Gampang Kok Mencirikan Pesantren Salaf! Ini Dia Ciri-ciri Khasnya

  • 35
  •  
  •  
  •  
    35
    Shares

Dibaca: 8972

Waktu Baca2 Menit, 21 Detik

DatDut.Com – Pesantren sebenarnya mengalami perkembangan yang sangat pesat tak kalah dengan sekolah umum lainnya. Namun, ada keengganan dari masyarakat untuk mengenal lebih dekat pesantren. Ada juga yang masih menganggap pesantren adalah sekolah kuno, atau bahkan ada yang mencap pesantren adalah sekolah hukuman bagi anak-anak yang nakal.

Semua itu adalah sesuatu persepsi yang salah terhadap pesantren. Bagi yang ingin mengetahui lebih dekat dunia pesantren dan belum mengetahui apa itu dunia pesantren, yuk mari membaca artikel ini untuk mengenal dunia pesantren lebih dekat. Kali ini akan diketengahkan 5 ciri pesantren salaf.

[nextpage title=”1. Salaf Bukan Salafi”]

1. Salaf Bukan Salafi

Dari bahasanya saja, pesantren salaf berbeda dengan pesantren salaf dengan i. Pesantren salaf memfokuskan diri pada pengajaran tradisional dan lebih menonjolkan agama. Sebaliknya, pesantren salafi lebih dikenal sebagai pesantren yang memiliki standar aturan agama yang sedikit berbeda dari kebanyakan organisasi kemasyarakatan (ormas) di Indonesia. Intinya, salaf berbeda dengan salafi.

Salaf mengacu pada pesantren tradisional yang mengkaji ilmu agama dan kitab kuning lebih dalam, sementara salafi lebih cenderung untuk mengkaji Islam dengan penonjolan pada aspek sunah dan bidah.

Baca juga:  Ini 5 Puasa Tirakat Santri untuk Mendapatkan Ilmu Berkah

[nextpage title=”2. Kurikulum Sederhana”]

2. Kurikulum Sederhana

Kurikulum dalam pesantren salaf sangat sederhana. Ini tentu berbeda dengan pesantren modern. Di pesantren salaf, para santri diajarkan nahwu, saraf, fikih, dan kajian agama murni yang porsinya lebih besar dibandingkan pesantren modern.

Sementara itu, kurikulum pesantren modern lebih kompleks, karena beban pelajarannya lebih banyak jenisnya dibandingkan dengan pesantren salaf. Ini belum lagi ditambah penekanan bahasa asing yang tidak banyak ditemui di pesantren salaf.

[nextpage title=”3. Pengkajian Ilmu Keagamaan Lebih Dalam”]

3. Pengkajian Ilmu Keagamaan Lebih Dalam

Ilmu agama, ilmu gramatika bahasa Arab, dan lain sebagainya lebih dipelajari dengan mendalam di pondok pesantren salaf dibandingkan modern. Namun hal ini bukan berarti di pesantren modern tidak dipelajari.

Hanya saja porsi pembelajaran agama dan lain sebagainya mungkin lebih banyak di pesantren salaf. Meski pada kenyataannya berdasarkan beberapa penelitian, tidak terlalu signifikan perbedaannya.

[nextpage title=”4. Lebih Banyak Mengkaji Kitab Kuning”]

4. Lebih Banyak Mengkaji Kitab Kuning 

Setiap siswa-siswi pesantren salaf mengkaji kitab kuning dan literatur klasik Islam dalam bahasa Arab dengan berbagai disiplin ilmu agama. Hal ini dilakukan dengan harapan siswa-siswi memiliki ilmu kajian kitab dan literatur yang lebih dalam.

Baca juga:  NU Akan Ganyang Pemerintah Belanda Sebab 5 Hal Ini

Tidak hanya lebih dalam, tetapi juga lebih intensif. Ini terlihat dari banyaknya kitab kuning yang banyak dikhatamkan sebagai target pembelajaran di pesantren salaf.

[nextpage title=”5. Memegang Erat Adat dan Tradisi”]

5. Memegang Erat Adat dan Tradisi

Biasanya pesantren salaf masih sangat erat dengan adat dan lebih toleran terhadap tradisi. Mereka masih menggunakan sarung, busana, dan tata cara pembelajaran yang masih amat tradisional.  Tak hanya itu, ketundukan para santri terhadap kyai masih amat kental dibandingkan dengan pesantren modern. Hal ini mungkin dilatarbelakangi posisi kyai yang amat sentral di pesantren salaf.

Sekarang pilihan di tangan Anda. Dua-duanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
100 %

Komentar

Dewi Sri
  • 35
    Shares

One thought on “Gampang Kok Mencirikan Pesantren Salaf! Ini Dia Ciri-ciri Khasnya

  1. assalamualaikum, syukron materinya. sedikit menyanggah tentang perbedaaan salaf dengan salafi. salaf itu artinya terdahulu sedangkan salafi itu sebutan kepada orangnya yang terdahulu itu. jadi dikaitakan dengan pesantren salaf berarti pesantren yang tradisional atau terdahulu. sedangkan salafi sebutan bagi orang terdahulu. saudara mengatakan salafi itu ” salafi lebih cenderung untuk mengkaji Islam dengan penonjolan pada aspek sunah dan bidah”. menurut saya salafi itun adalah oranng yang melaksanakan ajaran agama ini sesuai dengan Al-Quran dan sunnah Nabi Muhammad SAW dan para salah terdahulu ( seperti para sahabat nabi). salafi dalam kehidupannya lebih mengutanmakan sunnah nabi dan khulafoorosiddin sera pemahaman agama. yok mari kenali manhaj salaffussoleh ( metode orang-orang terdahulu yang sholeh) dalam menjalankan kehidupannya. sehingga kita mengetahui apakah selama ini kita menjalankan aktifitas ibadah dengan ikut-ikutan tanpa dalil yang shohih atau kita menambah inovasi dalam agama ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *