri sungai kita akan melihat beberapa monyet bergelantungan di pepohonan sepanjang sungai itu, loh. Kalau sudah begitu,  rasanya jadi seperti bersampan di tengah-tengah hutan belantara aja deh, hehe.

Baca juga:  Ini 5 Transportasi Umum Terunik di Dunia

3. Rafting yang Memicu Andrenalin

Rafting di Green Canyon terbilang cukup menantang. Tak ayal, tempat ini merupakan salah satu destinasi bagi para wisatawan penggila wahana yang memicu andrenalin itu. Begitu mulai rafting, kamu akan merasakan arus sungai yang cukup deras langsung menyambut dari awal sampai akhir trek rafting. Keren kan!

4. Jumping dari Atas Tebing Batu

Ini salah satu yang menegangkan. Jika kamu benar-benar suka menantang andrenalinmu, kamu bisa mencoba memanjat tebing lalu lompat ke sungai dari atas tebing tinggi. Saya pernah mencobanya, meskipun agak menakutkan karena tebingnya tinggi, tapi tenang tidak akan tenggelam, kan memakai baju pelampung. Dan yang pasti bikin ketagihan, gaes! Hehe.

5. Berenang di Antara Tebing Hijau

Jika ingin berenang di Green Canyon, sebaiknya datang saat musim kemarau. Saat musim kemarau arus sungai relatif tenang dan aman untuk berenang, selain itu kamu bisa menikmati hijaunya green canyon. Karena saat musim hujan sungai keruh dan arus deras sekali, tak jarang tempat wisata ditutup demi keselamatan pengunjung.

Baca juga:  Ini 5 Destinasi Wisata Indah di Belanda

Waktu saya ke sana, saya coba-coba berenang dengan gaya dada. Gak sengaja saya melihat ke arah langit. Di situ saya baru menyadari keindahan batu stalakmit dan stalaktit di atas tebing. Rimbunnya pepohonan di puncak tebing menghalangi sinar matahari dan hanya menyisakan seluet sinar hijau yang tembus diantara dedaunan yang lebat. Sungguh lukisan alam yang begitu unik dan mempesona.

(Editor : Elok)

nenengPenulis : Neneng Maghfiro (Penikmat telor setengah mateng)

Twitter : @NengAirin

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Neneng Maghfiro

Alumni Fakultas Dirasah Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan International Institute for Hadith Sciences Darus-Sunnah Jakarta.
Neneng Maghfiro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close