Bukan Hanya Garis Lurus dan Protestan, Ternyata Ada 5 Macam NU Lainnya di Medsos!

  • 38
  •  
  •  
  •  
    38
    Shares

Dibaca: 1920

Waktu Baca5 Menit, 41 Detik

DatDut.Com  – Memang gampang saja membuat akun atas nama suatu organisasi tertentu lantas menambahi embel-embel di belakangnya. Meskipun organisasi abal-abal  tersebut tidak memiliki struktur kepengurusan di dunia nyata. Bisa juga mencatut nama-nama tokoh tertentu yang sekilas dianggap seide lantas dinobatkan sebagai pengurusnya.

NU Garis Lurus misalnya, meskipun membuat heboh di dunia internet dan mempunyai kepengurusan versi dunia maya, nyatanya di dunia nyata tidak ada organisasi yang muncul dan menunjukkan jati dirinya. Bahkan, sosok yang dinobatkan sebagai ketua umum, imam besar, dan ketua syuriahnya pun menyatakan tidak ada sangkut paut dengannya.

Entah ingin mengimbangi pemberitaan, penyebaran ide, dan fitnah dari salah satu organisasi abal-abal, atau sekedar seru-seruan, muncullah akun sejenis dengan embel-embel berbeda. Selain ada NU Garis Lurus (Baca: Membongkar 5 Fakta di Balik NU Garis Lurus yang Meresahkan Nahdliyin) dan NU Protestan (Baca: Setelah NU Garis Lurus, Muncul NU Protestan di Medsos! Waspadai 5 Fakta di Balik Kemunculannya), ternyata ada banyak halaman NU-NU lainnya. Apa saja “aliran-aliran” tersebut? Berikut ini 5 kelompok FP yang membawa-bawa nama besar NU.

[nextpage title=”1. NU Garis Lucu”]

1. NU Garis Lucu

Sebagai plesetan dari NU GL yang kependekan dari Garis Lurus, NU GL satu ini adalah NU garis Lucu. Tidak ada keterangan terperinci tentang FP ini. Juga tidak memiliki website. Hanya keterangan pendek yang menyatakan bahwa NU Garis Lucu adalah halaman berisi tentang ihwal orang, lembaga, peristiwa unik dan lucu yang berkaitan dengan NU dan TIDAK untuk menistakan dan merendahkan NU. Meskipun hanya memiliki 896 suka, FP ini masih aktif menayangkan tautan berita-berita terkait NU.

Ada lagi FP Garis Lucu yang lain. Disukai oleh 5.500 orang, namun tampaknya sudah tidak posting tulisan lagi sejak postingan terakhir tertanggal 11 September 2015. Dari tulisan-tulisan dan artikel yang dibagikan lewat FP ini, tampak FP tersebut dikelola oleh Gusdurian (pengagum, murid atau penerus perjuangan Gus Dur).

[nextpage title=”2. NU Garis Miring dan NU Miring”]

2. NU Garis Miring dan NU Miring

NU garis miring terakhir update status pada 17 April 2015. FP ini hanya mendapat jempol dari 292 orang. Namanya yang aneh mengundang pengunjung untuk berkomentar menanyakan. Admin menjawab komentar itu dengan perkataan, “Iyo lah nek wis lurus dadi ulama mestine (iya lah, kalau sudah lurus, jadi ulama pastinya),” tulisnya. Dalam komentar lanjutan, admin juga mengatakan, “NU sing bener itu berat selevel ulama-ulama, kalo masih setengah NU namanya NU Garis Miring.”

Sama-sama pakai kata Miring ada FP lain yang bernama NU Miring. Tapi NU Miring ternyata adalah semacam FP untuk sebuah buku karya Acep Zamzam Noor dkk. terbitan Ar-Rus Media, Yogyakarta yang  berjudul “Dari Kiai Kampung ke NU Miring” yang berisi beragam kritik dari warga NU sendiri.

Baca juga:  Penolakan Pihak Ahok terhadap Ahli Agama dari Muhammadiyah Membuat Tersinggung

Dalam deskripsinya, admin menulis “NU Miring bukan sebuah organisasi maupun ideologi. Bagi NU Miring, realitas organisasi merupakan persekutuan orang-orang demi mencapai tujuan mereka sendiri. Bagi NU Miring, realitas ideologi merupakan sepaket konsep sistemik.” FP ini hanya aktif hingga 19 Juli 2015.

[nextpage title=”3. NU Tanpa Garis dan Gak Pakai Garis”]

3. NU Tanpa Garis dan Gak Pakai Garis

NU Tanpa Garis mamperbarui status terakhir pada 23 April 2015. Status di FP ini banyak membagikan tautan artikel website pejuangislam.com asuhan KH. Luthfi Bashori. Sebagaimana maklum, beliau adalah yang pertama kali mencetuskan istilah NU Garis Lurus yang saat ini disalahgunakan oleh website NU GL. Belum jelas apakah ada hubungan khusus antara FP ini dengan website pejuangIslam.com.

