Pemuda Muhammadiyah Ajak Donasi Panci untuk Dhuafa dan Korban Bencana

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Gerakan Panci untuk Mustad’afin dan Korban Bencana Alam adalah program yang diinisiasi oleh Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah yang dikoordinir Bidang KOKAM Dan SAR PP Pemuda Muhammadiyah.

Gerakan ini merupakan gerakan Aksi Kemanusiaan untuk merespon fenomena meningkatnya intensitas bencana Alam beberapa bulan terakhir dibeberapa daerah. Respons bencana Alam adalah indikator utama selain itu juga adanya faktor masih tingginya angka orang miskin (Mustad’afin) yang ada di Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin Indonesia 28,01 juta atau 10,86 persen pada Maret 2016,” kata Kepala BPS Suryamin dalam konferensi pers tentang profil kemiskinan Indonesia Maret 2016 di Jakarta, Senin (18/7, Republika.co.id).

“Kenapa panci? Karena Saya temukan banyak keluarga korban bencana di seluruh Indonesia membutuhkan alat masak baru. Salah satunya adalah panci. Maka, saya mengajak kepada seluruh yang peduli untuk menyumbangkan panci baru kepada korban-korban bencana,” jelas Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak.

Baca juga:  Siapapun Gubernur Terpilih, Jangan Sampai Mereka Menyelam Lagi Seperti di Video yang Viral Ini

Gerakan ini akan dilaksanakan selama satu bulan penuh, yang selanjutnya akan dikoordinasikan dengan Lazismu dan Lembaga Penanggulangan Bencana PP Muhammadiyah (MDMC) untuk proses pendistribusiannya ke daerah-daerah terdampak bencana alam.

Bidang KOKAM dan SAR PP. Pemuda Muhammadiyah berkomitmen untuk bersama-sama dengan seluruh stakeholder Muhammadiyah untuk terus aktif melakukan aksi-aksi kemanusiaan di seluruh Indonesia.

Sebagaimana dilaporkan oleh Divisi Tanggap Darurat MDMC bahwa selama bulan Februari 2017 sudah 16 kali dilakukan kegiatan Respons Cepat Tanggap Bencana di beberapa daerah dan sepanjang Tahun 2017 sudah 31 kali Relawan Muhammadiyah bergerak di Lapangan.

Beberapa respons bencana alam yang sudah dilakukan Relawan Muhammadiyah sepanjang Bulan Februari 2017, seperti banjir Sumbawa NTB, banjir Pandeglang Banten, banjir Kota Bitung Sulawesi Utara, banjir Pati Jawa Tengah, banjir Brebes Jawa Tengah, banjir Muara Gebong Kabupaten Bekasi, banjir Jakarta, banjir Lampung, banjir Kabupaten Bandung. Di beberapa daerah tersebut akan didistribusikan peralatan masak dan panci yang dihimpun PP Pemuda Muhammadiyah.

Baca juga:  Sebuah Fragmen Sejarah Berdirinya Nahdlatul Ulama, Komite Hijaz, dan Posisi NU
%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga.
Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close