Pesantren Mahasiswa di Sekitar UIN Syarif Hidayatulah

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Sebagai salah satu kampus terkemuka di Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sering kali mendapatkan stigma negatif dari masyarakat Indonesia.

Pasalnya dari Universitas ini nabi palsu yang bahkan mengaku malaikat muncul. Kampus ini juga pernah dituduh sebagai sarang liberal.

Hal inilah yang lantas membuat banyak orangtua khawatir menguliahkan anaknya di kampus ini.

Namun, jika ditelisik lebih mendalam ternyata statemen ini tidak sepenuhnya benar loh.

Karena UIN Jakarta bahkan sudah banyak mencetak ulama, ustaz, dan dai profesional dan kompeten yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal ini dikarenakan UIN Jakarta menghadirkan model dan sistem yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar Islam secara mendalam dan komprehensif.

Selain itu, ada cukup banyak banyak ma’had (pesantren) di sekitar kampus yang membantu menunjang pendidikan akademik mahasiswa dalam memahami Islam.

Baca juga:  Ini Profil Pesantren Darussunnah, Kawah Candradimuka Calon Ahli Hadis Bertaraf Internasional

Di antaranya adalah Pesantren Luhur Sabilussalam. Ma’had yang diasuh oleh Prof. Dr. HD. Hidayat, MA ini mengkhususkan pendidikannya dalam pelatihan tarjamah Arab.

Dari pesantren ini banyak mahasiswa UIN Jakarta yang handal dalam bidang penerjemahan kitab baik klasik maupun kontemporer.  

Kemudian ada juga Pesantren Darussunah yang didirikan oleh KH. Ali Mustafa Yaqub pada tahun 1997.

Pesantren ini memiliki keunggulan dalam studi hadis serta masuk dalam jajaran pesantren favorit di sekitar lingkungan UIN.

Selain keduanya masih banyak ma’had di sekitar UIN, seperti Darul Hikmah, UICCI, Qolbun Salim, Bayt Al-Quran, dan lain-lain.

Dari ma’had-ma’had inilah mahasiswa mendapat wawasan tentang literatur keislaman yang mendukung apa yang didapatnya di bangku kuliah.

Baca juga:  Merinding! Upacara HUT ke-71 RI di 12 Pesantren dengan Bersarung, Berjubah, dan Berterompah

Dengan kata lain, tidak ada yang salah dengan pendidikan Islam di UIN Jakarta karena ditunjang oleh keberadaan ma’had-ma’had di sekitar UIN.

Apalagi UIN sendiri mempunyai Ma’had al-Jami’ah (Pesantren Mahasiswa) yang memang disiapkan oleh pihak kampus agar mahasiswa merasakan iklim pesantren dan menyiapkan mereka menjadi calon-calon ulama di masa depan.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

M. Afzainizam

Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
M. Afzainizam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close