Selain NU Tanpa Garis, ada FP lain yang searti, yaitu “Gak Pakai Garis”/ FP ini memposisikan diri sebagai penentang NU Garis Lurus yang lebih tenar. Disukai oleh 355 orang, FP ini masih eksis hingga 3 Maret kemarin. Dalam postingan terakhir, admin memasang gambar bertuliskan “Pilih NU atau NU Garis Lurus?”

[nextpage title=”4. NU Garis Bengkok”]

4. NU Garis Bengkok

NU yang ini juga FP tandingan terhadap Garis Lurus. Sayangnya hanya mendapat suka dari 87 orang saja dan hanya aktif hingga Mei 2015. Tidak menampilkan website yang dimilikinya. Dalam deskripsi FP ini tertulis: “Ini adalah NU Garis Bengkok yang dianggap bengkok oleh segelintir manusia awam, say no to JIL, HTI, and sekte sempalan.”

Masih dengan nama Garis Bengkok, terdapat FP NU yang lain. Meskipun hanya disukai oleh 14 orang saja, FP ini masih aktif hingga Maret 2016 kemarin. FP ini tampaknya bermaksud membela habis-habisan beberapa tokoh kontroversial dalam NU. Sampai-sampai dalam salah satu postingannya mengatakan, “Ulama NU Garis Bengkok: 1. Said Aqil Siadj, 2. Ulil Abshar Abdallah, 3. Masdar F Mas’udi, Ketiganya adalah calon penghuni sorga.”

[nextpage title=”5. NU Garis Tegak dan NU Garis Lincah”]

5. NU Garis Tegak dan NU Garis Lincah

Di antara sekian FP yang menamakan diri sebagai NU Garis tertentu, dua FP terakhir ini meramaikan kancah pertempuran antara NU Garis Lurus melawan NU-NU yang lain. Keduanya masih sama-sama aktif, namun juga sama-sama kurang rutin melakukan perbaruan kiriman status.

Garis Tegak memiliki 21 suka dan tampaknya baru dibuat pada tahun 2016 ini, sedangkan Garis Lincah mendapat 128 suka dan telah berumur lebih lama daripada garis tegak. Dari beberapa postingannya, NU Garis Tegak terlihat membela kelompok NU Garis Lurus. Itu terlihat dari beberapa artikel yang dibagikan sumbernya adalah dari website NU Garis Lurus.

Baca juga:  Beda dengan PBNU, Ini Sikap PCNU Jember Soal Hukum Salat Jumat di Jalan

Sementara itu, melihat alamat URL yang bertuliskan “temonmencaricinta”, tampaknya FP NU Garis Lincah awalnya bukan bernama seperti itu. Itu terlihat dari postingan admin pada tanggal 24 dan 25 desember 2014 yang masih bingung akan memberi nama apa untuk FP-nya.

Ada yang menarik dari status NU Garis Lincah ini. Yaitu tentang admin website dan FP NU Garis Lurus yang meresahkan Nahdliyin. Menurut FP ini, berdasarkan penelitian Allama Alaudin Shidiqi (Ketua PKP-I & Kader ASWAJA Angkatan 1 PCNU Jombang), admin NU GL bernama Bayu Arachman, berasal dari Depok dan merupakan anggota FPI (Front Pembela Islam).

Terdeteksi pada tanggal 30 Oktober 2014, Bayu Arachman meminta izin kepada pengasuh website pejuang Islam untuk mengkopi artikelnya namun tidak mendapat izin. Bahkan pengasuh website pejuangislam.com, Ust. Luthfi Bashori meminta agar FP atas nama NU Garis Lurus dihapus. Tetapi hal itu tidak digubris oleh Bayu Arachman.

Meneliti postingan di atas, saya kunjungi akun FB Bayu Arachman tersebut. Setelah bongkar-bongkar postingan, akhirnya ketemulah foto profil lama tertanggal 27 Oktober 2014. Dalam komentar, Bayu menentang Allama Alauidin yang men-share foro profilnya sebagai “terduga Admin NU GL”.

Menanggapai hal itu, Allama menjawab bahwa kalau bukan Bayu admin FP NU Garis Lurus, mestinya dia tidak mendapat pemberitahuan FB bahwa fotonya dibagikan.

“Saya bilang kan diduga, kalau orang menterjemahkan lain kan di luar tanggung jawab sy. Lgi pula sapa yg ngeshare di fp? Orang2 yg copas tulisan sy, di fp sy sama sekali gak ngeshare ! Asal tau aja, pengalaman sy jdi Admin fp, klau bukan admin gak akan dapet pemberitahuan di fp ? La ini kok smean tau siapa yg ngeshare di fp ? Gini aja, kalau emang bukan admin, ya jujur pake sumpah di sini! gtu aja kok repot …,” tulisnya.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Nasrudin
  • 38
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *