Pesantren Nurul Huda Sukaraja Lahirkan Alumni Berkualitas

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Di usianya yang ke-38 tahun, Pondok Pesantren Nurul Huda selalu berusaha memenuhi kebutuhan umat yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Dengan model pendidikan salafiyah plus yang dipelopori K.H. Affandi dan K.H. Sholeh Hasan (alm.) sebagai pendiri dan penggagas pondok pesantren Nurul Huda Sukaraja.

Walaupun beliau merupakan alumni dari Pondok Pesantren Salaf Lirboyo kala itu, namun beliau adalah sosok-sosok inovator dalam mengembangkan pendidikan di Sumatera Bagian Selatan yang notabene penduduknya bukan mayoritas jawa.

Inovasi beliau ini diwujudkan bukan hanya pendirian madrasah umum namun hingga pada model pembelajarannya. Model pembelajaran yang tetap menggunakan istilah utawi iki iku yang kemudian disertai dengan makna bahasa indonesia. Hal ini dikarenakan terdapat santri pribumi yang bukan suku jawa.

Salafiyah plus ini juga diwujudkanya dengan berdirinya jenjang pendidikan mulai dari tinggkat dasar hingga tingkat tinggi, dari mulai RA, MI, MTs, SMP T, MA, SMA T, Perguruan Tinggi dan Ma’had ‘Aly.

Berkat salafiyah plusnya, Pondok Pesantren Nurul Huda melahirkan para alumni yang dapat diterima di kalangan masyarakat atau bahkan di berbagai perguruan tinggi.

Hal ini dilihat dari santri-santrinya yang tidak hanya “santri mong iso ngaji”, tetapi para santri pun berkesampatan menerima beberapa beasiswa diperguruan tinggi ternama.

Baca juga:  Terbitnya Perpres dan Tenggelamnya Permendikbud Soal FDS

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, misalnya, di mana alumni diberi kesempatan mengikuti program santri jadi dokter, perawat, dan beasiswa lainnya.

Kompetensi para alumninya yang hingga kini Nurul Huda telah memiliki 4 cabang. Tiga di antaranya di dalam Kabupaten OKU Timur dan 1 di Kabupaten OKU Selatan di Provinsi Sumatera Selatan.

1. Nurul Huda I

Nurul Huda I merupakan Pondok Pesantren Induk di mana sebagai cikal bakal pendiriannya. Selain madrasah diniyah salafiyah, juga terdapat madrasah yang mengikuti kurikulum Kemenag, Kemendikbud, dan Kemenristek.

Terdiri dari MTs, MA, SMK, juga terdapat perguruan tinggi (STKIP dalam proses pengembangan program studi sebagai tantangan menuju Unevesitas/Institut). Ada 5 program studi yang telah beroperasi dan 3 program studi dalam roses perizinan) dan Ma’had ‘Aly.

2. Nurul Huda II

Nurul Huda II merupakan cabang kedua dari Pondok Pesantren Nurul Huda, pesantren ini selain menerapkan sistem salafi yang menekankan Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa kesehariannya juga terdapat SMP dan SMA Terpadu.

3. Nurul Huda III dan Nurul Huda IV

Dua pesantren ini merupakan cabang Nurul Huda yang saat ini dalam proses pembangunan.

Baca juga:  ​Ini 5 Rahasia Banyak Alumni Pesantren yang Sukses

Nurul Huda III selain menerapkan sistem salafiyah juga menekankan pemahaman tentang al-Quran, dengan didirikan SMP dan SMA Tahfidul Qur’an.

Nurul Huda IV lebih menekankan pada pengembangan madrasah diniyah yang juga setara dengan sekolah umum yang berijazah.

Berbagai kompetensi para alumni yang dibekali dengan ruh salafiyah plus yang diajarakan di pondok pesantren ini, ke depan diharapkan para alumni dapat menjawab tantangan perkembangan zaman sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga sistem salafiyah plus ini benar-benar menjadi cirkhas tersendiri bagi Nurul Huda.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Supangat

Guru di MTs Nurul Huda Sukaraja, Ketua Pembina Yayasan Nurul Mustaqim Bandar Jaya, dan Tenaga Pendidik dan Kependidikan di STKIP Nurul Huda Sukaraja.
Supangat

5 thoughts on “Pesantren Nurul Huda Sukaraja Lahirkan Alumni Berkualitas

  1. Barokallah….
    Mugi poro yai, poro ustadz lan poro alumni dipun paringi kesehatan, panjang umur lan saget sareng2 menciptakan gerasi yg smart n religius
    Heheee…

  2. Alhamdulillah… Semua itu terjadi karna ketekunan dan kesabaran kiay kita,..
    Mari kita mendoakan beliau…
    Alfatihah….

  3. Terus bergerak dan berbenah selangkah lebih maju dalam mencetak insan relegius nan intelektual dalam menghadapi dinamika global

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close