Pencipta Hits Aisyah Istri Rasulullah Kecewa pada Para Pengcover Lagunya

0 0
  • 24
  •  
  •  
  •  
    24
    Shares

Dibaca: 585

Waktu Baca2 Menit, 16 Detik

DatDut.Com“Untuk yang tidak jelas, Angah tidak tahu sekarang bagaimana Syakir Daulay bisa membeli ‘official music video’, terus Angah juga melihat ada video orang lain, Anisa Rahman, yang videonya sudah 20 juta kali ditonton tetapi tidak mencantumkan kata cover di judulnya, demikian juga yang versi arab”.

Begitulah ungkapan Razif bin Zainuddin atau yang ingin dipanggil Angah ketika menyampaikan perasaannya prihal lagu Aisyah Istri Rasulullah melalui chanel youtube Dunia Manji.

Bagi yang belum tahu sosok Angah ini, ia merupakan pencipta lagu Aisyah (tanpa ‘Istri Rasulullah’) versi asli. Ia juga yang telah mengaransemen musiknya. Sehingga bisa dibilang bahwa ialah pemilik hak cipta yang sah atas lagu ini.

Beberapa hari yang lalu ia ingin menyuarakan kegelisahannya sekaligus kekecewaannya terhadap beberapa musisi yang mengcover lagunya tetapi tidak menuliskan kata ‘cover’ pada judulnya.

Menurutnya, hal ini akan membuat orang-orang menjadi bingung. Bingung karena banyaknya yang menyanyikan lagu ini sehingga tidak tahu siapa pemilik sebenarnya. Terlebih lagi jika tidak mencantumkan keterangan yang jelas di kolom deskripsi.

Lebih dari sekedar bingung, Angah juga merasa bahwa karyanya telah dipermainkan sesuka hati orang. Liriknya diubah tanpa sepengetahuan dan seizinnya. Lagunya dicover tanpa menuliskan kata cover ataupun menyertakan namanya selaku pencipta asli.

Baca juga:  Perjuangan Cinta Aisyah

Ia mengaku tidak mengetahui apa-apa prihal lagunya yang telah diubah liriknya. Informasi tersebut ia dapatkan setelah seseorang yang mengaku fansnya berkomentar (entah di instagram atau di youtube) bahwa lirik lagunya telah diubah.

Barulah kemudian disusul oleh Mr. Bie selaku pengubah lirik mengonfirmasi ke Angah setelah lirik hasil gubahannya ternyata viral di Indonesia.

Pencipta lagu Aisyah ini pun sangat menyayangkan kejadian ini. Setidaknya, jika ingin mengubah lirik sebuah lagu haruslah seizin penciptanya. Demikian juga halnya jika ingin mencover hendaknya menuliskan kata ‘cover’ dan mencantumkan nama penciptanya.

Angah juga sempat mempertanyakan official music video yang katanya telah dibeli oleh Syakir Daulay. Ia mengaku tidak mendapat info apa pun terkait hal tersebut, begitupun dari pihak publisher.

Padahal, 5 hari yang lalu (sejak tulisan ini dibuat), Anji telah melakukan klarifikasi terkait status ‘official music video’ yang dicantumkan Syakir Daulay di youtubenya.

Syakir mengaku bahwa pihaknya telah menghubungi menghubungi UMPG (Universal Music Publishing Group) untuk membeli lisensi lagu ini.

Baca juga:  Membongkar 5 Fakta di Balik Situs NU Garis Lurus yang Meresahkan Nahdliyin

Entah apa yang terjadi setelahnya, saya kembali mengechek chanel youtube Syakir Daulay untuk memastikan pernyataan Anji.

Dan sejak tulisan ini dibuat, tulisan ‘official music video’ telah berubah menjadi ‘cover’. Begitupun chanel youtubenya Anisa Rahman telah mencantumkan kata ‘cover’ di judulnya.

Namun terlepas dari itu semua, ada pelajaran baru yang sangat berharga bagi para calon musisi Indonesia, bahwa dalam cover-mengcover ada hal-hal kecil yang tidak boleh disepelekan, yaitu mencantumkan pemilik asli dan menuliskan kata cover.

Seperti yang diharapkan Anji maupun kita semua, semoga kasus lagu ‘Aisyah Istri Rasulullah’ ini bisa diselesaikan dengan jalan kekeluargaan dan menjadi pelajaran berharga bagi industri musik tanah air.

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Muhammad Salahudin Al-Ayyubi
  • 24
    Shares

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *