Pesantren Tebuireng, Tempat Para Ulama dan Guru Bangsa Belajar Agama, Ini Profilnya

  •  
  •  
  •  
  •  

Syiar.co.id – Seperti dilansir Wikipedia, Pondok Pesantren Tebuireng didirikan oleh K.H. Hasyim Asy’ari pada tahun 1899 M. Pesantren ini didirikan setelah ia pulang dari pengembaraannya menuntut ilmu di berbagai pondok pesantren terkemuka dan di tanah Mekah, untuk mengamalkan ilmu yang telah diperolehnya.

Pondok Pesantren Tebuireng adalah salah satu pesantren terbesar di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.  Selain materi pelajaran mengenai pengetahuan agama Islam, syariat, dan bahasa Arab,  pelajaran umum juga dimasukkan ke dalam struktur kurikulum pengajarannya. Pesantren Tebuireng telah banyak memberikan konstribusi dan sumbangan kepada masyarakat luas baik, terutama dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia.

Pesantren ini menjadi tempat di mana banyak ulama dan tokoh bangsa menimba ilmu. Salah satunya K.H. Abdurahman Wahid atau Gus Dur, juga Prof. Dr. K.H. Ali Mustafa Yaqub. Berikut profil Pesantren Tebuireng:

Baca juga:  Terkait Gus Dur, Ini 5 Kenangan K.H. Husein Muhammad

Komentar

Redaksi

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga.
Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *