Pelajaran dan Hikmah yang Bisa Diambil dari Musibah

  • 23
  •  
  •  
  •  
    23
    Shares

Datdut.Com – Musibah silih berganti dalam kehidupan itu hal yang biasa. Yang perlu digarisbawahi adalah bagaimana kita menyikapinya. Ada yang dengan cara positif, namun tak sedikit yang menggunakan dengan cara yang dilarang oleh norma dan agama. Sebenarnya, kalau kita mau berfikir lebih dalam, ada beberapa hikmah tersembunyi di balik setiap musibah yang terjadi itu. Apa itu? Ini dia:

1.  Tanda Cinta Tuhan

Musibah yang kita hadapi bisa saja sebagai tanda cinta bahwa sebenarnnya Tuhan masih peduli kepada kita. Hanya saja, kita saja yang kurang bisa menyikapi. Jika sudah seperti ini, yang akan muncul adalah sifat yang selelu berburuk sangka kepada-Nya.

2. Agar Semakin Dewasa

Ibarat ujian semester di bangku perkuliahan, musibah yang sedang kita hadapi bisa jadi sebagai ujian kehidupan. Jika lulus, kita akan kita naik kelas. Di hadapan Tuhan, kita akan menjadi hamba yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga:  Saat Dihadapkan pada Masalah Rumah Tangga, Ini Seni dan Solusinya

3. Mensyukuri Nikmat

Ketika kita sedang tertimpa musinah, adakalanya itulah cara Tuhan agar kita selalu ingat terhadap nikmat-Nya. Semisal kita mengalami sakit, saat itulah sebenarnya Tuhan mengingatkan kita betapa nikmatnya kesehatan. Sehingga akan membuat kita senantiasa mensyukuri nikmat-Nya yang selama ini mungkin telah kita sia-siakan.

4. Anugerah Terindah

Bisa jadi, apa yang kita anggap musibah, sebanarnya itu adalah anugerah Tuhan yang sangat besar. Sedikit berkisah, ada seorang yang ketinggalan pesawat. Dia sangat marah dan kecewa.

Beberapa saat kemudian, pesawat yang tidak jadi dia naiki itu mengalami musibah terjatuh. Mendengar kabar duka itu, kejengkelannya langsung sirna. Berubah menjadi rasa syukur yang begitu mendalam.

Ia bergumam dalam hati, “Untung saya ketinggalan pesawat. Kalau saya jadi  naik, pasti saya juga ikut kecelakaan.”

Baca juga:  Jangan Meng-krrkkk Lehermu! Ini 5 Bahayanya

5. Penghapus Dosa

Mungkin, musibah yang sedang kita hadapi itu bertujuan untuk menghapus dosa-dosa kita. Ibarat baju kotor, harus dicuci dan dikucek-kucek terlebih dahulu agar bisa bersih nantinya. Lha, mungkin diri kita belepotan dengan dosa-dosa, makanya Tuhan “mengucek-ucek” kita dulu. Ya sakit memang, tapi pasti kita akan bersih.

 

 

Komentar

M. Nurul Huda

M. Nurul Huda

Mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an (PTIQ) Jakarta dan alumni Pesantren Pasca Tahfihz Bayt al-Qur'an Pusat Studi al-Qur'an Jakarta. Penikmat dadar jagung.
M. Nurul Huda
  •  
    23
    Shares
  • 23
  •  
  •  

One thought on “Pelajaran dan Hikmah yang Bisa Diambil dari Musibah”

  1. Ada satu lagi mas, sebagai seorang muslim, kita diharuskan mengimani takdir, yg baik dan buruk.

    Allah pencipta kebaikan dan keburukan dimana kebaikan itu berasal dari Allah sementara keburukan tidak boleh disandarkan kepadaNya, karena semua perbuatanNya adalah baik. Karena Ia penguji kepada hambaNya maka jika keburukan apapun yg terjadi pada hambaNya akan menjadi manfaat jika hambaNya itu sabar shg ia memperoleh pahala.
    Sebaliknya jika ia tidak tidak sabar maka ia berdosa.

    Maka dari itu sebagai seorang muslim jika musibah terjadi atasnya hendaklah ia sabar dan berperasangka baik terhadap Allah. Jika tidak, maka keimanan terhadap rukun Iman yang ke-enam, yaitu percaya terhadap takdir, akan cacat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *