• 146
  •  
  •  
  •  
    146
    Shares

DatDut.Com – Gelar pahlawan nasional merupakan salah satu bentuk apresiasi negara pada pahlawan yang bersangkutan. Para tokoh-tokoh dari ormas Islam juga ikut andil dalam memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan berbagai macam upaya.

Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama merupakan ormas Islam terbesar di Indonesia yang sudah banyak memberikan kontribusi besar dalam memajukan Indonesia. Oleh karena itu, untuk mengenang para tokoh kedua ormas besar ini, saya akan menyebutkan 5 tokoh ormas Islam yang dikukuhkan menjadi pahlawan nasional. Berikut ulasannya:

1. Ahmad Dahlan
Seperti dikutip dari biografiku.com, Kiai Ahmad Dahlan lahir di Jogjakarta pada 1 Agustus 1868. Beliau mendirikan organisasi masyarakat Muhammadiyah pada tahun 1912. Beliau memiliki jasa besar dalam pembaharuan Islam di Indonesia yang akhirnya dikukuhkan menjadi pahlawan nasional atas dasar Surat Keputusan Presiden no. 657 tahun 1961, sebagaimana dikutip dari bio.or.id.

2. Hasyim Asy’ari
Kiai Hasyim Asy’ari merupakan pendiri Organisasi Masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) yang lahir pada 14 Februari 1871, sebagaimana dikutip dari bio.or.id. Tanggal 22 Oktober yang dijadikan sebagai peringatan Hari Santri Nasional merupakan penghargaan atas gagasan beliau tentang resolusi jihad. Beliau dikukuhkan menjadi pahlawan nasional sesuai Keputusan Presiden No. 294/TK/1964, sebagaimana dikutip dari pahlawanindonesia.com.

Baca juga:  Ketika Mbah Kiai Syafa’at Menyayangi Kucing dan Anjing

3. Buya Hamka
Buya Hamka memiliki nama asli Abdul Malik Karim Amrullah yang lahir di Sumatera Barat pada tahun 1908. Selain dikenal sebagai ulama, beliau juga sastrawan dan akitivis politik. Selain itu, Buya Hamka juga termasuk salah satu tokoh Muhammadiyah yang disegani. Menurut data dari viva.co.id, ia dinyatakan sebagai pahlawan nasional pada Selasa 8 November 2011.

4. Wahab Hasbullah
Kiai Wahab Hasbullah baru-baru ini dinyatakan sebagai pahlawan nasional tepat pada saat terselenggaranya Muktamar NU ke-33 di Jombang Jawa Timur. Beliau lahir di Tambakberas, Jombang, pada tahun 1888, sebagaimana dikutip dari nu.or.id. Beliau merupakan salah satu anggota Komite Hijaz yang ingin membendung gerakan Wahabi di Arab Saudi.

Baca juga:  Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili Dijuluki Imam Nawawi Abad Ini

5. Ki Bagus Hadikusumo
Seperti dilansir dari Republika.co.id, Ki Bagus Hadikusumo dikukuhkan sebagai pahlawan nasional sesuai keputusan Presiden No 116/TK Tahun 2015. Ki Hadikusumo memiliki peran besar dalam meletakkan dasar Mukaddimah dan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Ia merupakan salah satu tokoh Muhammadiyah yang lahir di Jogjakarta pada 24 November 1890.

harisPenulis : Ibnu Harish | Penulis Tetap Datdut.com

Fb : Ibnu Harish

Komentar

Redaksi

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga dan sudut pandang yang khas nan unik.
Redaksi
  •  
    146
    Shares
  • 146
  •  
  •  

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.